Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
24
Mei '07

Obat Bercap Otsus Adalah Gratis


Pengadaan obat di Provinsi Papua yang dibiayai dari dana Otsus merupakan tanggungjawab Dinas Kesehatan Provinsi Papua, bahkan sampai obat itu berada di kesetiap Kabupaten/kota di seluruh Papua, sehingga masyarakat yang diberikan Obat Otsus adalah gratis.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Dr. Tigor Silaban,MKM kepada Papua Pos diruang kerjanya, Rabu (23/5) kemarin mengatakan pengadaan obat yang dilakukan di tiap kabupaten/kota, tetap dalam DPA pengadaan digudang masing-masing, dan dana yang tersedia mencapai Rp 22 Milyar lebih yang merupakan anggaran terbesar dibidang kesehatan dan merupakan paket kesehatan dasar.

“Pengadaan obat Otsus saat ini berjalan seperti biasa, khusus bagi kabupaten /kota tetap dalam DPA pengadaan di gudang kabupaten masing-masing, dan biaya angkut obat-obatan dibiayai dari Otsus,” ujarnya.

Dinas Kesehatan Provinsi Papua telah melakukan antisipasi atas keberadaan obat selalu ada, berupa obat Buffer Stok yang disimpan dalam gudang obat Dibas Kesehatan Provinsi dengan biaya sekitar Rp 1 Milyar lebih, merupakan stok obat untuk daerah.

Dikatakan, dalam pengadaan obat Otsus, pihak Rumah Sakit juga masuk dalam prioritas penyaluran bantuan obat-obatan dari Dinkes, akan tetapi sifatnya bantuan, karena kebutuhan rumah sakit mempunyai dana sendiri dalam pengadaan obat.

Pengadaan obat ini, kata Tigor Silaban, merupakan salah satu program pusat, dimana pengadaan obat di setiap kabupaten sudah disiapkan, sehingga keberadaan obat selalu tersedia untuk kebutuhan masyarakat, tetapi bukan hanya mengharapkan provinsi APBD kabupaten/kota juga harus tersedia untuk pengadaan obat di daerah masing-masing.

Sumber : Papua Pos, Jayapura 


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.