Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
14
Mei '07

PMI Tapteng Kampanyekan Program Penanggulangan HIV/AIDS


Palang Merah Indonesia (PMI) Tapteng mengkampanyekan Program Penanggulangan HIV/AIDS kepada masyarakat dalam even Q2 (Kwartal 2). Program Officer PMI Tapteng Parulian Simbolon, Jumat (11/5) mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian pelatihan Pendidikan Remaja Sebaya (Peraya) atau education training, khusus untuk daerah yang memiliki Risiko Tinggi (Resti) tertular HIV/AIDS.

“Kampanye ini juga untuk membantu orang-orang dalam kategori Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA). Artinya ODHA ini jangan menjadi suatu aib yang harus dibesar-besarkan dalam keluarga, ataupun masyarakat di lingkungan sekitar tempat ODHA tinggal. Atau lebih jelasnya, disebut kampanye Anti Stigma dan Diskriminasi terhadap ODHA,” ujarnya.

Kampanye ini dilakukan terkait masalah sosial yang diderita ODHA. Dari kampanye ini, diharapkan mereka tidak mendapat perlakuan diskriminatif dari masyarakat. Oleh sebab itu, sangat diharapkan peran serta masyarakat banyak, agar tidak memberikan perlakuan menjijikkan terhadap ODHA.
Kampanye ini dilaksanakan di tiga tempat yang merupakan tempat lokalisasi, yakni di daerah Sipange Kecamatan Pandan tepatnya di cafe milik Boru Tobing yang diikuti 50 orang, di Km 13 Kecamatan Pandan tepatnya di Cafe Ida Jhon dengan jumlah peserta 40 orang, dan di Desa Panakkalan Kecamatan Tapian Nauli tepatnya di Cafe Tarmizi dengan peserta 54 orang.

Dikatakan, sebagai upaya menekan angka orang terjangkit virus HIV/AIDS, pihaknya juga melakukan kampanye melalui media elektronik dan media cetak.
“Untuk menekan penyebaran virus HIV/AIDS, pada lokalisai kita terapkan kampanye penyajian daftar menu, yang sifatnya steril (nyaman) untuk dikomsumsi pengunjung. Juga pembuatan heor box. Di mana pada tanggal 16 Mei nanti, PMI akan mengadakan acara renungan AIDS Nusantara, juga membagi-bagikan kondom gratis berikut petunjuk dan cara pemakaiannya,” jelasnya.

Sementara yang menjadi fasilitator dalam kegiatan ODHA di tiga daerah yang telah ditentukan oleh PMI Tapteng, untuk daerah Sipange Kecamatan Pandan yakni Sri Rafiah, Bonar H Silaban, Ruth Citra Hutabarat.
Untuk daerah Km 13 Kecamatan Pandan, yakni Agusman, Fitri R Marbun. Untuk daerah Desa Panakkalan Kecamatan Tapian Nauli yakni Hoti A Pasaribu, Hisnah Diani Tanjung, Rahmad Warasi, serta Hella Zuraidanur Hutagalung.

Pada kesempatan itu, Parulian berharap agar masyarakat dapat mengerti akan bahaya Virus HIV/AIDS. Kapan saja dapat tertular virus ini, artinya dalam melakukan hubungan badan jangan hanya memikirkan kepuasan semata dengan berganti-gantian pasangan. Saat ini, harus hati-hati dengan lingkungan dimana kita berada, harus melihat situasi cara bergaul suatu daerah jangan mudah untuk terjebak. Virus ini juga dapat tertular dari alat cukur, dari jarum suntik narkoba, juga saat melakukan kontak badan

Sumber : (juniwan) MedanBisnis, Pandan


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.