Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
14
Mei '07

Obat Berlabel Otsus Gratis


*Tahun ini, Pemprov Alokasikan Rp 20 M Untuk Pengadaan Obat
Masalah kesulitan dan mahalnya obat-obatan yang dirasakan masyarkat selama ini, khususnya bagi yang tidak mampu diharapkan bisa teratasi pada tahun anggaran ini. Pasalnya, Pemerintah Provinsi Papua dalam tahun anggaran 2007 ini mengalokasikan dana yang tidak sedikit untuk pengadaan obat.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr Tigor Silaban kepada Cenderawasih Pos akhir pekan kemarin mengatakan bahwa untuk pengadaan obat-obatan, Pemprov Papua mengalokasikan dana sejumlah Rp 20 miliar.

Jadi pemerintah mengalokasikan Rp 20 miliar hanya untuk pengadaan obat, ungkapnya.

Dikatakan, dana pengadaan obat sejumlah Rp 20 miliar itu seluruhnya bersumber dari dana Otsus tahun anggaran 2007 ini. Sedangkan obat-obatan yang akan diadakan dalam berbagai macam bentuk obat generik. Jadi obat yang diadakan bermacam-macam dan untuk berbagai macam penyakit, ada obat sakit kepala, ISPA, malaria, obat untuk penyakit lainnya dan sebagainya sampai obat-obatan untuk penyakit yang berat sekalipun, katanya.

Kata Tigor, obat-obatan yang akan produksi itu seluruhnya diedarkan di setiap rumah sakit dan puskesmas dan klinik atau puskesmas pembantu di seluruh wilayah Papua. Semua obat yang diproduksi dengan dana Otsus masyarakat Papua boleh menggunakannya dengan gratis.

Jadi semua obat itu gratis, makanya kita edarkan di semua Puskesmas dan rumah sakit, tentunya semua obat yang pada labelnya tertulis obat Otsus, katanya. Bagi masyarakat, khususnya yang tidak mampu boleh datang ke Puskesmas dan mendapatkan obat Otsus ini dengan gratis

Dikatakannya, selain obat Otsus, di tahun 2007 ini masyarakat Papua juga mendapatkan buver stock dari pusat senilai Rp 2 miliar. Jadi ketersediaan obat di Papua sebenarnya sangat cukup bahkan berlebih, katanya. Dan sekarang, tinggal pemerintah kabupaten saja bagaimana mendistribusikan obat-obatnya dengan baik ke Puskesmas, sehingga obat-obat Otsus itu nantinya dapatdimanfaatkan masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Sumber : (ta)  Kesbang Papua, Jayapura


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.