Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Minggu
13
Mei '07

Sekdapropsu GAMKI Efektif Menjadi Ujung Tombak Jaga Stabilitas Sumut


Sekdapropsu Drs Muhyan Tambuse mengungkapkan, Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) sebagai wadah berhimpun pemuda Kristen di Sumut mempunyai peran strategis dan sangat efektif menjadi ujung tombak untuk menjaga stabilitas di Sumut bersama organisasi kepemudaan lainnya.
Demikian Sekdapropsu didampingi Wakadispora P Sibarani SH, Kabiro Binsos Daudsyah SH, MM dan Kabid Humas Pimpinan Drs ML Tobing, Rabu (9/5) saat menerima Panitia Rapat Kerja Daerah dan Pengurus DPD GAMKI Sumut di Kantor Gubsu.

Selama ini, kata Muhyan, Sumut yang penduduknya heterogen terdiri dari berbagai latar belakang agama, suku dan budaya mampu membangun keharmonisan dan terhindar dari konflik SARA seperti yang terjadi di daerah lain. Bahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam beberapa acara resmi menyatakan apresiasinya atas keharmonisan yang terbangun di Sumut.
“Selama ini GAMKI dan beberapa organisasi kepemudaan yang ada di Sumut mempunyai peran penting dalam mewujudkan hal tersebut, selain peran tokoh agama, tokoh adat dan keharmonisan antara Muspida,” kata Muhyan.

Pengurus yang hadir dalam audiensi tersebut ketua DPD GAMKI Sumut, Ir Ronald Naibaho MSi, Wakil Sekretaris Jadi Pane SPd, Ketua Panitia Rakerda Lamsihar Rumahorbo AMd, Sekretaris Panitia Benhard Sinaga SE, Bendahara Panitia Lenny Siregar SH, MKn, Wakil Bendahara dr Steven Samosir dan Seksi Konsumsi Murni Munthe SE, MM. Hadir juga Panitia Pengarah Alfan Sihombing SH, Bahota Silaban SH, Binsar Simatupang, Jarusdin Saragih, Arlinton Sitio dan Fery Manurung.

Ketua Panitia Rakerda Lamsihar Rumahorbo AMd mengungkapkan kegiatan yang diikuti utusan 25 cabang di seluruh Sumut ini akan dilaksanakan tanggal 16-17 Juni 2007 di Sumatera Village Resort. Sebelum pelaksanaan Rakerda, juga akan dilaksanakan pelatihan pemuda gereja tanggal 8-9 Juni 2007 sebagai rangkaian kegiatan Rakerda.

Ketua DPD GAMKI Sumut Ir Ronald Naibaho MSi mengungkapkan, Rakerda akan membahas beberapa hal penting baik terkait dengan kepentingan internal organisasi maupun isu-isu eksternal. Di antaranya persiapan GAMKI Sumut dalam menghadapi pelaksanaan kongres GAMKI yang akan digelar di Sumut Agustus mendatang, penataan peran GAMKI di tengah-tengah gereja, merumuskan peran dan fungsi GAMKI dalam pelaksanaan Pilkada Gubernur Sumut yang akan dilaksanakan tahun 2008 dan menyikapi permasalahan-permasalahan sosial, ekonomi, politik dan budaya yang terjadi saat ini di Sumut.

“Khusus dalam pelaksanaan Pilkada Sumut, GAMKI tidak akan terjerumus pada perdebatan tentang figur yang akan menjadi Gubsu mendatang seperti yang terjadi saat ini pada kalangan parpol maupun organisasi massa. Tetapi melalui Rakerda ini GAMKI akan merumuskan dan membangun kesadaran anggotanya serta masyarakat Sumut tentang perlunya peningkatan pelayanan publik yang lebih transparan dan akuntabel di Sumut,” kata Ronald Naibaho.

Sekaitan itu, Muhyan Tambuse menyambut baik terobosan yang dilakukan GAMKI dan mengharapkan GAMKI bisa mengeluarkan rekomendasi-rekomendasi konstruktif dalam pembangunan bangsa melalui pelaskanaan Rakerda. Baik dalam konteks pelaksanaan Pilkada yang menjadi kenduri besar masyarakat Sumut maupun dalam konteks rencana pembentukan Provinsi Tapanuli yang saat ini sering bergulir.

Sumber : (A12/o) Harian SIB, Medan


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » PT IIS masih buang limbah ke sungai
Artikel selanjutnya :
   » » Jalinsum Tarutung-Sipirok Terancam Putus