Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
12
Mei '07

PT IIS masih buang limbah ke sungai


DPRD Tanjab Barat sangat menyesalkan sikap pimpinan perusahaan sawit PT Inti Indosawit Subur (IIS) yang masih saja membuang limbah ke sungai di Merlung. Akibatnya’ ekosistem yang ada di sungai menjadi mati.

Sebelumnya’ antara DPRD dan pimpinan PT IIS telah melakukan kesepakatan. Dalam sebuah pertemuan yang berlangsung di gedung DPRD beberapa waktu lalu’ PT IIS bersedia menghentikan pembuangan limbah ke sungai paling lambat 15 Maret 2006. Tapi kenyataannya’ perusahaan tersebut tetap saja membuang limbah crude palm oil (CPO) ke sungai. ”Kita sangat menyesalkan sikap PT IIS yang masih membuang limbahnya ke sungai’” tegas Wakil Ketua DPRD Luhut Silaban kepada Jambi Independent kemarin.

Didampingi anggota Amrin’ anggota DPRD lainnya’ politisi dengan daerah pemilihan (dapil) Tungkal Ulu dan Merlung ini menjelaskan’ sikap yang dilakukan PT IIS menunjukkan bahwa PT IIS arogan. Betapa tidak’ kesepakatan yang telah dibuat tidak ditaati’ malah sampai saat ini limbah CPO tersebut masih tetap di buang ke sungai. ”Hasil pengecekan kita ke lapangan baru-baru ini’ PT IIS masih membuang limbah CPO-nya ke sungai’” jelasnya.

Meski telah melewati dari kesepakatan’ DPRD masih memberikan batas waktu pada PT IIS untuk tidak membuang limbahnya ke sungai hingga akhir Mei. Bila hal itu masih tetap dilakukan’ dinas terkait’ kata Luhut’ harus bertindak tegas.

Kata dia’ dinas terkait jangan diam saja dan harus segera bersikap. Mengingat’ bila ini dibiarkan terus’ maka pihak perusahaan dengan leluasa membuang limbahnya tanpa memperhatikan lingkungan sekitar.
Akibat dari pembuangan limbah tersebut’ katanya’ mengakibatkan sungai di Merlung termasuk Sungai Pengabuan yang membelah Kota Kualatungkal juga tercemar. Sehingga banyak ekosistem yang mati. ”Kita menemukan banyaknya ikan dan tumbuhan di sepanjang sungai yang dialiri limbah PT IIS menjadi mati’” jelasnya.

Menanggapi hal ini’ Yanus’ salah seorang pimpinan PT IIS yang dihubungi Jambi Independent via telepon selulernya kemarin mengaku tidak mengetahui perusahaannya membuang limbah ke sungai. Kata dia’ selama ini limbah CPO PT IIS sudah diolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tak pernah dibuang ke sungai. ”Saya tidak mengetahui persis masalah ini’ sebab saya di Jakarta’ namun yang jelas PT IIS tak pernah membuang limbah ke sungai. Meskipun demikian kita akan mengecek langsung ke lapangan’” ujarnya singkat.

Sumber : (mie) Jambi Independent, Kuala Tungkal


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.