Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
10
Mei '07

Mulai Wajib, Sertifikasi Sebagai Syarat Ikut Tender


Isu kompetensi profesi telematika makin bergulir di segala lini. Selain berkaitan dengan peningkatan mutu yang tersertifikasi, sekaligus  memberikan kesadaran bahwa teknologi merupakan kebutuhan lintas bidang, mulai dari sekolah, industri sampai pemerintahan. Kini, sertifikasi kompetensi malah mulai menjadi salahsatu persyaratan wajib bagi perusahaan untuk ikut tender. Dalam wawancaranya dengan LSP Telematika, Kamis (10/5), Agoes Silaban, Ketua Kompartemen IT Kadin Indonesia,menjelaskan hal itu dilakukan untuk menjaga performance perusahaan peserta tender. Saat ini perusahaan bisa didirikan dengan mudah, sehingga terbuka kemungkinan sebuah tender diikuti perusahaan yang tidak memenuhi syarat.

“Padahal jika mereka (perusahaan) ikut tender maka otomatis mereka harus bertanggung jawab pada penawaran. Sertifikasi penting  karena berkaitan dengan kompetensi keahlian, sehingga akan mencegah perusahaan mengikuti tender secara sembarangan, sehingga merusak harga kalau mereka tidak perform misalnya karena salah nawar harga,” ujar Agoes.

Meski sampai saat ini belum ada peraturan resmi Pemerintah mengenai kewajiban sertifikasi bagi perusahaan peserta tender, setiap tahun KADIN Indonesia memberikan kewenangan pada perusahaan-perusahaan untuk mensertfikasi anggotanya, seperti misalnya APKOMINDO. Menurut Agoes, hal itu menjadi  bagian dari dukungan KADIN  terhadap kompetensi standar, termasuk IT. “Kami juga sudah beberapa kali membicarakan soal ini dengan Dirjen Industri Alat Transportasi dan Telematika Departemen Perindustrian, untuk melakukan sejumlah pelatihan tenaga ahli di bidang IT yang berujung pada sertfikasi. Jadi pembiayaan dari pemerintah, pelaksanaan dari LSP Telematika,” demikian Agoes Silaban.

Sumber : (Lily Bertha Kartika)  LSP Telematika


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Bos PT CAI [Cendrawasih Aneka Indah] Divonis 15 Bulan
Artikel selanjutnya :
   » » 11 - 12 Ribu Orang di Papua, Terinveksi HIV