Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
3
Mei '07

Kepala BPLH: Amdal Tidak Bermasalah


Rencana warga sekitar proyek Grand City Mall (GCM) melaporkan Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Surabaya Togar Arifin Silaban, ke Polda Jatim, ditanggapi dingin oleh Togar.

Pasalnya, pengeluaran Amdal (analisa mengenai dampak lingkungan) GCM yang dipermasalahkan, dinilai sudah sesuai prosedur. ”Amdal Grand City sudah sesuai prosedur. Bappedalda Jatim juga ngomong demikian. Jadi tidak ada masalah,”tandas Togar ditemui usai upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman Balai Kota, kemarin. Togar menambahkan, sebelumnya pihaknya sudah memediatori kemelut PT Hardaya Widya Graha (PT HWG) selaku investor GCM, dengan warga sekitar proyek.

Kendati demikian, Togar tidak menyebut sanggup tidaknya PT HWG memberikan kompensasi atas kerugian yang diderita warga akibat aktivitas proyek. Menurutnya, pembicaraan serta penentuan kompensasi diserahkan pada kedua pihak. Sementara Wali Kota Bambang DH membenarkan jika antara warga dengan kuasa hukum PT HWG sudah pernah bertemu. Lewat pertemuan tersebut, masih kata Bambang,sudah dibahas mengenai tuntutan ganti rugi.

Dirut Lembaga Kajian Ekologi dan Koservasi Lahan Basah Ecoton Prigi Arisandi menyatakan, Amdal GCM tidak sesuai dari berbagai sisi. Mulai dari sosial ekonomi, metodologi penelitian, teknik pemancangan yang tidak sesuai rencana teknis, dokumen yang tidak dilengkapi perhitungan volume limbah, dan adanya kesamaan isi dokumen Amdal GCM dengan Amdal proyek PLTU Tanjung Awar-Awar,Tuban.

Sumber : (soeprayitno) Koran Sindo, Surabaya


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Proyek GCS Dimulai Lagi - Warga Langsung Protes
Artikel selanjutnya :
   » » BPLH Anggap AMDAL GCS Sesuai Prosedur