Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Selasa
1
Mei '07

Ephorus HKBP Pdt DR Bonar Napitupulu Minta Pemerintah Segera Wujudkan Propinsi Tapanuli



Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Puluhan ribu warga HKBP yang datang dari 26 Distrik di seluruh Indonesia khususnyakaum perempuan memadati komplek Seminarium HKBP Sipoholon Taput, Minggu (29/4) merayakan Paskah Raya HKBP 2007 dipimpin Ephorus Pdt DR Bonar Napitupulu dan dihadiri lima Bupati, yaitu Bupati Taput Torang Lumbantobing, Bupati Tobasa Drs Monang Sitorus SH MBA, Bupati Tapanuli Tengah Drs Tuani Lumbantobing, Bupati Humbanghas Drs Maddin Sihombing MSi dan Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon masing-masing dengan istri.

Perayaan Paskah Raya 2007 yang didahului dengan kebaktian itu mengambil Thema: “Akan menyelamatkan kamu dan menjadikan kamu berkat” (Zak. 8:13.b) dipimpin Pdt Rostetty br Lumantobing STh diselang-selingi koor dan kidung rohani yang dibawakan artis ibukota Victor Hutabarat.

Ephorus HKBP Pdt DR Bonar Napitupulu dalam khotbahnya yang dikutip dari Psalm 148:1-14 mengatakan, bahwa kebaktian Paskah Raya 2007 merupakan satu acara untuk memuji Allah serta membesarkan namaNya. “Sudah pernahkah anda memuji Allah?” ujar Ephorus bertanya seraya mengatakan “Itulah makna kebaktian Paskah Raya yang kita laksanakan hari ini!”

Menurut Ephorus, ada tiga langkah untuk memuji dan membesarkan nama Tuhan. Yang pertama, Haleluya, artinya, pujilah Tuhan Allah melalui segala yang ada di dirimu. Kedua, Boraki, yang berarti pujilah Allah dan jangan lupakan berkat yang diberikan Allah kepada kita. Ketiga, Bobot yang berarti, karena bobot Allah yang begitu besar dan mulia, harus kita hargai dan tunduk kepadaNya, bukan hanya berdoa tetapi juga berbuat yang terbaik dalam hidup agar berkat Allah hidup di tengah-tengah kita. “Mari kita kembangkan sifat memuji Allah dan kita harus berjanji akan terus memujiNya. Marilah kita puji Allah, karena Dialah yang menciptakan segala yang ada di atas bumi ini” seru Ephorus HKBP.

Usai kebaktian, Ketua Umum, Panitia Perayaan Paskah Raya HKBP 2007 Ny Torang Lumbantobing Elly br Manalu dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kabupaten yang memberikan dukungan moril dan materil sehingga acara itu dapat berlangsung dengan baik.

Dilaporkan, Pemkab Tobasa telah memberikan dukungan dana Rp140 juta, Taput Rp 120 juta, Humbanghas Rp 60 juta, Samosir Rp 25 juta, Tapanuli Tengah Rp 25 juta sedangkan partisipasi warga jemaat HKBP dari seluruh Distrik Rp 130 juta. Sehingga seluruhnya terkumpul Rp 500 juta.
Juga dilaporkan, selain kebaktian raya, kegiatan Paskah Raya HKBP 2007 ini dimeriahkan Festival Koor, lomba masak-memasak dan lomba busana Kristiani yang telah dilaksanakan Sabtu (28/4) di auditorium HKBP Seminarium Sipoholon.

Mewakili Ketua DPRD dari lima kabupaten (Taput, Humbanghas, Tobasa, Samosir dan Tapteng) Bangun Silaban SE dari Humbanghas menyampaikan salut kepada kaum perempuan HKBP yang mampu menyelenggarakan acara besar umat Kristiani seperti Perayaan Paskah hari ini. Silaban berharap agar prestasi itu dapat ditingkatkan dan menjadi pendorong semangat kaum bapak di lingkungan HKBP khususnya untuk membangun persatuan dan kesatuan sebagaimana tujuan Tahun Koinonia HKBP.

Sementara Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing yang mewakili para bupati dari lima kabupaten itu menekankan kepada warga jemaat HKBP khususnya kaum perempuan agar makna Perayaan Paskah Raya HKBP 2007 ini dapat meningkatkan kualitas keimanannya dimana pun ia berada dan senantiasa terhindar dari jebakan rutinitas ritual, yang dari hari ke hari kian terasa, kian menggejala di tengah-tengah kehidupan spiritual kalangan umat beragama yang cenderung semakin materialistik.

Torang Lumbantobing mengingatkan, di tengah perkemabngan dunia yang modern, warga Kristiani dituntut untuk semakin mempertegas eksistensinya. Karena di tengah dunia yang modern itu, kelihatannya kehidupan begitu megah, namun nilai spritualnya sangat rapuh. “Iman yang kokoh serta berpengharapan menjadi syarat utama menjawab tantangan segala zaman” ujar Bupati Torang Lumbantobing dan menyampaikan rasa haru dan bahagia, karena pada usia 15 dasawarsa, HKBP sebagai gereja yang memiliki jemaat terbesar di Indonesia ternyata tetap konsisten membulatkan tekad untuk mengerahkan segala potensi sehingga dapat menjadi berkat bagi lingkungannya, masyarakat dan bangsa Indonesia.

Secara khusus bupati menyampaikan rasa bangga terhadap kaum perempuan HKBP yang ditugaskan menyelenggarakan Paskah Raya HKBP 2007 dengan harapan kaum perempuan HKBP dapat menjadi berkat bagi semua orang terutama mempererat persekutuan, persatuan dan persatuan diantara warga HKBP menyongsong Jubileum 150 tahun HKBP tahun 2011 mendatang.

Ephorus HKBP dalam bimbingan dan arahannya mengingatkan seluruh warga HKBP, terutama peserta Paskah Raya yang hadir di Seminarium Sipoholon agar mempersiapkan diri menyongsong Jubileum 150 tahun HKBP tahun 2011 mendatang. Untuk menyongsong Jubileum itu, HKBP telah menyusun program berkesinamubngan setiap tahunnya. Tahun 2006 merupakan tahun Dana Pensiun, persiapan tahapan acara tahunan, tahun 2007 tahun Koinonia (Persekutuan) tahun 2008 tahun Marturia (Kesaksian), tahun 2009 tahun Diakonia (Pelayanan) dan tahun 2010 merupakan tahun evaluasi dan persiapan teknis pelaksanaan Jubileum 150 tahun HKBP.

Secara umum dalam pengarahannya, Ephorus mengatakan agar setiap warga HKBP sungguh-sungguh memahami makna dari perayaan Paskah Raya 2007 ini. Terutama kepada para Bupati dan Wakil Bupati diharapkan benar-benar menjadi berkat kepada masyarakatnya.
Pada kesempatan itu, menjelang akhir sambutannya, Ephorus HKBP Pdt DR Bonar Napitupulu menyerukan agar Pemerintah Pusat dapat segera merealisasikan pembentukan Propinsi Tapanuli yang sudah lama diidam-idamkan masyarakat.

Ditegaskannya, Propinsi Tapanuli adalah cita-cita masyarakat tanpa kecuali, dan sungguh-sungguh merupakan cita-cita untuk menikmati peningkatan pembangunan yang layak di tengah-tengah masyarakat Tapanuli sebagai bagian dari Bangsa Indonesia dalam konteks Negera Kesatuan Republik Indonesia. “Tidak ada niat lain dalam tuntutan ini, tetapi didasari kebersamaan hak di negara Republik Indonesia. Oleh sebab itu, Pemerintah Pusat agar memahami aspirasi masyarakat Tapanuli ini!” tegasnya disambut tepuk tangan seluruh hadirin.

Pada kesempatan itu, Ephorus HKBP Pdt DR Bonar Napitupulu menyampaikan terima kasih kepada Elly Marsaulina br Manalu istri Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing selaku Ketua Umum Panitia dan Any br Napitupulu istri Bupati Humbanghas Drs Maddin Sihombing MSi selaku Ketua I Panitia, atas kerja keras mereka bersama seluruh unsur Panitia sehingga acara demi acara dalam perayaan Paskah Raya HKBP 2007 selama 2 hari berturut-turut terlaksana dengan baik aman dan tertib.

Paket Paskah “Periksa Kesehatan”

Di tengah kegiatan Perayaan Paskah Raya HKBP 2007 itu, Departemen Diakonia HKBP bekerja sama dengan RS Gleneagles Medical Centre Penang menyelenggarakan “Paket Paskah” berupa pemeriksaan kesehatan kepada warga HKBP dengan berbagai kemudahan untuk berobat ke Rumah Sakit Gleneagles Penang.
James L Kuntabau selaku Humas RS Gleneagles Penang untuk pasien Indonesia menyebutkan, sesuai dengan kesepakatan (MoU) antara HKBP dengan pihaknya, Paket Pemeriksaan Kesehatan hanya sebesar Rp 2,5 juta untuk 12 jenis penyakit yang diderita laki-laki dan perempuan. Untuk paket itu, RS Gleneagles Penang membiayai ongkos pesawat Penang-Medan serta penginapan 2 hari dan pasien dijemput serta diantar ke bandara di Penang.

Untuk informasi selanjutnya, pihak RS Gleneagles Penang telah membuat perwakilan di Medan Marolop Hutabarat SE (telep 061-8360167 dan 081397009123) Jl Cengkeh Raya no 17 Perumnas Simalingkar Medan. Untuk Pematangsiantar Daniel Sintong Pasaribu SE (Telp 0622-21398 dan 081370606860) Jl Laguboti no 36 Pematangsiantar.

Hasil perlombaan
Panitia perlombaan Festival Paduan Suara Kategori Perempuan, Lomba Busana dan Lomba Masak Tradisional mengumumkan hasil-hasil sebagai berikut:
Festival Paduan Suara: Juara I Distrik Medan-Aceh, Juara II Distrik Jawa Kalimantan dan Juara III Distrik Labuhan Batu dan Juara Harapan I, II dan III Distrik Langkat, Silindung dan Distrik Jakarta II.

Sementara Dirgen terbaik: Dra Julis br Silitonga dari Distrik Silindung.

Lomba Memasak Tradisional Batak: Juara I Distrik Samosir, Juara II Distrik Riau, Juara III Distrik Sibolga, Juara Harapan I, II dan III Distrik Sumbasel, Jakarta II dan Distrik Kepri.

Lomba Busana, Juara I Distrik Medan Aceh, Juara II Distrik Humbang Hasundutan dan Juara III Distrik Sumbagsel, Juara Harapan I, II dan III Jakarta II, Silindung dan Distrik Tobasa.

Hadiah kepada para pemenang diserahkan oleh Ephorus HKBP, Sekjen HKBP, Bupati Taput, Bupati Humbanghas serta para Kepala Departemen HKBP yang didampingi istri.

Sumber : (G1/i) Harian SIB, Tarutung


Ada 3 tanggapan untuk artikel “Ephorus HKBP Pdt DR Bonar Napitupulu Minta Pemerintah Segera Wujudkan Propinsi Tapanuli”

  1. Tanggapan gunawan:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    Heran juga lihat harian SIB ini, topik utama berita ini kan Paskah Raya HKBP, kok malah judulnya Ephorus HKBP Minta Pemerintah segera Wujudkan Propinsi Tapanuli, dimana sih korelasinya, seolah-olah secara institusi HKBP sangat mendukung pembentukan Protap, padahal kenyatannya kan belum tentu…harusnya judulnya Penyelenggaraan Paskah Raya HKBP Berlangsung Sukses.

    Apakah memang seperti itukah kode etik jurnalistik dalam menampilkan berita???? Tanya Kenapa????

  2. Tanggapan Rusman Sitorus:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    Kalau tanggapan dari saya untuk pembentukan PROTAP ini yang terutama adalah kejujuran,apalagi sudah jelas dana yang terkumpul sudah Rp:500juta.Mohon jelas segala pemasukan dan pengeluaran(Transparansi)asa boi gabe HAPOSAN.
    Dan nantinya janganlah sampai terjadi pertikaian dalam perebutan kekuasaan.
    Kita tunjukkanlah kita sebagai Orang BATAK yang sudah modern.Semoga sukses.

  3. Tanggapan Frengky Sinaga:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    saya menaggapi tanggapan no1..!! begini…!! Kalau judul berita Penyelenggaraan Paskah Raya HKBP Berlangsung Sukses takutnya tidak diterbikan REDAKSI. Pasalnya berita itu kan jelas berita ngangkat atau berita uang. Ku harap anda tahu bagaimana kerja wartawan dan untuk tidak sia-sia liputannya, ya tetap mencari judul yang menarik untuk pembaca….!! Thks

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.






Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel sebelumnya :
   » » MA Bebaskan Pimpinan DPRD Depok

Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel selanjutnya :
   » » Mayday, Tutup Pelabuhan