Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Jumat
27
Apr '07

Puskesmas Papua akan Dilengkapi VCT


Seluruh Puskesmas di Papua secara bertahap akan dilengkapi pelayanan kesehatan Voluntary Counselling and Testing (VCT) atau konseling dan testing sukarela sebagai upaya peningkatan pelayanan bidang kesehatan di Provinsi Papua.

Tujuannya, agar masyarakat dengan mudah mendapatkan layanan kesehatan, khususnya konseling terhadap penyebaran virus HIV/AIDS, sekaligus juga sebagai upaya penanggulangan penyebaran virus tersebut.

“Selain itu VCT juga bertujuan untuk meningkatkan fungsi Puskesmas sebagai unit pelayanan kesehatan terdepan bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang berdomisili di wilayah perkampungan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Tigor Silaban, Kamis (26/4).

Salah satu puskesmas yang telah menggunakan sistem VCT saat ini ialah Puskesmas Jayapura Utara di Jalan Ahmad Yani-Klofkamp, Kota Jayapura. Puskesmas tersebut mempunyai pola VCT untuk mengetahui gejala awal HIV/AIDS pada pasien yang telah tertular virus itu.

Nanti akan ada lima puskesmas di Jayapura yang akan dilengkapi VCT, yaitu Puskesmas Hamadi, Puskesmas Abepura, Puskesmas Koya Barat, Kota Jayapura, Puskesmas Sentani Timur, dan Puskesmas Demta, Kabupaten Jayapura.

“Awalnya baru lima puskesmas, namun tentu akan kami adakan diseluruh Papua guna meningkatkan pelayanan kesehatan di Papua, khususnya penanggulangan terhadap virus HIV/AIDS,” ujar Tigor.

Sumber : Papua.go.id via  Kominfo-Newsroom, Jayapura


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Ribuan Umat Kristen Ikuti Perayaan Paskah Di Gebang Langkat
Artikel selanjutnya :
   » » Bos CAI [Cendrawasih Aneka Indah] Minta Bebas