Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
26
Mar '07

Adiwiyata Untuk Sekolah Bersih


Seluruh sekolah di Surabaya saat ini tengah bersih-bersih menyambut penilaian Adhiwiyata. Sebuah penghargaan sekolah terbersih se-Indonesia yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).
Bila penghargaan Adipura menilai kebersihan dan fasilitas kota, Adiwiyata khusus menyorot sekolah. Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) saat ini tidak hanya sibuk menghadapi Adipura, namun juga mengenalkan ke seluruh sekolah tentang model penilaian Adiwiyata.

“Adiwiyata memberi syarat sekolah melibatkan pertisipasi siswa dalam pelestarian lingkungan hidup,” tegas kepala BPLH Pemkot, Togar Silaban, Minggu (25/3). Menurut data yang dihimpun Surya dari BPLH, sekolah wajib mengisi sejumlah persyaratan untuk mengikuti program ini.

Penilaian tidak sekadar soal sekolah tersebut bebas sampah atau tidak, namun juga terkait partisipasi aktivitas lingkungan. Komposisi penilainnya itu adalah 40 persen untuk pengembangan kebijakan sekolah, 30 persen untuk kurikulum, dan 20 persen untuk kegiatan partisipatif, dan 10 persen untuk fisik  Dari bobot ini terlihat betapa sekolah menjadi penting dalam tataran kebijakan.
Sejumlah kebiasaan sekolah bakal dirombak untuk menyambut penilaian Adiwiyata ini.

Mulai kurikulum hingga kelengkapan pendidikan harus dilengkapi aktivitas yang berdampak pada perbaikan lingkungan hidup. Sekolah di Surabaya bakal menambah pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler tentang lingkungan. “Kurikulum sekolah -tentang LH- menjadi penting karena dari sini bisa dilihat bagaimana guru menanamkan pentingnya kelestarian lingkungan pada siswanya. Dengan begitu siswa akan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Sumber : (uca) Surya Post


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.






Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel sebelumnya :
   » » Kepergok Masuk Kamar, Pria Tak Dikenal Diamankan

Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel selanjutnya :
   » » Muchtar Kutai Pimpin PK Partai Golkar Babalan