Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
19
Mar '07

Antisipasi Permainan Tengkulak - Petani Simalungun Bentuk Gapoktan


Mengantisipasi ulah tengkulak yang mempermainkan harga pasar, sedikitnya 850 petani tergabung dalam 10 kelompok tani di tiga kecamatan di Kab. Simalungun membentuk Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani).

Gapoktan diberi nama Gapoktan Bersatu, dan berkonsentrasi pada tanaman jagung. Mereka dari Kec. Pematangbandar, Bandar dan Bandar Huluan. Dalam rapat pembentukan Gapoktan di Nagori (desa) Dolok Parmonangan, Kec. Bandar Huluan, Jumat (16/3), selain dihadiri unsur pengurus kelompok tani hadir juga Kepala Dinas Pertanian Simalungun, Ir. M. Roem, Kasubdis Agropolitan, Ir. Joni Akim Purba, Ir. Isak Ansyari (KCD Pematangbandar), M. Silaban dan Sastra Surbakti (PPL).

Parlindungan Siahaan ketua terpilih Gapoktan Bersatu, mengemukakan, wadah baru itu lahir dari hasil bincang-bincang para petani, terkait banyaknya tantangan dan kesulitan bagi petani dalam meningkatkan pendapatan. Petani tidak membuat program unggulan, cenderung berjalan sendiri-sendiri. Pada musim panen jumlah hasil melimpah, tetapi yang menyakitkan harga gabah anjlok, karena petani dipermainkan tengkulak.

Bahkan di antara petani ada yang meminjam modal dari tengkulak, sehingga pada saat panen, petani tidak dapat terlepas dari cengkeraman tengkulak. “Dari pengalaman inilah kami mencoba menyatukan persepsi, bersama-sama belajar dan mencari modal dengan cara berhimpun dalam wadah Gapoktan,” ujar Siahaan. Luas lahan Gapoktan di tiga kecamatan mencapai 650 hektar. Saat ini, petani sedang mempersiapkan masa tanam. Kemudian akan membentuk Koperasi membantu permodalan petani. “Kelemahan petani selama ini menyangkut modal usaha. Karena itulah petani sering terjerat rentenir,” jelasnya.

Kadis Pertanian, M Roem, menyatakan Gapoktan merupakan sarana bagi kelompok tani membangun dan meningkatkan kesejahteraan petani. Dikatakan, setelah pendirian Gapoktan, para petani juga harus mendirikan Koperasi. Susunan pengurus Gapoktan Bersatu, ketua, Parlindungan Siahaan, wakil ketua, Bani, sekretaris dan wakil sekretaris Pardomuan Panjaitan dan Ramlon Sitohang, bendahara Sudarno.

Sumber : (c19) (wns) Waspada Online, Simalungun


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.