Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Jumat
16
Feb '07

Mengenang 100 Tahun Wafatnya Sisingamangaraja XII Pemkab Humbahas Adakan Lomba Karya Tulis


Mengenang dan memperingati 100 tahun wafatnya Sisingamangaraja XII 17 Juni 2007 Pemkab Humbahas (Humbang Hasundutan) mengadakan perlombaan karya tulis bagi wartawan yang wilayah peliputannya di lingkungan Kabupaten Humbahas.

Karya tulis tersebut harus terbit di media di mana “kuli tinta” tersebut bekerja dan batas waktu penyerahan 31 Mei 2007 di bagian Infokom. Hal itu dikatakan Kabag Infokom Osborn Siahaan BA kepada SIB, Kamis (15/2) melalui telepon selularnya sambil menambahkan bahwa pengumuman perlombaan karya tulis dan syarat-syaratnya sudah ditempelkan di Bagian Infokom Humbahas.

Osborn menjelaskan dalam rangka mengenang 100 tahun wafatnya Sisingamangaraja XII sebagai Pahlawan Nasional dari tanah Batak, berbagai kegiatan telah dilaksanakan Pemkab Humbahas.

Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi, Kapolres Humbahas AKBP GP Hutajulu SH, anggota DPRD Humbahas Luhut Sihotang, Drs Nelson Lumbantoruan dari Medan dan lainnya sudah pernah melakukan napak tilas Sisingamangaraja XII ke Sitapongan Desa Sion Kecamatan Parlilitan. Selain itu Sitor Situmorang bersama istrinya dari Belanda sudah pernah berkunjung ke Humbahas dengan tujuan untuk menggali sejarah Sisingamangaraja XII yang direncanakan akan dipamerkan dalam bentuk opera di Belanda. Dalam pertemuannya dengan Bupati Maddin Sihombing mengenang 100 tahun wafatnya Sisingamangaraja XII akan diadakan pameran keliling untuk menghormati tentang kehormatan Pahlawan Nasional dari tanah Batak.

Pagelaran pameran itu dilaksanakan sebagai langkah awal perjalanan Sisingamangaraja XII dan supaya tidak lupa tentang sejarah pahlawan. Kendatipun pusat kerajaan Sisingamangaraja XII berada di Baktiraja, namun untuk mempertahankan kedaulatan kerajaannya telah membangun sebuah benteng pertahanan di Kecamatan Parlilitan. Selain itu makam putranya Patuan Nagari dan Patuan Anggi termasuk panglima-panglimanya dan putrinya Lopian berada di Kecamatan Parlilitan.

Istana Raja Sisingamangaraja XII secara geografis teletak di bagian selatan wilayah Danau Toba Baktiraja dan berada pada dataran di tepi danau serta dikelilingi bukit yang relatif terjal. Untuk memperlancar perjalanan ke Baktiraja, Pemkab Humbahas melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) telah melakukan pembenahan dan memperluas jalan dari Doloksanggul menuju Baktiraja. Bahkan tahun 2006 Pemkab Humbahas telah membangun pelataran parkir, sehingga para pengunjung ke Istana Sisingamangaraja XII tidak kewalahan lagi seperti dulu. Dimana sebelumnya, para pengunjung harus memarkirkan mobilnya persis di pinggir jalan yang tergolong sempit sehingga sangat-sangat mengganggu pengguna jalan.

Kabag Infokom juga menambahkan dalam rangka itu, Bupati Humbahas 1 Pebruari 2007 telah mengadakan pertemuan dengan tokoh-tokoh termasuk marga Sinambela di Jakarta. Dalam pertemuan disepakati bahwa mengenang 100 tahun wafatnya Pahlawan Batak itu harus dilaksanakan dengan sukses. Bahkan Bupati Maddin Sihombing pada pertemuan dengan Ketua DPP PKB Drs H Muhaimin Iskandar MSi di Humbahas menginformasikan 100 tahun wafatnya pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII akan diperingati.

Sumber : (RHS/i) Harian SIB, Doloksanggul


Ada 3 tanggapan untuk artikel “Mengenang 100 Tahun Wafatnya Sisingamangaraja XII Pemkab Humbahas Adakan Lomba Karya Tulis”

  1. Tanggapan thompson hs:

    Salut dengan inisiatif Pemkab Humbahas untuk menyemarakkan Peringatan 100 Tahun Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII. Pusat Latihan Opera Batak (PLOt) tahun 2005 telah mulai menaikkan wacana peringatan ini dengan agenda Pentas Keliling Pulo Batu (karangan Sitor Situmorang). Catatan saya juga waktu mengikuti napak tilas ke Parlilitan merupakan hasil penggalian tambahan untuk referensi penyutradaran teks Pulo Batu. Pulo Batu adalah cucu Sisingamangaraja XII. Gelar Patuan Bosar Ompu Pulo Batu memang nama lain yang disandang raja dari negeri Bakkara itu. Mudah-mudahan jadwal pentas ke Humbahas bulan Juni 2007 dapat berlangsung. Sebab untuk peringatan ini PLOt tidak menganggap garapan Pulo Batu hanya kesempatan proyek; namun suatu gerakan budaya! Horas tondi madingin pir tondi matogu.

  2. Tanggapan Roles Hasugian:

    Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak lupa akan jasa-jasa pendahulunya. Peringat 100 tahun Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII tentu mengingatkan kita pada masa-masa perjuangan kemerdekaan bangsa kita, khususnya di Tapanuli. Terima kasih kepada Pemkab Humbahas yang telah melaksanakan gawe ini.

    Untuk mengenang perjuangan Sisingamangaraja XII, sudah lama di Pearaja Desa Si Onom Hudon Kec. Parlilitan terdapat tugu Sisingamangaraja XII, namun kurang populer di kalangan masyarakat Tapanuli. Tempat ini tidak jauh dari wafatnya Sisingamangara XII, tepatnya di Aek Sibulbulon. Kalau mau napak tilas, datanglah ke Pearaja Desa Si Onom Hudon Kec. Parlilitan Kab. Humbahas.

    Njuah-njuah mo banta karina.

  3. Tanggapan zippo:

    horas jala gabe ma dihita sude. Parjolo mandok mauliate au tu damang dohot dainang na olo mangalehon tingki mangelolah rubrik on. na denggan do i nian acara na di baen ni Pemkab Humbanghasundutan i jala na uli.Alai nian uk sinkop do molo adong kerjasama nian di na lima Pemkab na di Tapanuli rap mambahen acara i asa un dippos jala napak tilas i gabe lebih hidup molo sude daerah na dohot di dalani. alana sebelum parlao ni ompui jolo di dalani do sude daerah na di tapanuli. jaladung lao pe dang pitor tu balige diboan,tutarutung do. jadi sian angka barita na binoto un denggan hian ma nian gabe parsidohot sude PebKab na diTapanuli. Jala huilala lebih Meriah do molo songon i.Mauli Ate Jala Horas Disude hita na manjaha Surat on.

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Sherina dan Musik Pop Indonesia
Artikel selanjutnya :
   » » Hotbonar Sinaga Pimpin Jamsostek