Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Jumat
16
Feb '07

Hotbonar Sinaga Gantikan Iwan Pontjowinoto


Pemerintah merombak jajaran direksi dan komisaris PT Jamsostek (Persero) dalam rapat umum pemegang saham luar biasa, Jumat malam (16/2). Direktur Utama Jamsostek Iwan Pontjowinoto digantikan Hotbonar Sinaga, mantan Ketua Dewan Asuransi Indonesia. Sedangkan posisi Komisaris Utama ditempati Wahyu Hidayat, mantan Direktur Utama PT Pelita Air Service, menggantikan Prijono Tjiptoherinjanto.

Menurut Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara Said Didu, pergantian direksi dan komisaris dilakukan untuk kepentingan dan kelangsungan perusahaan. Berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan, kata dia, ditemukan adanya disharmoni di dalam manajemen Jamsostek. “Jadi (pergantian) bukan karena tekanan serikat pekerja,” ujarnya setelah memimpin rapat umum pemegang saham luar biasa.

Said menegaskan, pengangkatan direksi dan komisaris sudah sesuai mekanisme perundang-undangan yang berlaku. “Mulai dari uji kelakayan, wawancara dan evaluasi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara dan persetujuan tim penilai akhir,” katanya. Dia menambahkan persetujuan dari tim penilai akhir diterima pada 15 Februari 2007.

Dia menjelaskan, Iwan mengajukan pengunduran diri sebagai direktur utama. “Pada saat istirahat, Iwan mengajukan surat pengunduran diri,” katanya.

Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Sugiharto mengatakan, berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan tidak ditemukan pelanggaran yang dilakukan direksi. “Sehingga keputusan komisaris memberhentikan Iwan Pontjowinoto dianulir dan posisinya direhabilitasi,” katanya.

Dia mengatakan, Presiden meminta jaaran direksi Jamsostek yang baru adalah orang yang jauh dari kepentingan politik. “Direksi dan komisaris yang terpilih merupakn tim impian,” katanya. Tentang Hotbonar Sinaga, Sugiharto mengatakan, memiliki track record sebagai professional dibidang asuransi.

Tentang pergantian tersebut Iwan mengatakan kepada Tempo, “Saya bersyukur telah diberi kesempatan untuk memimpin Jamsostek, dan saya mohon maaf bila upaya saya belum memenuhi harapan.” Dia menambahkan, sebagai warga negara dirinya selalu siap menjalankan amanah dari negera.

Sedangkan kepada Tempo Hotbonar mengaku telah mengikut proses uji kelayakan dan kepatutan untuk posisi direktur utama. “Saya ikut uji kelayakan dan kepatutan pada Senin dan Selasa,” katanya.

Dia mengatakan, dalam proses uji tersebut dia melewati sejumlah test yang melibatkan konsultan independen. “Termasuk salah satunya wawancara dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara Sugiharto,” ujarnya.

Hotbonar mengaku, semula ditawari untuk menjadi calon salah satu direktur di perusahaan pengelola dana pensiun pekerja di Indonesia. “Tapi saya tidak menerima. Karena kapasitas dan pengalaman saya cocok untuk posisi direktur utama,” ujarnya.

Susunan Direksi dan Komisaris Jamsostek

Direktur Utama : Hotbonar Sinaga
Direktur Keuangan : Myra SR Asnar
Direktur Investasi : Indrasjwari
Direktur Perencanaan : HD Suyono
Direktur Umum dan SDM : Rahmaniah Hasdiani
Direktur Operasi : Ahmad Ansyori
Direktur Kepatutan : Dewi Hanggraeni

Komisaris Utama : Wahyu Hidayat
Anggota : Myra Maria Hanartani
Anggota : Syukur Sarto
Anggota : Haryadi S Sukamdani
Anggota : Rekson Silaban
Anggota : Herry Purnomo

Sumber : (HARUN MAHBUB | YULIAWATI | SETRI) TEMPO Interaktif, Jakarta


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Hotbonar Sinaga Dirut Baru Jamsostek
Artikel selanjutnya :
   » » Hotbonar Sinaga Dirut PT Jamsostek