Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
11
Jan '07

Korupsi APBD Depok Masuk Kasasi di MA


Kasasi perkara korupsi APBD Depok masuk registrasi di Mahkamah Agung (MA). Berkas kasasi tersebut diterima MA pada akhir Desember 2006. Perkara dari korupsi senilai Rp 7,5 miliar itu dibagi dalam dua berkas.

Kasubsie Registrasi Kasasi dan PK Pidana Lauris S Ramly mengatakan, ‘’MA sudah meregistrasinya di akhir Desember 2006 dan awal 2007. Berkasnya diterima pertengahan Desember 2006,'’ katanya di Gedung MA, Rabu (10/1). Berkas pertama yang diregistrasi adalah atas nama Sutadi (mantan ketua DPRD), Naming Bothin (ketua DPRD), dan Hasbullah Rahmad (wakil ketua DPRD). Berkas ini bernomor registrasi 2929K/Pid/2006.

Untuk berkas kedua, para terdakwanya antara lain Bambang Sutopo (ketua panitia anggaran), Bambang Prihanto, Mazhab HM, Mansuria, Rafie Ahmad, Mahrup Aman, Ratna Nuryana, Sasono, Damanhuri, Kusdiharto, Hiras Tony Hutapea, Agus Sutondo, Christian Poltak Silaban, dan Hariyono. Nomor registrasi berkasnya adalah 19K/Pid/2007.

Di tingkat pertama di Pengadilan Negeri Cibinong, Sutadi, Naming, dan Hasbullah divonis bersalah dan dijatuhi pidana masing-masing dua tahun penjara dan denda sebesar Rp 50 juta subsider tiga bulan. Masih di tingkat pertama, keempat belas anggota DPRD lainnya juga divonis dua tahun penjara. Mereka juga dikenai pidana uang pengganti dengan subsider enam bulan penjara.

Di tingkat banding di Pengadilan Tinggi Jawa Barat di Bandung, semua terdakwa dikenai vonis satu tahun penjara. Mereka juga dikenai denda dan uang pengganti dengan jumlah yang sama dengan putusan di PN Cibinong, Bogor. JPU menjerat mereka dengan dakwaan primer melanggar pasal 2 ayat 1 Jo pasal 18 UU No 31/1999 jo UU No 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) KUHP Jo pasal 64 (1) KUHP. Dakwaan subsidernya adalah melanggar pasal 3 jo pasal 18 UU No 31/1999 Jo UU No 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sumber : (wed) Republika Online, Jakarta


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.