Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
10
Jan '07

MA Terima Berkas Perkara Korupsi DPRD Depok


Mahkamah Agung (MA) telah menerima berkas perkara kasasi korupsi APBD Depok tahun 2002 yang merugikan negara Rp7,35 miliar.

“Tapi majelis hakim yang menangani belum dibentuk. Nanti tunggu dilaporkan ke ketua MA dulu,” kata Kepala Register Perkara Pidana MA, Lauris Sauvana Ramly di Jakarta, Rabu (10/1).

Perkara itu terdaftar di MA dalam dua berkas. Berkas pertama bernomor 2929/K. Pid/2006 dengan terdakwa Sutadi (mantan ketua DPRD Depok), Naming D Bothin (kini ketua DPRD Depok), dan Hasbullah Rahmad (kini ketua badan kehormatan DPRD Depok).

Berkas kedua bernomor 19/K. Pid/2007 dengan terdakwa 14 orang yakni Bambang Sutopo, Bambang Prihanto, Mazhab HM, Mansyuria, Rafi Ahmad, Machruf Aman, Ratna Nuriana, Sasono, Damanhuri, Kusdiharto, Hiras Tony Hutapea, Agus Sutondo, Christian Silaban, dan Haryono.

Menurut Lauris, karena para terdakwa tidak ditahan, maka status perkara itu adalah reguler alias perkara biasa.

Sebelumnya pengadilan tinggi (PT) Jawa Barat memvonis 17 terdakwa itu dengan pidana setahun penjara. Para terdakwa juga diharuskan membayar ganti rugi yang bervariasi dari Rp172,2 juta-Rp386,9 juta.

Di tingkat pertama, PN Cibinong memvonis mereka dua tahun penjara denda Rp50 juta subsider tiga bulan kurungan. Mereka juga wajib mengganti uang pengganti antara Rp165juta-Rp439 juta. Jaksa menuntut mereka setahun penjara dengan perintah segera ditahan.

Di tingkat pertama, ke-17 terdakwa terbukti melanggar pasal pasal 3 juncto 18 UU 31/1999 jo UU 20/2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Dakwaan primer, pasal 2 ayat (1) jo pasal 18 UU 31/1999 jo UU 20/2001 dinyatakan tidak terbukti.

Sumber : (Aka/OL-06/Agustinus) Media Indonesia, Jakarta


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Truk Bermuatan Minuman Ringan Terbalik di Sibolga
Artikel selanjutnya :
   » » Nilai Adipura Jeblok, Pemkot Salahkan Masyarakat