Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
6
Jan '07

3.000 Hektar Lahan di Humbahas akan Ditanami Jagung


Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi melantik pengurus KTNA (Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan) Kabupaten Humbang Hasundutan di Hotel Martabe Doloksanggul baru-baru ini. Dia mengharapkan agar KTNA dapat berbuat banyak dalam memajukan pembangunan pertanian di Humbahas. Acara KTNA itu dihadiri Wakil Ketua KTNA Sumut serta para utusan para petani se-Kabupaten Humbahas.

Menurut Sihombing, organisasi KTNA di Humbahas harus dapat memberdayakan para petani sehingga para petani itu benar-benar mampu meningkatkan pendapatannya. Di samping itu, lahan-lahan tidur yang masih luas di Humbahas harus dapat dimanfaatkan menjadi lahan yang produktif. “Organisasi KTNA merupakan salah satu organisasi yang besar di Humbang Hasundutan sehingga diharapkan mampu berperan dalam memajukan pertanian di daerah ini yang tujuannya untuk peningkatan disektor pertanian, ujar Bupati.

Dikatakan, Humbahas untuk tahun 2007 akan memprogramkan penanaman jagung di atas lahan sekitar 3.000 hektar oleh para pemilik modal (investor) sehingga lahan seluas itu dapat tersedia di Humbang Hasundutan. Untuk itu KTNA diharapkan bekerjasama dengan dinas terkait untuk mengembangankan pertanian jagung di Humbang Hasundutan ini. Di samping itu juga akan diprogramkan peternakan babi yang diharapkan akan menambah pendapatan para petani di Humbang Hasundutan.

Menyangkut pemberian bantuan pengoperasian traktor pertanian, Bupati sangat berharap agar pengoperasiannya dimanfaatkan secara maksimal demi pengembangan lahan-lahan pertanian yang terbentang  luas di Humbang Hasundutan. Manfaatkan peralatan pertanian ini dengan baik dan dirawat sebaik-baiknya sehingga dapat bermanfaat secara berkesinambungan.

Sementara Ketua KTNA terpilih Ir Gamson Sihombing mengatakan, pelantikan pengurus KTNA Kabupaten Humbang Hasundutan sebagian kecil petani yang dipercaya menjadi “duta” yang mampu menyerap dan menyebarkan informasi dan teknologi dalam upaya pengembangan pertanian. Sebagai “duta” yang telah dipilih secara berjenjang tentunya seluruh pengurus KTNA memiliki  tugas penting terutama dalam pengembangan pertanian di Humbang Hasundutan. Kiranya pengurus KTNA dapat memberikan kontribusi yang jelas terhaap perumusan kebijakan pertanian sesuai dengan kondisi dan kebutuhan petani di pedesaan.
“Pengurus KTNA Humbang Hasundutan tidak diharapkan memiliki pemikiran bahwa kepengurusan ini bersifat eksklusif tetapi harus memposisikan diri sebagai organisasi yang bersifat bebas dan terkoordinasi (interdependensi).

Posisi ini diharapkan dapat membantu pembinaan hubungan dengan berbagai pihak yaitu sesama petani, petani dengan pemerintah, petani dengan BUMN, petani dengan perbankan dan berbagai pihak yang dapat memberikan kontribusi terhadap Pembangunan pertanian,” ujar Gamson Sihombing. Dikatakan koordinasi ini sangat penting sehingga petani dapat merubah diri secara bertahap dari buruh tani menjadi petani bahkan menjadi pengusaha tani. Untuk itu KTNA harus mampu membuka mata dan memanfaatkan telinga sehingga tidak terlewatkan oleh teknologi dan informasi.

Susunan pengurus KTNA Humbang Hasundutan yang dilantik, Ketua Ir Gamson Sihombing, Wakil Ketua I Marulak Lumbangaol, Wakil Ketua II Deka Silaban ST, Sekretaris Adaman Sihombing, Wakil Sekretaris KT Sianturi dan bendahara Sekjen Pane. Sementara itu, Bupati Humbang Hasundutan Drs Maddin Sihombing MSi berkenan menyerahkan kunci 4 unit traktor kepada pengurus UPJA (Unit Pelaksana Jasa Alsintan) dengan menejer Robert Sihombing. Turut hadir dalam pelantikan pengurus KTNA Kabupaten Humbang Hasundutan yaitu, Kadis Pertanian Ir Djatipan Manullang, Kabag Infokom diwakili Alfonsius Tinambunan SE serta undangan lainnya.

Sumber : (RHS/h) Harian SIB, Dolok Sanggul


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.