Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Jumat
5
Jan '07

Wapres Setuju Pesangon Dibayar Via PT Jamsostek


Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan, setuju dengan usulan formula baru dalam pembayaran pesangon buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) yaitu melalui PT Jamsostek, asalkan pembayaran iuran oleh pengusaha dinaikkan.

“Mengenai pesangon dicarikan formula baru melalui Undang-Undang No 3 tahun 1992 (tentang Jamsostek). Jadi nanti angka (pesangon) yang diperoleh buruh bisa sama, tetapi yang membayar PT Jamsostek dan nantinya perusahaan menaikkan kontribusinya,” kata Ketua Umum Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Rekson Silaban, seusai bertemu Wapres Jusuf Kalla di Kantor Wapres Jakarta Kamis.

Menurut Rekson, Wapres mengatakan sepakat dengan usulan pembayaran pesangon oleh PT Jamsostek. Yang penting, tambah Rekson menirukan Wapres, buruh tidak boleh dirugikan.

Saat ini kontribusi pengusaha yang harus dibayarkan kepada PT Jamsostek hanya sebesar 11,7% dari gaji pokok buruh, padahal dibeberapa negara Asean sudah mencapai 20 hingga 25%.

Dengan demikian, jika persentasenya bisa dinaikkan menjadi sekitar 20%, maka hal itu bisa sekaligus digunakan untuk pembayaran pesangon buruh jika sewaktu-waktu terjadi PHK, tambahnya.

“Kalau kita mau samakan dengan Asean sekitar 20%, itu semua (pesangon) bisa selesai, kalau pengusaha mau pesangon itu bisa dialihkan ke situ (PT Jamsostek),” kata Rekson.

Namun untuk itu, tambah Rekson, lebih baik pengaturannya masuk dalam UU No 3/1992 tentang Jamsostek bukan pada perubahan UU No13/2003 tentang Tenaga Kerja. Dalam pandangan KSBSI, persoalan pesangon buruh dibayarkan oleh PT Jamsostek bisa dimasukkan dalam program pensiun dan jaminan PHK (pesangon) pada UU No 3/1992 tentang Jamsostek.

Sumber : Antara News,Jakarta & Harian Global, Jakarta


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.