Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Jumat
1
Des '06

Masjid Istiqlal (1978)


Masjid Istiqlal adalah masjid yang terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini merupakan kebanggaan bagi bangsa Indonesia, sebagai manifestasi ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas curahan karunia-Nya atas kemerdekaan Indonesia. Itu sebabnya masjid ini dinamai Istiqlal, yang artinya adalag “merdeka”.

Gagasan pembangunan masjid ini memang sudah lama. Setelah penyerahan kedaulatan dari pemerintah kolonial Belanda kepada Republik Indonesia tahun 1949, tercetus ide pembangunan Masjid Istiqlal di Jakarta oleh Bapak KH Wahid Hasyim (menteri agama saat itu) dan tokoh nasional Anwar Cokroaminoto.

Pada tahun 1953 dibentuklah panitia pertama pembangunan Masjid Istiqlal, yang diketuai oleh Bapak Anwar Cokroaminoto. Ia menyampaikan ide pembangunan Masjid Istiqlal kepada Presiden RI, Ir Soekarno dan mendapat sambutan hangat. Bahkan Presiden akan membantu sepenuhnya pembangunan Masjid Istiqlal.

Pada tahun 1954, Ir Soekarno oleh panitia diangat sebagai Kepala Bagian Teknik Pembangunan Masjid Istiqlal, dan sejak itulah beliau aktif dalam kegiatan-kegiatan Masjid Istiqlal, antara lain sebagai ketua dewan juri untuk menilai sayembara maket Istiqlal.

Pada tahun 1955, diadakan sayembara membuat gambar dan maket pembangunan Masjid Istiqlal, yang diikuti oleh 30 peserta. Dari jumlah tersebut, ada 27 orang yang menyerahkan gambar, kemudian setelah diadakan seleksi secara seksama, hanya 22 peserta yang memenuhi persyaratan lomba. Setelah itu Dewan Juri dan para anggota mengadakan evaluasi, ternyata yang keluar sebagai pemenang ada 5 (lima) peserta yaitu, F Silaban dengan sandi “Ketuhanan”; R Oetoyo dengan sandi “Istighfar”; Hans Groenewegen dengan sandi “Salam”; Lima orang Mahasiswa ITB dengan sandi “Ilham”; dan Tiga orang Mahasiswa ITB dengan sandi “Khatulistiwa”.

Dari kelima pemenang tersebut, yang disepakati Dewan Juri dan para anggota adalah sandi Ketuhanan dengan arsitek F Silaban sebagai pemenang. Pada tahun 1961, diadakan penanaman tiang pancang pertama pembangunan Masjid Istiqlal. Tujuh belas tahun kemudian bangunan Masjid Istiqlal selesai dan diresmikan penggunaannya pada tanggal 22 Februari 1978. Biaya pembanginan Masjid ini dengan dana APBN sebesar Rp 7 miliardan 12 juta dolar AS.
Sumber : (tri ) Masjid Istiqlal via Republika Online


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Pertina Jambi Coret Tiga Petinju Pelatda
Artikel selanjutnya :
   » » The Heart (Simatupang Sister)