Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Minggu
26
Nov '06

Mendiknas: Pendidikan Berkualitas Akan Lahir Jika Terdapat Guru Profesional, Berkompetensi dan Sejahtra


Peringatan Hari Guru Nasional XIV dan Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI (Persatuan Guru Republik
Indonesia) ke-61 di berbagai sekolah di Medan berlangsung sederhana dan ditandai dengan pemberian “bunga” dari siswa kepada guru, Sabtu (25/11). Di PKMI (Perguruan Kristen Methodist Indonesia)-1 Jl Hangtuah Medan upacara memperingati hari guru nasional dan HUT PGRI diikuti ratusan siswa TK, SD, SMP dan SMA dengan pembina upacara Pimpinan Perguruan Pdt Jones Nainggolan MTh.

Sambutan Mendiknas Prof Dr Bambang Sudibyo MBA disampaikan Pdt Jones Nainggolan MTh mengatakan, sistem dan praktik pendidikan berkualitas hanya akan lahir apabila terdapat guru profesional, memiliki kompetensi dan kesejahteraannya terpenuhi. Guru sebagai agen pembelajaran diharapkan memiliki empat kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional.

Dikatakan, kompetensi pedagogik merupakan kemampuan para guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi dimiliknya. Kompetensi sosial merupakan kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik dan masyarakat sekitar.

Selanjutnya kompetensi kepribadian bermakna karakteristik pribadi harus menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia. Kompetensi profesional merupakan kemampuan guru dalam penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan mereka membimbing peserta didik dalam menguasai materi diajarkan.

Usai upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun PGRI digelar acara ramah tamah di Aula PKMI-1 Medan yang dihadiri Pimpinan Perguruan Pdt Jones Nainggolan MTh, Wakil Pimpinan Perguruan Drs Osberth Sinaga MSi, PKS Kesiswaan Drs P Silaban, Pdt SH Doloksaribu, Pdt H Saragih STh, SE Hutagalung BA, B Marbun SPd, Drs Bintoni Simatupang.

Wakil Pimpinan PKMI-1 Medan Drs Osberth Sinaga mengajak para guru untuk mengikuti pembaharuan dengan meningkatkan displin di berbagai bidang sekaligus meminta semua tenaga pengajar untuk menguasai teknologi informatika komputer pada tahun 2007 mendatang demi peningkatan mutu dan kualitas pendidikan perguruannya ke depan.

Sementara pantauan SIB di berbagai sekolah, yaitu SDN 060842 Medan, SD Swasta Assisi, SMPN 7, SMP St Thomas 1, SMAN 1, PKIM (Perguruan Kristen Immanuel Medan), SMKN 7 serta sejumlah sekolah lainnya peringatan hari guru dan HUT PGRI berlangsung sederhana dan kekeluargaan.

Lomba Memasak Bolu
Peringatan Hari Guru Nasional dirangkaikan dengan HUT PGRI ke-61 di SMAN 1 Pancurbatu diwarnai perlombaan kreasi siswa. Lomba yang diadakan yakni memasak kue bolu dari bahan non beras serta lomba kebersihan kelas.Tampil sebagai juara dalam perlombaan itu, juara I, Kelas III IPA 2 diikuti Kelas II IPA 2 dan juara ketiga Kelas III IPA 4.

Usai pelaksanaan upacara nasional,dilakukan pemotongan nasi tumpeng oleh Kasek Drs Maruli Naibaho dan memberikannya kepada guru senior, Wakil Kasek dan guru yang berprestasi masing-masing,Drs Kilo Purba, Dra Demu Arlina Ginting, Drs Marolop Marpaung (guru berprestasi).Selain itu juga dilakukan penyematan bungga anggrek dari siswa kepada Kasek dan wakilnya, serta penyerahan bingkisan siswa pada 120 orang guru yang ada di sekolah itu.

Sumber : (A 16//MSt/u) Harian SIB, Medan


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.