Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
25
Nov '06

Kepala Puskesmas Matiti Tahan Marganda Simamora Terpilih Sebagai Dokter Teladan


Mewujudkan visi “masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat” telah ditetapkan empat strategi
yaitu menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat. Meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan berkualitas. Meningkatkan sistem surveilans, monitoring dan informasi kesehatan serta meningkatkan pembiayaan kesehatan. Demikian kata sambutan Menteri Kesehatan RI Dr dr Siti Fadilah Supari SpJP (K) yang dibacakan Wakil Bupati Humbahas Drs M Manullang pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-42 di Tanah Lapang Merdeka Doloksanggul Humbahas, Rabu (15/11).

Turut hadir dalam KHN itu Wakapolres Humbahas AKP Ahmad Zaini, Danramil Doloksanggul Kapten Inf Humbahas Gultom, Ketua KNPI Humbahas Drs Binsar Purba, anggota DPRD Humbahas Drs Aslin Simamora, Plt Sekdakab Martuaman Silalahi SH, Ketua TP PKK Humbahas Ny Maddin Sihombing Br Napitupulu, Kadis Kesehatan dr Pangihutan Simatupang M.Kes, Kepala Bank Sumut Doloksanggul M Silitonga dan lainnya.

Thema HKN ke-42 “Melalui Desa Siaga, Rakyat Sehat”. Desa siaga merupakan salah satu sasaran strategi departemen kesehatan dimana  akhir tahun 2008 seluruh desa menjadi desa siaga. Desa siaga adalah desa yang memiliki kesiapan sumber daya serta kemauan dan kemampuan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana dan  gawatdarurat kesehatan secara mandiri. Desa yang dimaksud dapat berarti kampung, nagari atau istilah-istilah lain yang dianggap sepadan. Sedangkan yang bertugas mengembangkan Desa Siaga adalah Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) yang berasal dari masyarakat setempat.  Selain memiliki tugas pelayanan Poskesdes juga bertugas merevitalisasi Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat (UKBM) lainnya seperti Posyandu, warung obat desa, ambulan desa, kelompok pemakai air dan koperasi jamban. Pelaksanaan HKN di Humbahas semakin semarak dengan hadirnya koor dari Akbid Kesehatan Baru Doloksanggul.

Kadis Kesehatan dr Pangihutan Simatupang M.Kes melaporkan berbagai kegiatan telah dilaksanakan dengan perlombaan dan penilaian yang berkaitan dengan kesehatan.   Kegiatan itu penetapan dokter teladan, para medis puskesmas, tenaga gizi, bidan desa teladan dan lainnya.

Dokter teladan I tahun 2006 Kabupaten Humbahas adalah Kepala Puskesmas Matiti Doloksanggul dr Tahan Marganda Simamora, teladan II Dokter Puskesmas Matiti dr Lusianna Silaban dan teladan III Dokter Puskesmas Pakkat dr Edward Situmorang. Para medis Puskesmas Teladan 2006 Humbahas yaitu Kepala Puskesmas Pakkat Polora Napitupulu terpilih sebagai teladan I,  Kepala Pustu Tipang Baktiraja Dimpu Sihombing teladan II dan Kepala Pustu Bonandolok Sijamapolang Binsar Manalu sebagai teladan III. Tenaga gizi teladan 2006 Humbahas yaitu staf Puskesmas Matiti Doloksanggul Pindan Sidabutar sebagai teladan I, staf Puskesmas Matiti Rotua Sirait sebagai teladan II dan staf Puskesmas Pakkat Luspen R Tambunan sebagai teladan III.  Bidan Desa teladan yaitu Bidan Polindes Sihonongan Paranginan  Sariati Siburian sebagai teladan I, Bidan Polindes Pasaribu Doloksanggul Elparida Ambarita teladan II dan Bidan Polindes Sibongkare Kecamatan Tarabintang Dame Sidabutar sebagai teladan III.

Balita sehat tahun 2006 sebagai juara I Gloria Sihombing (1,6 bulan) dari Kecamatan Lintongnihuta, juara II Nova Sagala (2,6) dari Kecamatan Onanganjang dan juara III Pedro Purba (2,4) dari Baktiraja. Bayi sehat tahun 2006 Humbahas yaitu juara I Friston Lumbangaol (7 bulan) dari Sijampalang, juara II Michael Munthe (8) dari Doloksanggul dan juara III Rey Geonardi Hutasoit (7) dari Kecamatan Lintongnihuta.  Lomba Kader tahun 2006 juara I dari Sijamapolang, juara II dari Onanganjang dan juara III dari Lintongnihuta.

Lomba kecamatan GSI (Gerakan Sayang Ibu) tahun 2006 yaitu juara I dari Kecamatan Pollung, juara II Onanganjang dan juara III Kecamatan Doloksanggul. Lomba UKS SD dan SMP tingkat Kabupaten yaitu juara I Hardi Silaban dari Sijamapolang, juara II Drs Sanggam Lumbangaol dari Pollung dan juara III Linda Sitohang dari Tarabintang. Lomba Posyandu tingkat Kabupaten yaitu juara I Puskesmas Bonandolok Sijamapolang, juara II Puskesmas Onanganjang dan juara III Puskesmas Sigompul Kecamatan Lintongnihuta. Usai pelaksanaan HKN dilanjutkan dengan resepsi dan pengarahan dari Wakil Bupati Humbahas Drs M Manullang.
Sumber : (RHS/n) Harian SIB, Dolok Sanggul


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “Kepala Puskesmas Matiti Tahan Marganda Simamora Terpilih Sebagai Dokter Teladan”

  1. Tanggapan Riand Marbun:

    Salute untuk Pak Dokter Simamora.
    Pola pikir masyarakat matiti terhadap sektor kesehatan boleh dibilang cukup rendah. Tetapi dengan ditempatkannya tenaga tenaga terampil dan punya jurus pendekatan terhadap warga disana, niscaya desa matiti akan menjadi desa yang bersih, peduli lingkungan sehat dan nyaman
    Pendekatan kepada warga melalui raja adat atau koloni gereja perlu ditekan lagi.

    Sekali lagi “Salut Untuk Pak Simamora”

    Riand Leo Marbun
    Putra Matiti di Perantauan

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.