Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
15
Nov '06

HKBP New York - Juara I “Asian Gospel Song Contest”


Masyarakat Batak di New York dan sekitarnya boleh berbangga hati karena lagu gospel berbahasa batak “Arbab” berhasil membawa group lagu dari HKBP-NY meraih peringkat I pada Asian Gospel Song Contest yang di adakan untuk pertama kalinya oleh Gereja-Gereja Asia yang berada di Metropolitan New York Synod, Evangelical Lutheran Church in America (E.L.C.A).

Contest yang diselenggarakan pada tanggal 29 Oktober 2006 lalu, bersamaan dengan peringatan Minggu Reformasi dan sekaligus peringatan ulang tahun Gereja Reformation Lutheran Church di Brooklyn yang bertindak sebagai tuan rumah, tampak dipadati oleh jemaat dari berbagai ragam budaya Asia. Hadir juga dan bahkan bertindak sebagai Master of Ceremony, Mrs Lily R. Wu, Assistant to the Bishop for Immigrant Outreach (Asian) dari Metropolitan New York Synod.

Contest diramaikan oleh 8 group wakil dari gereja-gereja Asia yang berada di Metropolitan New York Synod. Pada babak pertama masing-masing group diwajibkan membawakan satu buah lagu berbahasa Inggris (yang harus dilantunkan juga dalam versi bahasa asli masing-masing kontestan) dan satu buah lagu berbahasa asli daerah asal/kebangsaan pada babak kedua.

Tidak pernah terpikirkan oleh muda-mudi HKBP-NY sebelumnya untuk mengikuti kontes lagu gospel bertaraf Internasional. Terlebih dengan jumlah jemaat yang bisa dikatakan masih sedikit, dan keterbatasan waktu pertemuan membuat muda-mudi HKBP kurang ‘pede’ untuk mengikuti kegiatan-kegiatan rohani di luar gereja. Atas saran dan dukungan Bapak Pdt. Samuel Silaban, MTh. selaku Pendeta HKBP-NY lah maka para pemuda HKBP-NY dengan modal keyakinan dan ‘nekat’ akhirnya mengirimkan 2 delegasi-nya untuk berlomba di- kontes tersebut.

Kenekatan itu juga-lah yang tidak disangka-sangka membuahkan hasil. Terbukti, lagu-lagu yang dibawakan dengan modal latihan hanya satu kali seminggu selama dua bulan terakhir, cukup meyakinkan para Juri untuk memberikan penilaian tertinggi bagi group trio wanita yang terdiri dari Esra Silitonga, Kamala Huturuk dan Renata Simanjuntak di dukung oleh Mary Pasaribu yang bermodalkan Keyboard dan Juliann Limbong dengan biolanya serta ‘ARBAB’ sebagai lagu pilihan mereka. Untuk perolehan sebagai juara pertama team ini berhak membawa pulang cek sebesar $1000 sebagai penghargaan dari penyelenggara dalam hal ini diorganisir oleh Pastor Jonathan Shin ( Reformation Lutheran Church, Brooklyn).

Kemenangan tersebut tidak hanya membawa kebanggan tersendiri bagi gereja-gereja Indonesia di New York khususnya, tetapi juga sebagai ajang untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia luar. Dan kiranya untuk waktu yang akan datang, tidak hanya HKBP-New York, tetapi masyarakat Indonesia di Amerika dapat menunjukan bahwa bangsa kita dengan ragam budaya-nya bisa berpretasi di taraf internasional

Sumber : (Evelyn Silitonga) Indonesia Media, New York 


Ada 2 tanggapan untuk artikel “HKBP New York - Juara I “Asian Gospel Song Contest””

  1. Tanggapan Iwan Sirait:

    Syaloom !…….
    Selamat,semoga kalian lebih semangat lagi dengan kemenangan yg tak terduga ini.Ini bukti kebesaran Tuhan akan keinginan kalian untuk tampil dan sekaligus memperluas kerajaan Allah di bumi ini.God Bless U All.(Iwan Sirait/NHKBP Kramat Jati,Jakarta Timur)

  2. Tanggapan rinaldi hutauruk:

    Syalom,selamat siang,salam sejahtera bagi kita semua.Prestasi yang membanggakan telah berhasil di capai oleh masyarakat batak.Tapi tolong agar penulisan marga tidak salah.Terimakasih

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.