Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Jumat
3
Nov '06

MUI dan Masyarakat Taput Salut atas Inisiatif Kajari Tarutung


MUI sangat bangga atas inisiatif Kajari Tarutung melaksanakan halal bi halal ini. Saling memaafkan merupakan suatu moment yang sangat hakiki untuk menjalin kebersamaan seluruh komponen masyarakat Bonapasogit. Kerukunan antar umat beragama terjalin baik di Bonapasogit (Taput dan Humbahas). Suasana seperti ini harus terus dipertahankan ke depan. Antara MUI dengan BKAG Taput juga sangat harmonis. Hal itu dikemukakan Ketua MUI Taput HMT Simorangkir pada acara Halal Bi Halal yang diselenggarakan Kejari Tarutung di Sopo Partungkoan Tarutung, Rabu (1/11).

Halal bi halal yang pertama sekali dilaksanakan itu, dihadiri Bupati Taput Torang Lumbantobing, Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi, Wakil Bupati Taput Drs Frans A Sihombing MM, Ketua DPRD Taput FL Fernando Simanjuntak SH MBA, Ketua DPRD Humbahas Bangun Silaban SE, Kapolres Taput AKBP Drs Eko Sukriyanto, Kapolres Humbahas, Ketua Pengadilan Negeri Tarutung Saur Sitindaon SH MH, Kajari Balige, Dandim 0210 TU Letkol Inf Martua Sihotang SIP, Sekdakab Taput Drs Sanggam Hutagalung MM, PL. Sekdakab Humbahas, alim ulama, para pendeta, para pejabat dari Pemkab Taput dan Humbahas.
Ketua MUI Taput HMT Simorangkir menyebut, ada anekdot orang Batak “Hau Najonok do marsiososan” (Kayu yang dekat saling bergesekan). Jadi kalaupun ada gesekan yang positif berupa kritikan merupakan motivasi bagi penyelenggara pemerintahan dalam melaksanakan tugasnya demi kemajuan pembangunan daerah bonapasogit. Kita harus lapang dada menerima kritikan, ujar HMT Simorangkir.

Ketua BKAG Taput Pdt Martin Hutabarat STh menyebut, sangat tepat moment halal bi halal dijadikan sebagai perajut kebersamaan antar umat beragama di bonapasogit. Kerukunan antar umat beragama di dua Kabupaten ini sangat terjalin dengan baik. Pada perayaan natal oikumene bulan Desember 2006 ini, kami undang MUI Taput, ujarnya. Bupati Taput Torang Lumbantobing dalam sambutannya mengatakan, acara halal bi halal harus terus ditingkatkan ke depan untuk merajut kebersamaan dalam membangun bonapasogit ke arah yang lebih cerah.

“Lebih baik mencegah daripada mengobati. Ini sudah dilaksanakan Kejari Tarutung dengan melakukan penyuluhan-penyuluhan hukum di Taput. Gebrakan itu, sebagai upaya murni untuk mencegah adanya kekurangan-kekurangan di Pemkab Taput. Kami mengucapkan terimakasih kepada Kajari Tarutung,” ujar Torang Lumbantobing.

Secara khusus Bupati Taput menyampaikan Minggu depan, Muspida dan Pemkab Taput akan berkunjung ke Kabupaten Humbahas sebagai anak yang dimekarkan. Humbahas dan Taput masih tetap satu, hanya administrasi saja yang memisahkan, ujar bupati Taput.

Sementara Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing mengatakan, merasa terharu dan bangga akan acara halal bi halal yang merupakan wujud nyata bahwa di Taput dan Humbahas terlihat secara jelas kerukunan antar umat beragama. Tanpa melihat suku dan ras, kita satu kesatuan. Baru kali ini ada diadakan halal bi halal di dua kabupaten secara bersama. Kalau suasana seperti ini terus ditingkatkan maka provokator-provokator akan sulit menembus daerah Bonapasogit, ujar Maddin Sihombing.

Kajari Tarutung Widodo Basuki SH menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri dan terimakasih atas kehadiran para undangan dari dua Pemkab, tokoh agama, masyarakat, adat. Maksud dan tujuan menyelenggarakan halal bi halal ini adalah dorongan semata dari keluarga besar Kejari Tarutung untuk mengakui kesalahannya. Atas kondisi pekerjaan kami dalam konteks tugas sebagai Jaksa di dua Kabupaten ini tidak luput dari kekurangan. Sudah lama ada niat untuk mengundang dua Kabupaten ini sebagai wilayah kerja Kejari tarutung. Tiada kata yang lebih indah selain memaafkan dan mensyukuri karunia Allah SWT, ujar Widodo Basuki.

Acara halal bi halal itu, dirangkai dengan hiburan yang menampilkan group nasyid Hikmah PKM (Persatuan Kaum Muslim) Tarutung dan Nasyid Polres Taput. Ceramah oleh Ketua Pengadilan Agama (PA) Tarutung Drs Almihan SH.MHum.

Sumber : (G4/k) Harian SIB, Tarutung


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.






Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel sebelumnya :
   » » IKSI Luncurkan Kumpulan Cerpen Mahasiswa UI

Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel selanjutnya :
   » » Sudirman-Thamrin case to resume