Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
21
Okt '06

Arus Mudik Meningkat


Prediksi peningkatan arus mudik pada H-4 benar-benar terjadi. Kemarin, aliran pemudik terus masuk dan memadati Pelabuhan Kamal. Hal itu terlihat dari penumpang pejalan kaki yang keluar kapal feri membawa tas dan memanggul dus. Sedangkan pengendara motor membawa barang bawaan cukup banyak.

Selain itu, aliran pemudik jarak jauh juga tampak. Seperti banyaknya mobil pribadi berplat nomor polisi Jakarta, Semarang, Solo, dan kendaraan di luar Jatim. Demikian juga bus antarkota antarpProvinsi (AKAP) dan bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dipadati penumpang.

“Kalau hari ini (kemarin, Red) mulai padat. Kami dapat informasi dari Ujung (Surabaya, Red) memang mulai tampak peningkatan penumpang,” kata Aiptu Silaban, ketika dikonfirmasi koran ini, di sela-sela mengatur arus lalulintas di Pelabuhan Kamal, kemarin.

Karena volume penumpang mulai padat, petugas gabungan yang berada di pos pantau pelabuhan mulai turun ke lapangan. Baik petugas dari kepolisian, provos TNI AL, dan dari Kodim 0829 Bangkalan berjaga di mulut dermaga untuk mengatur bongkar muat kendaraan.

Menurut informasi terakhir, pukul 16.00, kondisi di pelabuhan semakin padat. Bahkan, di Dermaga Ujung sempat terjadi penumpukan kendaraan roda dua yang hendak menyeberang ke Madura.

Melihat kondisi itu, pihak PT ASDP mulai menyiapkan 2 armada tambahan. Jika hari biasa dioperasikan 12 unit kapal, kemarin mulai disiapkan 2 kapal tambahan yang hendak dioperasikan di dermaga plengsengan.

“Karena kepadatan kendaraan roda dua tidak berlangsung lama, tambahan 2 kapal tidak jadi dioperasikan. Tapi, 2 kapal itu tetap stand by di Ujung,” kata Silaban saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya.

Diprediksi, penambahan jumlah penumpang semakin meningkat mulai hari ini hingga hari H Lebaran. Biasanya, pada rentang waktu tersebut, pemudik jarak dekat mulai berjubel masuk ke Madura. Biasanya, kendaraan roda dua akan mendominasi arus mudik.

Sumber : (tra) Jawa Pos


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.