Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
18
Sep '06

Masyarakat Humbahas Datangi Kanwil Depag Sumut


Perwakilan Masyarakat Kabupaten Humbahas (Humbahas) yang tergabung dalam Organisasi Keagamaan Kristen, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan dan elemen-elemen masyarakat lainnya, mendatangi Kantor Wilayah Departemen Agama (Kanwil Depag) Sumatera Utara di Jalan Gatot Subroto Medan, Kamis (14/9).

Kedatangan perwakilan masyarakat kabupaten Humbahas untuk meminta kepada Kakanwil Depag Sumatera Utara agar mempertimbangkan kembali pengangkatan Kepala Kantor Departemen Agama (Kakandepag)  Kabupaten Humbahas atas nama Drs Johari Efendy Samosir, karena terkesan dipaksakan dan tidak memihak kepada aspirasi masyarakat Humbahas. Kedatangan perwakilan masyarakat Humbahas di Kanwil Depag Sumut diterima langsung  Kakanwil Depag Sumatera Utara Drs HZ Arifin Nurdin SH di ruang kerjanya dengan penuh keramahan dan persaudaraan.

Dalam pertemuan itu, para perwakilan masyarakat Humbahas yang diwakili Cristofel Simamora, Pdt Julasmer Silaban STh, menyampaikan sejumlah aspirasi masyarakat Humbahas  di antaranya agar dipertimbangkan pengangkatan Drs Johari Efendy Samosir sebagai Kepala Kantor Departemen Agama Humbahas telah dilantik Kakanwil Depag Sumut. Dan memohon kiranya Kakanwil Depag Sumut mengangkat Kakandepag  dari penganut agama Kristen dimana masyarakat Humbahas diketahui 98 persen penganut agama Kristen.
Sementara itu, Sanco Simanullang ST MT  perwakilan masyarakat yang ikut dalam pertemuan itu menilai, Depag khususnya Kakanwil menempatkan stafnya pada “the wrong man in the right place”. Hal itu dikarenakan Humbahas mayoritas agama Kristen.

Sementara itu dalam tanggapannya, Kakanwil Depag Sumut  Drs HZ Arifin Nurdin SH,  mengatakan, pelantikan Kakandepag Humbahas itu berdasarkan SK Menteri Agama RI, jadi pihaknya hanya menjalankan dan mengamankan SK Menteri tersebut. Dan kepada Kakandepag Humbahas harus menjalankan tugasnya untuk  berdiri diatas semua agama, dan tidak memihak, tetap menjalankan tugasnya untuk  menjaga kerukunan beragama, melayani penyuluhan agama dan pendidikan agama.

Sementara untuk mengganti Kakandepag Humbahas yang baru dilantik, menurut Drs HZ Arifin Nurdin SH, hal itu tidak mudah karena tidak ada pengangkatan 2 jabatan. Untuk itu diminta masyarakat mau menerimanya dan ia berjanji akan tetap mengevaluasi kinerja Kakandepag Humbahas.

Pertemuan perwakilan masyarakat Humbahas dengan Kakanwil Depag Sumut berakhir sekira pukul 16.30 WIB dengan saling salam-salaman. Perwakilan masyarakat Kabupaten Humbahas yang  hadir Ir R Simamora ketua GAMKI Humbahas, Drs Eben Nezer Simamora ketua Forum Peduli Humbahas.

Drs Pantas Silaban MBA, tokoh Pemuda Kristen Humbahas, Drs Pasaman Silaban MBA tokoh pendidikan Humbahas. Sanco Simanullang ST MT,pengamat sosial politik Humbahas, Jadi Pane Spd, Sekretaris DPD GAMKI Sumatera Utara, Pdt Julasmer Silaban STh, Pendeta asal Humbahas, Demak Silaban SH dan Sorta Siagian, dari untur wanita Kristen, Sihar Gurning GAMKI Korwil I Sumut Aceh dan Pantas Simamora SH, Praktisi Hukum berasal dari Humbahas.

Sumber : (C5/C13/u) Harian SIB, Medan


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “Masyarakat Humbahas Datangi Kanwil Depag Sumut”

  1. Tanggapan Rahasia:

    Menurut aku itu bukan sebuah permasalahan yang pentingkan kinerjanya bagus. lagi pula dihumbang hasundutan belum ada pemimpin yang beragama Islam. Memang masyarakatnya mayoritas beragama kristen tapi bukan berarti pemimpinya harus beraga kristen.hal seperti itu sama saja menyudutkan masy. yang beragama Islam. Bupatikan udah beragama kristen? seharusnya dalam hal seperti ini tidak lagi mempermasalahkan agama yang penting adil, arif dan bijaksana. kecuali Kakandepag tersebut lari dari ketentuan yang berlaku siapapun pasti tidak akan terima.

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Jamsostek akan direformasi total
Artikel selanjutnya :
   » » Jembatan Petekan: “Ophaalbrug” yang Telantar