Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
14
Sep '06

PP Ketenagakerjaan diminta terbit tahun ini



Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mendesak pemerintah segera menerbitkan PP Ketenagakerjaan paling lambat akhir tahun ini mengingat minimnya minat investor di sektor padat karya.

Sekjen Apindo Djimanto mengatakan arsitektur dalam UU No.13/2003 tentang Ketenagakerjaan yang tumpang tindih harus segera diakomodasi melalui PP Ketenagakerjaan.

“Arsitektur dari UU No. 13/2003 memungkinkan pengupahan dan biaya pemutusan hubungan kerja kontraproduktif dengan neraca perusahaan yang bergerak di industri padat karya. Dengan arsitektur itu, jika makin banyak merekrut pekerja, pengusaha justru makin pusing,” ujar Djimanto dalam Forum Konsultasi dan Komunikasi Dewan Pengupahan, Selasa.

Dia menambahkan PP Ketenagakerjaan juga harus memiliki penegakan hukum yang kuat terhadap pengusaha dan pekerja. Permasalahan yang harus diatur dalam PP Ketenagakerjaan, lanjutnya, meliputi alih daya, rekrutmen dan pemutusan hubungan kerja (PHK) serta masalah pengupahan.

“Outsourcing seharusnya tidak dibatasi antara pekerjaan inti dan bukan, tapi seharusnya easy hired [mudah dipekerjakan] dan easy fired [mudah terkena PHK]. Dari seluruh negara Asean, hanya Indonesia yang mengharuskan izin dari pemerintah bila ada lay-off [PHK].”

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Rekson Silaban mengatakan serikat buruh bersikap terbuka terhadap rencana pemerintah menerbitkan PP Ketenagakerjaan.

“Pada dasarnya UU No. 13/2003 juga merekomendasikan bahwa harus ada PP agar aturan tersebut menjadi lebih konkret. Kami pada dasarnya menyambut baik rencana ini.”

Sementara itu, Mennakertrans Erman Suparno mengatakan pada 15 September nanti, pemerintah akan meminta rekomendasi dari tiga konfederasi serikat pekerja dan serikat buruh guna penyusunan PP ketenagakerjaan.

“Ini bagian dari pengumpulan aspirasi dari tripartit. Setelah itu, kami akan bertemu dengan asosiasi pengusaha.”

Sumber : (Sylviana Pravita R.K.N.) Bisnis Indonesia, Jakarta via i-Library


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » UU Ketenagakerjaan Batal Diganti PP Ketenagakerjaan

Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel selanjutnya :
   » » Rinot Lumbantoruan Tewas Tabrak Lari di Lintongnihuta