Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Jumat
8
Sep '06

Camat Drs Lamhot Hutasoit : Kecamatan Lintongnihuta Terkenal dengan “Lintong Coffe”


Sesuai dengan vegetasi bahwa sebagian besar wilayah Kecamatan Lintongnihuta Kabupaten Humbahas terdiri atas perkebunan rakyat yang ditanami dengan kopi, jeruk serta hutan yang ditumbuhi pinus dan kemenyan. Sementara persawahan ditanami padi lokal pola satu kali tanam. Tanah-tanah yang ditumbuhi lalang dipergunakan sebagai makanan ternak besar, kerbau dengan tingkat populasi yang sangat baik. Kecamatan Lintongnihuta terkenal dengan kopi ateng (kopi sigarar utang) atau lebih terpopuler disebut dengan “lintong coffee”.

Demikian paparan Camat Lintongnihuta Drs Lamhot Hutasoit, Rabu (6/9) dalam rangka penilaian kecamatan terbaik tingkat Propinsi Sumatera Utara. Lintongnihuta, salah satu kecamatan pilihan terbaik di Kabupaten Humbahas. Dijelaskan, penduduk Lintongnihuta mayoritas di huni suku Batak Toba yang masih bersifat homogen dengan jumlah penduduk 25.723 jiwa di 12 desa. Turut hadir dalam acara itu Wakil Bupati Humbahas M Manullang, Kadis Kesehatan dr Pangihutan Simatupang M Kes, Kabag Tapem Drs Onggung Silaban, tokoh masyarakat Lintongnihuta KKJ Lumbantoruan, St Mula Sihombing, Marulak Sihombing dan lainnya. Sedangkan tim penilai kecamatan terbaik dari Pempropsu yaitu Drs Pangara Ritonga selaku ketua, Dra Bungaria Siahaan, Salamuddin Daulay SH, Drs Effendy Silalahi, Drs Sofian Ansari Hasibuan dan Karolyn Simanjuntak SH.

Drs Pangara Ritonga menjelaskan, tujuan kunjungan ke Kabupaten Humbahas untuk melakukan penilaian, sebab Lintongnihuta salah satu kecamatan terbaik di Humbahas yang akan turut dalam penilaian penyisihan kecamatan terbaik tingkat Propinsi Sumut.

Secara terpisah, masyarakat Lintongnihuta menjelaskan kepada SIB, bahwa “lintong coffee” atau kopi lintong terkenal di Humbahas ketika mantan Menperindag Rni MS Soewandi pernah berkunjung ke Kecamatan Lintongnihuta tahun 2002 lalu. Kebanggaan masyarakat daerah Lintongnihuta akan potensi alamnya semakin nyata setelah Rini MS berkunjung untuk menyaksikan langsung kopi lintong.

Sumber : (RHS/y) Harian SIB, Dolok Sanggul


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “Camat Drs Lamhot Hutasoit : Kecamatan Lintongnihuta Terkenal dengan “Lintong Coffe””

  1. Tanggapan Johannes hutasoit:

    Sebagai putra batak marga hutasoit saya bangga dengan Kecamatan Lintongnihuta penghasil komuditi yang beragam, namun beberapa kali saya berkunjung kedaerah lintung nihuta kurang lebih 3 tahun berturut-turut terakhir tahun 2008, perkembangan daerah Lintongnihuta lambat tidak mengalami perubahan yang mendasar baik infrakstruktur demikiana juga dengan kependudukan dalam hal SDM.

    Johannes Hutasit,SE

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.