Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Jumat
1
Sep '06

Jamsostek - Dividen Pemerintah Akan Diredistribusi



Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Pemerintah berencana mengembalikan dividen yang diperoleh dari PT Jamsostek (Persero). Dana tersebut selanjutnya akan dipakai untuk pengelolaan dana jaminan sosial nasional.

“Ke depan, kalau Jamsostek sudah menjadi BUMN wali amanah, tuntutan dividen untuk pemerintah akan dikurangi. Pemerintah juga berencana meredistribusi dividen kepada pekerja yang jadi peserta Jamsostek,” kata Menteri Negara BUMN Sugiharto, Kamis (31/8) di Jakarta.

Saat ini 50 persen dari dividen Jamsostek dikembalikan lagi untuk memperkuat dana jaminan hari tua (JHT) sebesar Rp 315 miliar. Laporan keuangan Jamsostek tahun 2005 menyebutkan, dividen yang diterima pemerintah sebesar Rp 220 miliar.

Menurut Direktur Utama Jamsostek Iwan Potjowinoto, sebenarnya sudah beberapa tahun belakangan ini, di samping memberikan hasil pengembangan (bunga) atas iuran JHT dari peserta, Jamsostek juga memberikan dividen sebesar 50 persen dari laba usaha. Sekitar 10 persen dari laba usaha digunakan untuk program kemitraan bina lingkungan dan dana peningkatan kesejahteraan peserta. Pemerintah hanya dapat dividen rata-rata 25 persen.

Menyiapkan strategi

Menurut analis ekonomi Yanuar Rizki, pemerintah seharusnya menyiapkan rencana strategis pelaksanaan jaminan sosial nasional yang kuat. Dengan cara turut membayar premi untuk kesejahteraan pekerja, jadi ada keterlibatan tripartit dalam iuran jaminan sosial.

Ketua Umum Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (K-SBSI) Rekson Silaban mengatakan, Jamsostek harus segera mengubah pengelolaan dana JHT yang tertutup. Jamsostek harus segera menerapkan sistem wali amanat dalam manajemennya sehingga penempatan investasi JHT dapat menguntungkan peserta. Saat ini Jamsostek mengelola dana JHT sebesar Rp 33,5 triliun dengan cadangan teknis Rp 3,16 triliun. Hasil investasi tahun buku 2005 diperoleh sebesar Rp 2,3 triliun.

Sumber : (ham) Harian Kompas, Jakarta


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.






Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel sebelumnya :
   » » Legenda Simardan - Durhaka Kepada Orang Tua, Berubah Wujud Menjadi Pulau

Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel selanjutnya :
   » » Fasilitas Baru di Museum Sumatera Utara