Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
19
Agt '06

Festival Trio Dan Kesenian Daerah Memperebutkan Piala Bupati Tapteng


Festival trio dan kesenian daerah memperebutkan piala Bupati Tapteng yang dilaksanakan Dewan Kesenian daerah (DKD) dan KNPI Tapteng di Pantai Indah Kalangan, Kamis (17/8) diikuti 13 peserta dan masing-masing peserta membawakan lagu wajib “Tapteng Nahumaliang “

Dari babak penyisihan yang dilakukan, terpilih 8 peserta yang berhasil memasuki babak final masing-masing  trio Marsada Pasir Bidang, trio Andesbol Tukka, dan trio  Tapian Nauli (untuk kategori umum). Sedangkan untuk kategori pelajar, SMA Matauli A, SMA Matauli B, SMA Swasta Fransiskus, SMA Sorkam dan SMA Kolang.

Partai final menjadi salah satu hiburan menarik bagi para pengunjung di Pantai Indah Kalangan yang melakukan kunjungan wisatanya di lokasi tersebut. Berdasarkan pertimbangan dewan juri, terpilih sebagai pemenang untuk kategori umum trio Andesbol, disusul juara kedua dan ketiga trio Tapian Nauli dan trio Marsada Pasir Bidang. Sementara untuk pelajar, juara pertama SMA Sorkam, juara kedua Swasta Fransiskus dan SMA Matauli A.

Para pengunjung juga dihibur dengan berbagai lomba dan joget yang “mengocok perut” para penonton,  dipandu  MC ketua KNPI Imam Safe’i  Simatupang.
Sekretaris panitia Hisar Silaban SPd kepada wartawan menjelaskan, festival trio dan kesenian daerah dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-61 di Tapteng , sekaligus mensosialisasikan program pembangunan Tapteng yang terang seluruhnya dalam isi lagu “Tapteng Nahumaliang”.
Panjat Pinang di Atas laut

Semarak HUT RI ke-61 tahun 2006, Kamis (17/8) di Kabupaten Tapteng ditandai dengan pertandingan dan  lomba yang dilakukan berbagai  elemen di masyarakat, baik itu OKP, Ormas, Karang Taruna, instansi/jawatan  sampai ketingkat Kelurahan /desa di Kabupaten Tapteng.
Lomba yang dipertandingkan   meliputi, panjat pinang, sepak bola kefm, sepak bola memakai pakaian wanita, sepak bola ibu-ibu, ketangkasan anak-anak, lomba tarik tambang, dan berbagai lomba yang menjadi  tradisi tahunan dimasyarakat disetiap peringatan HUT RI yang diperingati masyarakat  setiap tahunnya.

Menariknya, dari berbagai lomba yang di pertandingkan dalam menyemarakkan HUT RI ke-61 di Tapteng , salah satu di antaranya panjat pinang di atas  laut yang dilaksanakan KNPI Tapteng di pantai Indah Kalangan. Bagi para peserta panjat pinang   merupakan suatu daya tarik tersendiri , sebab  bila tidak sampai pada puncak pinang, bisa langsung berenang di laut.

Pengamatan wartawan, diberbagai lokasi wisata pantai di Tapteng seperti pantai Indah Kalangan, Pantai Pandan, Pantai Binasi Sorkam, Pantai Tapian Nauli selalu dipadati para pengunjung yang datang dari berbagai Kecamatan/desa di Tapteng dan luar kota seperti dari Tapsel.

Arus lalu lintas di sepanjang jalan menuju berbagai lokasi pantai di Tapteng menjadi sedikit macet. Namun, secara keseluruhan arus lalu lintas dari dan menuju  Tapteng  dapat terkendali dan lancar sebagaimana dikemukakan  Kasat Lantas Polres Tapteng AKP Drs Natanael  Panjaitan kepada wartawan via telepon selulernya Kamis sore.
Sumber : (TPT/i) Harian SIB, Tapteng


Ada 3 tanggapan untuk artikel “Festival Trio Dan Kesenian Daerah Memperebutkan Piala Bupati Tapteng”

  1. Tanggapan MALUDIN TAMBA:

    kenapa lagu-lagu masa-masa opera tidak dikembangka lagi? inilah yang sering menjadi pertanyaan para tua-tua sekarang. sekian dan terima kasih.semoga tanggapan ini dikabulkan.

  2. Tanggapan Charly Silaban:

    Untuk pengembangan kayaknya memang dalam kondisi stagnan. Namun lagu2 opera baik lagu lama maupun baru sesekali masih dikeluarkan album rekamannya. Silahkan hunting di toko-toko kaset / CD terdekat di kota Anda.

    Fenomena tidak adanya pengembangan musik2 tradisional bukan hanya melanda musik batak namun hampir semua musik tradisional di nusantara. Yang bisa survive dan berkembang hanyalah musik2 yang dari dulu diarsipkan dengan baik. Sementara kita tau, untuk musik batak, semuanya serba lisan.

  3. Tanggapan raphael harianja:

    horas ma di hita saluhut ,gimana ngedownload lagu marsada dengan gampang, apa ga ada di format di web ini ? tolong , agar kiranya di buat .

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.