Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
16
Agt '06

DPRD Dairi Menerima Rancangan Perhitungan APBD TA 2005


Meski sejumlah dokumen pendukung dalam pembahasan perhitungan APBD TA 2005, tidak dilengkapi oleh eksekutif, namun seluruh fraksi DPRD Dairi menyatakan menerima Rancangan Perhitungan APBD Dairi TA 2005 ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Fraksi Golkar, PDIP, Gabungan Kerakyatan dan PDS dalam pendapat akhirnya menyatakan menerima Rancangan Perhitungan APBD TA 2005 untuk ditetapkan sebagai Perda dalam rapat paripurna lanjutan di gedung dewan, Senin (14/8) yang dipimpin Ketua DPRD Dairi Leonard S Samosir BA. Namun hampir seluruh fraksi menerima dengan memberikan catatan dan saran-saran kepada eksekutif.

Fraksi Golkar dalam pendapat akhirnya yang dibacakan Parlindungan Silaban SSos antara lain menyarankan kepada eksekutif agar dalam mengikuti rapat-rapat fraksi maupun komisi di DPRD Dairi supaya lebih dahulu melengkapi dan membawa dokumen yang dibutuhkan.

Penempatan pejabat di jajaran Pemkab Dairi juga diharapkan dilakukan dengan sistem “Fit and Proper Test” atau dengan kata lain apabila diperlukan supaya lebih dahulu konsultasi dengan eksekutif.
Sementara itu, Fraksi PDIP dalam pendapat akhirnya yang disampaikan Arson Sihombing antara lain menyarankan kepada Pemkab Dairi dengan sesegera mungkin untuk menampung aspirasi masyarakat tentang pemekaran desa maupun kecamatan sebagai upaya meningkatkan dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Fraksi Gabungan Kerakyatan yang disampaikan Bernard Meka menyatakan perlunya penelitian yang lebih mendalam menyangkut perolehan jasa giro yang dinilai sangat minim dibanding tahun lalu.
Kepada eksekutif juga dimintakan pada masa mendatang untuk melengkapi segala dokumen yang berkaitan dengan pembahasan APBD, serta perlunya penanganan program pengamanan aset daerah.
Sedangkan Fraksi PDS dalam pendapat akhirnya yang disampaikan Benito Lumbagaol mengharapkan agar eksekutif melakukan pendataan secara pasti terhadap keseluruhan aset Pemkab Dairi, karena ditemukan beberapa aset yang sudah beralih penggunaannya oleh orang-orang yang tidak ada kaitannya terhadap mantan pejabat di Kabupaten Dairi.

Kepada Bagian Keuangan Fraksi PDS juga menyarankan agar lebih transparan dalam pengelolaan belanja publik Rp 8,9 miliar khususnya pada biaya tak tersangka Rp 4,6 miliar lebih untuk diuraikan secara rinci.
Rincian Ranperda Perhitungan APBD Dairi TA 2005 yang ditetapkan menjadi Perda adalah pendapatan yang terdiri dari PAD, Dana Perimbangan dan lain-lain pendapatan yang sah dengan total Rp 192,2 miliar lebih dari target Rp 189,3 miliar lebih dan belanja yang terdiri dari belanja aparatur Rp 131 miliar lebih dari target Rp 173,1 miliar dan belanja publik Rp 65,9 miliar lebih dari target Rp 67,1 miliar lebih.
Hadir dalam rapat paripurna tersebut Wakil Bupati Dairi Johnny Sitohang dan unsur Muspida serta para pejabat di jajaran Pemkab Dairi, tokoh masyarakat dan agama serta pemuda.

Sumber : (B1/v) Harian SIB, Sidikkalang


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “DPRD Dairi Menerima Rancangan Perhitungan APBD TA 2005”

  1. Tanggapan sum manullang:

    saya sangat kecewa dengan apa yang terjadi di dairi saat ini. dimana perkembangan daerah terjadi dimana-mana,namun kita masih jalan ditempat. yang terdengar adalah isu-isu mengenai korupsi,namun tak pernah ada kejelasan. penanganan masalah2 yang tidak ada solusi.DPR diduga menyeludupkan dana apbd namun tidak ada kepastian hukum. pedagang bukannya didukung malah dibebani dengan pembelia rumah kios. Untuk itu kami berjanji ikatan mahasiswa dairi usu,unimed,uhn,unika,dll akan terus mengawasi perkembangan di dairi, apalagi menjelang pemilu. kami tidak akan pernah membiarkan Rp 100 - uang rakyat dihambur-hamburkan untuk kepentinga sekelompok orang. saya harap pers juga mampu mengikutti semua kegiatan pemerintahan di dairi. janga biarkan kkn terjadi. apalagi menerima suapan para pejabat. terimakasih

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.