Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
14
Agt '06

Sebuah Partai Baru Telah Lahir, Nama Partai Peduli Rakyat Nasional


Sebuah partai baru telah lahir di Indonesia, namanya Partai Peduli Rakyat Nasional, disingkat Peran. Ketua Majelis Pertimbangan Pusat adalah DR Sutan Raja DL Sitorus, Ketua Umum Brigjen TNI (purn) Tarida Sinambela, Sekjen Anton Sihotang.

Ketua DPW Sumut Drs P Nurdin Manurung, Sekretaris Ir Nitema Gulo MSi dan salah seorang Wakil Ketua Letkol TNI (purn) HR Sitanggang SSos, Bendahara Ir Saut MP Simbolon PP, MBA.
Meski baru didirikan di Jakarta pada 20 Januari 2006 lalu, namun Partai PERAN (Peduli Rakyat Nasional) dalam waktu singkat kini telah terbentuk di 28 propinsi di seluruh Indonesia. Di Sumut sendiri, partai baru yang bersifat terbuka dan berbasis nasionalis itu juga telah terbentuk di 16 kabupaten/kota dan segera dilantik setelah pelantikan DPW PERAN Sumut selesai dilakukan 25 Agustus 2006 mendatang di Wisma Benteng Medan.

Kehadiran Partai PERAN karena keterpanggilan untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan yang sepanjang usia negara ini masih sering dinodai dengan berbagai penyimpangan, penyelewengan serta pengkhianatan terhadap rakyat sendiri. Nama partai yang diambil tentunya karena inilah yang menjadi fokus perhatian. Untuk itu seluruh pengurus pusat hingga daerah harus mampu mengaplikasikan bagaimana sebenarnya arti kepedulian kepada masyarakat itu sesuai visi dan misi yang digariskan partai.

Hal itu disampaikan Ketua DPW Partai PERAN Sumut Drs P Nurdin Manurung bersama rombongan pengurus DPW Sumut lainnya saat beraudiensi kepada tokoh masyarakat Sumut DR GM Panggabean di Kantor SIB Medan, Jumat (11/8).

Para pengurus DPW Partai PERAN yang datang berkunjung masing-masing Drs P Nurdin Manurung (Ketua), Ir Nitema Gulo MSi (Sekretaris), Letkol (Purn) HR Sitanggang SSos, MSc (Wakil Ketua/Ketua Panitia Pelantikan), Ir Saut MP Simbolon IP, MBA (Bendahara/Sekretaris Panitia) serta para Wakil Ketua masing-masing H Jumala Wijaya, Japansen Sinaga SH, MHum, Merlyn Simanjuntak, Suryani Siahaan SPsi, Nurbaya Damanik, Is Farida SH dan Dr Mulyono Djahri, St Nurmala Silaban (Wakil Sekretaris), Gandi Situmeang SE Ak (Wakil Sekretaris), Binsar M Simatupang (Wakil Sekretaris) dan Herman Surya alias Aban (Wakil Bendahara). Sedangkan beberapa tokoh di DPW Partai PERAN yang tidak hadir antara lain Manaor Silitonga, DR Sabungan Siregar, Hj Meilizar Latif SE, MM dan Alvin.

Ketua Panitia Pelantikan Letkol (Purn) HR Sitanggang SSos, MSc mengatakan, kedatangan DPW Partai PERAN (Peduli Rakyat Nasional) Sumut untuk memperkenalkan sekaligus meminta saran dan petunjuk dari DR GM Panggabean sebagai tokoh masyarakat Sumut yang memiliki wawasan nasional. Sehingga Partai PERAN diharapkan bisa turut serta berkembang bersama-sama dengan partai politik lainnya di tanah air untuk mencapai tujuan nasional yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, kedatangan DPW Partai PERAN, kata Sitanggang, juga untuk meminta kesediaan Pak GM menghadiri acara pelantikan DPW PERAN Sumut yang dilakukan oleh Ketua Umum DPP Partai PERAN Brigjen (Purn) Tarida Sinambela dan Sekjen Anton Sihotang di Wisma Benteng Medan Jalan Maulana Lubis Medan yang akan dilaksanakan pada Jumat 25 Agustus 2006 mendatang pukul 18.00 WIB.
Ketua DPW Drs P Nurdin Manurung kepada Pak GM menjelaskan kondisi masyarakat yang terabaikan selama ini memotivasi jiwa dan raga seluruh pendiri dan anggota partai dalam tatanan kehidupan bernegara, berbangsa demi memenuhi tuntutan rakyat secara berkeadilan.

Partai ini, katanya, terpanggil untuk mengambil peran mengukir sejarah pembaruan yang betul-betul memperbaharui berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara dengan penataan kembali pondasi bangsa yang mengalami dan masih berada dalam krisis multidimensi berkepanjangan.
Menurutnya, Partai PERAN memiliki visi Bebaskan Rakyat Dari Belenggu Penderitaan dan Ketidakadilan. Visi tersebut bukanlah sekedar slogan untuk merebut hati rakyat agar mendukung partai ini tetapi memang seluruh jajaran partai telah bertekad mewujudkannya. Untuk mengkongkritkan visi itu, maka Partai PERAN mencanangkan misi yakni meningkatkan pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan bangsa dan meningkatkan taraf hidup rakyat untuk mencapai masyarakat adil dan makmur.

Seluruh pengurus dan kader partai, lanjut Nurdin Manurung, tidak ingin mengumbar janji tetapi telah berketetapan hati untuk mendapatkan simpati rakyat, dengan cara bahu membahu bersama rakyat berjuang agar komitmen tersebut dapat tercapai dan hasilnya dirasakan seluruh masyarakat bangsa.
Untuk melaksanakan fungsinya itu Partai PERAN bertumpu dan berciri pada nilai luhur sebagai perekat pemersatu dalam perjuangan yaitu; menjunjung tinggi nilai-nilai luhur agama, meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara (nasionalisme) dan mendahulukan kepentingan rakyat dari pada kepentingan partai, kelompok maupun pribadi.

“Oleh karena itu Partai PERAN merupakan partai terbuka bagi semua pihak yang bercita-cita sama untuk dapat bersatu dan bersama dalam rangka membela bangsa, negara dan rakyat tanpa membeda-bedakan suku-ras, agama dan golongan,” kata P Nurdin Manurung.
P Nurdin Manurung menambahkan, setelah selesai melakukan konsolidasi dan pelantikan seluruh pengurus partai di kabupaten/kota di Sumut, pengurus DPW Partai PERAN segera melaksanakan berbagai kegiatan yang menyentuh kehidupan rakyat antara lain melakukan gerakan pemberantasan nyamuk penyebab demam berdarah (DBD) di Sumut, pengobatan gratis kepada masyarakat kurang mampu dan program-program lainnya sedang disiapkan. Kegiatan-kegiatan itu dimulai bulan September tahun ini.

Sambutan Pak GM
Dalam sambutannya, DR GM Panggabean mengatakan, dalam gonjang-ganjing politik serta keterpurukan yang dialami di berbagai bidang pada dewasa ini, rakyat adalah yang paling banyak menderita. Dan rakyat adalah yang paling banyak ingin mengetahui, apakah masih ada yang peduli terhadap nasib mereka. Apakah masih ada harapan, dan kapan itu akan tiba. Maka kalau ada partai yang betul-betul peduli terhadap nasib mereka, tentu rakyat akan gembira. Sebab peduli terhadap nasib rakyat adalah yang paling dibutuhkan bangsa Indonesia saat ini, tandas Pak GM.

Dalam kaitan itu, Pak GM menyambut baik dan tertarik atas lahirnya partai baru ini dengan menyandang nama Partai Peduli Rakyat Nasional. Suatu pemilihan nama yang cerdik, namun juga memberikan beban yang cukup besar di pundak pengurusnya.

Menurut Pak GM, peduli kepada rakyat adalah pekerjaan yang sangat mulia, namun mengambil hati dan meyakinkan rakyat sekarang ini bukan suatu pekerjaan yang mudah, sebab penderitaan mereka sudah luar biasa, harapan mereka sudah berada di bawah titik nol. Ini bukan hanya masalah kebutuhan fisik sehari-hari, tetapi yang lebih penting adalah masalah kejiwaan. Kecewa, hopeless, cenderung apatis, karena tak jelas arah langkah-langkah perbaikan nasib yang didambakan.

Ke tengah-tengah rakyat yang seperti itulah, Partai Peduli Rakyat Nasional harus terjun. Bisakah? Tetapi menurut Pak GM, harus bisa. Sebab kalau tak bisa, dua tahun lagi akan ada “vonis”, yaitu pada Pemilu 2008, akan ketahuan, apakah partai baru ini berhak hidup atau tidak.
Namun, Pak GM yakin, khususnya di Sumatera Utara Peran akan bisa diterima oleh masyarakat, melihat tokoh-tokoh yang duduk di dalam kepengurusan DPW adalah tokoh-tokoh idealis dan ulet, tangguh, yang sudah cukup dikenal.

Namun keterkenalan saja tidak cukup, maka Pak GM menganjurkan, di partai ini harus ada Unit Pengkajian yang kuat, cerdas dan berwawasan, agar taktik dan strategi partai untuk membuat dan mengimplementasikan programnya bisa tepat berhasil dan sukses.
Sebab kalau gagal nama Partai Peduli Rakyat ini bisa jadi bumerang.
Juga menurut Pak GM, tidak bisa diabaikan keberadaan partai-partai yang sudah lebih dulu ada dan eksis, seperti Partai Golkar, PDIP, dan lain-lain, perlu disimak, apa kekuatan dan kelemahan-kelemahan mereka dan sebagainya. Sebab bagaimanapun Peran harus bersaing dengan begitu banyak partai lain yang sudah ada lebih dulu.

“Saya mengutarakan ini, karena saya ingin Partai Peduli Rakyat Nasional ini bisa berhasil, selain karena tokoh-tokohnya saya kenal, tetapi memang karena saat ini, perlu ada suatu partai, yang betul-betul peduli akan nasib rakyat,” kata Pak GM.
Pak GM pada kesempatan itu mengucapkan selamat atas lahirnya partai baru ini, semoga Tuhan memberkati, juga terimakasih, karena 3 hari yang lalu, pengurus partai ini mengadakan doa khusus untuk mendoakan kesehatan Pak GM dan kemajuan Harian “Sinar Indonesia Baru”.

Pak GM juga mengucapkan terimakasih atas titipan salam yang disampaikan pengurus dari Pak DL Sitorus untuk Pak GM, yang dikirim dari tempat beliau sekarang ditahan di Jakarta, dan Pak GM mengharap semoga Pak DL tabah, sabar dan sehat selalu serta semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.
Pak GM menyatakan kagum, karena walaupun Pak DL Sitorus sudah divonis begitu berat, namun beliau tidak berhenti peduli kepada rakyat, dengan ikut mendirikan partai baru ini, sebagaimana beliau sudah membuktikan kepeduliannya yang besar kepada puluhan bahkan mungkin ratusan ribu anak bangsa ini, dengan membuka lapangan kerja di perkebunan-perkebunan sawit yang dibangunnya di Sumut, Riau dan lain-lain. Seharusnya Pak DL Sitorus itu diberi penghargaan, tapi ini malah dihukum, kata Pak GM.

Sumber : (B3/R1/d) Harian SIB, Medan


Ada 6 tanggapan untuk artikel “Sebuah Partai Baru Telah Lahir, Nama Partai Peduli Rakyat Nasional”

  1. Tanggapan hakim:

    saya sangat setuju dengan visi dan misi yang disusung oleh PERAN ini, semoga partai ini dapat mengimplementasikan harapan-harapn yang diidam-idamkan oleh masyarakat. sesuai dengan namanya,semoga partai ini menjadi partai yang peduli rakyat. saya ucapkan selamat

  2. Tanggapan Jimmy,S.Kom:

    saya sangat setuju dengan bertambahnya partai nasionalis dengan adanya partai pprn bisa membuka wawasan berpolitik yang kurang bagus di R.I ini , Saya secara pribadi mau mendukung PPRN dengan massa saya cukup lumayan lah,saya pingin bergabung dengan pprn tolong kasih saran bagaimana caranya tlp.021-70404776,trim.

  3. Tanggapan Rusly Hatibie:

    saya sangat setuju buat Bapak Dr. Sutan D.L Sitorus, sosok udah lama dikenal dalam kalangan masyarakat khusus masyarakat bawah yang peduli akan pemerataan pembangunan.
    semoga PPRN lebih berperan penting dalam kedewasaan Republik ini. salam dari Kota Balikpapan

  4. Tanggapan ali imran tanjung:

    saya sangat setuju seandainya kalau ini memang benar-benar terwujut karena hal semacam inilah yang sangat di butuhkan masyarakat RIAU pada khususnya dan INDOENSIA pada umumnya.
    semoga PPRN dapat sukses DI BUMI LANCANG KUNING INI.

  5. Tanggapan ivan:

    PPRN sebagai Partai Nasionalis baru telah hadir di NAD, dibawah kepungan partai lokal yang cuma ada di daerah NAD. Dengan kegigihan dan kerja keras, saya dan kader serta simpatisan PPRN di Aceh akan terus membesarkan PPRN di bumi Serambi Mekkah. Salam Peduli Rakyat.., Rakyat Peduli..!!!

  6. Tanggapan Manggar:

    Visi Misi yang diusung partai ini sangatlah bagus, namun tak ada artinya ketika tanpa ada upaya untuk merealisasikannya, maju terus PERAN selamatkan rakyat dari belenggu kemiskinan sesuai visi misimu

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Pengusaha Ingin Undang-Undang Ketenagakerjaan Direvisi
Artikel selanjutnya :
   » » Sileang Nagurasta (Cerita tentang Marga Simbolon)