Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
12
Agt '06

Anjungan Sumut Adakan Festival Lagu Batak


Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-61, Anjungan Sumatera Utara, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan menyelenggarakan Festival Lagu Batak Tahun 2006.

Acara ini diperuntukkan bagi kelompok perorangan pria atau wanita, dan kelompok vokal grup. Acara pembukaan dan babak penyisihan akan dilaksanakan pada tanggal 20 dan 21 Agustus, pukul 10.00 WIB.

Sedangkan babak final, penyerahan piala dan hadiah bagi para juara, serta acara penutup akan digelar pada tanggal 27 Agustus 2006, pukul 10.00 WIB. Seluruh acara akan diselenggarakan di Anjungan Sumatera Utara, TMII.

Menurut Kepala Seksi Promosi dan Informasi Anjungan Sumatera Utara, TMII, Eduard Manik SH, para peserta baik kelompok perorangan maupun kelompok vokal grup disyaratkan berusia minimal 17 tahun.

“Untuk peserta perorangan musik pengiring disiapkan oleh panitia. Sedangkan kelompok vokal grup musik pengiring oleh masing-masing dan tidak boleh menggunakan alat musik elektronik,” jelasnya seperti tertuang dalam siaran pers yang diterima Pembaruan, baru-baru ini.

Melestarikan Budaya

Eduard menjelaskan, tujuan dari penyelenggaraan acara ini adalah untuk melestarikan nilai-nilai budaya suku Batak yang melekat pada syair dan lagu. Diharapkan juga dengan adanya acara ini dapat menumbuhkan kembangkan bakat generasi muda, mulai tingkat anak-anak, remaja dan dewasa menjadi seniman besar kreatif dan produktif.

“Acara ini juga dimaksudkan untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya Batak, dimana kesenian atau lagu-lagu Batak lahir dari seluruh tradisi, dan berkembang menjadi seni populer yang disukai oleh seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Dia menjelaskan, bahwa setiap peserta kelompok perorangan diwajibkan menyanyikan lagu, Boasa Ikon Pajupang, ciptaan Beny Panjaitan. Sedangkan peserta vokal grup diwajibkan menyanyikan lagu Poda, ciptaan DR Ir Beny Pasaribu Msc.

Selain itu seluruh peserta baik kelompok perorangan maupun kelompok vokal grup diwajibkan memilih salah satu lagu dari lagu berjudul Napangkat Do Nakaya, Sitogol, Ketabo, Cikala Pongpong, Baringin Sabatolang, Tano Dairi, Pulo Samosir, Sai anju Ma au, Pos Ni Uhurmai, Serma Dengan-Dengan, Tulan Rangrang, Gedap Bas Ate Ngena, Mbiring Manggis, Boasa Ia Dung Botari, Di Bulan Napalsu.

Eduard sangat berharap, msyarakat, khususnya yang berdarah batak bisa berpartisipasi dalam festival ini.

Sumber : [Y-6] Suara Pembaruan


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “Anjungan Sumut Adakan Festival Lagu Batak”

  1. Tanggapan nova:

    bagus banget… semoga makin jaya ya.. Mauliate,gbu

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.