Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
10
Agt '06

Dituduh Menipu, Mantan Kadispenda Medan Dihukum Percobaan


Mantan Kepala Dinas Pendapatan (Dispenda) Kota Medan Manumpak Hiras Panjaitan dijatuhi hukuman lima bulan penjara dengan delapan bulan percobaan.
Dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (9/8) kemarin, majelis hakim menyatakan terdakwa Manumpak bersalah melanggar Pasal 378 KUHP tentang Penipuan

Dalam putusannya, Ketua Majelis Hakim Suarsa Hidayat SH mengatakan, perbuatan terdakwa sesuai dengan dakwaan jaksa yaitu melakukan penipuan sebesar Rp 75 juta terhadap L br Sihombing. Namun menurut hakim, perbuatan terdakwa ini sudah diakuinya dan menyatakan berupaya melakukan perdamaian dengan membayar uang tersebut kepada korban.”Saya berharap perdamaian ini dapat segera diselesaikan secepatnya oleh terdakwa dan korban,” kata Suarsa.

Terdakwa yang sudah berusia lanjut ini, didakwa melakukan penipuan pada November 2004 dengan memberikan janji akan memasukkan tiga anak korban menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Ketiga anaknya yakni Rismando Silaban, Paska Silaban dan Aleksius Silaban. Hal ini dilakukan korban dengan meminta uang sebesar Rp 75 juta sebagai alasan memuluskan penerimaan CPNS tersebut.

Anak korban dijanjikan akan diterima bekerja di PDAM Tirtanadi dan beberapa perusahaan perkebunan milik negara. Namun kenyataannya, anak tersebut tidak diterima sebagai pegawai di tempat tersebut.
Setelah gagal, terdakwa kemudian menawarkan kepada korban untuk memasukkan ketiga anaknya sebagai PNS di lingkungan Pemprop Sumut. Hal ini dilakukan terdakwa dengan janji bahwa dia mempunyai rekan bernama Didik yang menjabat di Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang dapat mengurus penerimaan tersebut.

Namun hingga Juli 2005, janji terdakwa memasukkan tiga anak tersebut sebagai PNS tidak terlaksana. Sementara, uang senilai Rp 75 juta tidak dikembalikan. Hal ini kemudian membuat korban mengadukan hal ini ke Poltabes Medan. Dalam keterangannya di persidangan, terdakwa membantah menipu korban. Menurutnya uang tersebut justru diambil oleh Didik.

Sumber : (rijan irnando purba) Medan Bisnis Online


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Merdeka Walk Gelar Lomba Paduan Suara Tingkat SMU Se-Kota Medan
Artikel selanjutnya :
   » » Anjungan Sumut Adakan Festival Lagu Batak