Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
3
Agt '06

Getaran Gempa Terasa di Nias dan Meulaboh


Getaran gempa kembali terasa di Nias, Sumatera Utara, Kamis (3/8) pukul 03.31. Gempa juga mengguncang Meulaboh, Nanggroe Aceh Darussalam, pukul 01.31.

Data Badan Meteorologi dan Geofisika menyebutkan, kekuatan gempa yang terasa di Nias kali ini mencapai lima Skala Richter dengan pusat gempa pada 2,8 Lintang Utara dan 97,0 Bujur Timur. Episentrum gempa terletak pada kedalaman 210 kilometer di bawah permukaan laut, sekitar 374 kilometer arah tenggara Labuhan Haji, Nanggroe Aceh Darussalam.

Adapun gempa yang mengguncang Meulaboh 5,4 SR, pada posisi 3,96 LU dan 95,9 BT. Episentrum gempa terletak pada kedalaman 35 kilometer di bawah permukaan laut, sekitar 31 kilometer barat daya Meulaboh.

Di Nias, kebanyakan orang tidak menyadari adanya gempa karena sedang tidur nyenyak. “Saya tidak tahu kalau ada gempa karena masih nyenyak tidur. Kalau gempa besar, mungkin bisa celaka,” kata Serius Nehe, warga Gunungsitoli. Getaran cukup terasa namun tidak begitu kuat dan berlangsung kurang dari satu menit. Warga Gunungsitoli terbiasa dengan gempa kecil semacam itu.

“Karena sudah sering, ini yang keempat kalinya sepanjang dua pekan ini, kami merasa cukup terbiasa dan tidak panik,” kata Budi Silaban, warga Gunungsitoli. Aktivitas warga berlangsung seperti biasa dan tidak ada gangguan yang berarti. Tidak dijumpai kerusakan bangunan akibat guncangan kali ini.

Sumber : (FRO) Kompas Cyber Media, Gunung Sitoli


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.