Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
29
Jul '06

Gubsu : Sektor Pertanian dan Peternakan Sangat Layak Dikembangkan di Humbahas


Gubsu Drs Rudolf M Pardede mengatakan, sektor yang layak dapat dikembangkan di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) adalah sektor pertanian dan peternakan. Untuk itu, Gubsu mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya para petani supaya sungguh-sungguh meningkatkan mutu produk pertanian, karena program itu akan dibantu dari APBD kabupaten/kota, APBD propinsi dan APBN dari pusat. Produk pertanian yang paling diminati di pasar global saat ini sayur-sayuran dan buah-buahan yang tidak menggunakan pestisida dan pupuk kimia. Untuk itu, perlu dibuat kerjasama sesama pemerintah dalam meningkatkan sektor pertanian demi pembangunan berkelanjutan dan saling ada kerjasama dengan segenap lapisan.

Hal itu dikatakan Gubsu saat memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3 Kabupaten Humbahas, Jumat (28/7) di Lapangan Merdeka Doloksanggul. Gubsu juga mengatakan, tujuan pembentukan kabupaten/kota untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan harus terus ditingkatkan. Untuk itu, Gubsu berharap komitmen yang terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta kualitas SDM aparatur dapat ditingkatkan. Gubsu juga mengajak masyarakat supaya merenungkan kemajuan-kemajuan yang ada sekarang ini di Kabupaten Humbahas, merenungkan para pejuang dan penggagas ide pembentukan Kabupaten Humbahas. Sehingga apa yang dimiliki masyarakat Humbahas saat ini merupakan hasil perjuangan tokoh-tokoh di masa lalu.
Sebelum memberikan kata sambutannya, Gubsu menerima seperangkat adat Batak dipandu Ketua LADN Humbahas TN Nainggolan dan pemotongan balon serta pelepasan burung merpati.

Turut hadir rombongan Gubsu dari Medan yaitu Asisten I Pempropsu Drs Edward Simanjuntak, Kepala Bappedasu Drs RE Nainggolan MM, Prof Asril Nasution, Pimpinan Pesantren Alkausar Tuan Syech Ali Akbar Marbun, mantan bupati Dairi Drs SIS Sihotang, anggota DPRDSU Ir GM Chandra Panggabean, Ir Elbiner Silitonga MBA, Drs Burhanuddin Rajagukguk, Eron Lumbangaol SE dan mantan anggota DPRDSU Sanggam SH Bakkara anggota DPD Lundu Panjaitan SH dan Parlindungan Purba SH, tokoh pemuda Sumut Syamsul Sianturi dan lainnya. Dari perantau turut hadir Prof Dr Viktor Purba SH, Drs Bantu Manik dan lainnya. Dari kabupaten tetangga yaitu Bupati Taput Torang Lumbantobing, Wakil Bupati Tobasa Ir Mindo Tua Siagian MSc, Wakil Bupati Samosir Ober Sihol Sagala SE, Ketua DPRD Tobasa Tumpal Sitorus, Dandim 0201/TU Letkol Inf Tiopan Aritonang, Ketua PN Tarutung Saur Sitindaon SH MH, Kapolres Taput AKBP Eko.

Hadir juga Wakil Bupati Humbahas Drs M Manullang, Ketua DRPD Humbahas Bangun Silaban SE, Kapolres Humbahas AKBP GP Hutajulu SH, Ketua LADN Humbahas TN Nainggolan, Ketua LPCPHH Manosor Purba, Ketua Kadin Humbahas SP Simamora, Ketua MUI Humbahas H AN Sihite, Ketua DPD KNPI Humbahas Drs Binsar Purba, LVRI, TNI, Polri, BUMN, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, parpol dan ribuan lapisan masyarakat. Istri Bupati Humbahas yang pertama Ny Manatap Simanungkalit Br Tambunan bersama putrinya dan mantan bupati kedua Drs BW Simamora Ak juga hadir dan diulosi tokoh-tokoh masyarakat sebagai tanda ucapan terimakasih. Turut memberikan kata sambutan, mewakili undangan Prof Dr Viktor Purba SH, mewakili masyarakat Barita Lumbangaol dan Ketua DPRD Humbahas Bangun Silaban SE.

Drs.Maddin Sihombing dalam sambutannya antara lain mengatakan masyarakat Humbahas menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pendahulu termasuk pemrakarsa pembentukan Kabupaten Humbahas. Dengan terpilihnya bupati defenitif periode 2005-2010 telah ditetapkan visi yaitu mewujudkan “Humbang Hasundutan menjadi Daerah yang Mandiri dan Sejahtera” disingkat Huta Mas.
Sedangkan Prof Dr Viktor Purba mewakili undangan dalam sambutannya mengatakan pembangunan utama kabupaten seutuhnya harus melalui pendidikan. Untuk itu dalam meningkatkan mutu pendidikan di Humbahas, pihaknya siap mendatangkan para profesor untuk memberikan pendidikan.

Sementara itu secara terpisah, Ketua DPD KNPI Humbahas Drs Binsar Purba menyatakan pada Dirgahayu Humbahas ke-3 ini Pemkab dan masyarakat Humbahas patut mengucapkan terimakasih kepada Drs RE Nainggolan MM selaku pencetus ide terbentuknya Kabupaten Humbahas. Selain itu juga diucapkan terimakasih kepada para pejuang pembentukan Kabupaten Humbahas baik itu tokoh-tokoh masyarakat di Bona Pasogit dan di perantauan. “Pembentukan Kabupaten Humbahas didasari keinginan Drs RE Nainggolan selaku pencetus ide untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kedekatan pelayanan kepada tokoh-tokoh adat, alim ulama, cendikiawan, putra daerah dan anak rantau termasuk didalamnya Panda Nababan,” jelas Binsar Purba Pengamatan SIB di lapangan, sebagai ucapan terimakasihnya kepada Drs RE Nainggolan MM selaku pencetus ide DPD KNPI Humbahas membuat baliho ukuran 2×2 meter yang dapat dilihat seluruh pengunjung. Berbagai kegiatan juga dilaksanakan demi merayakan HUT ke-3 Humbahas.

Pada upacara nasional dihadapan Gubsu dan rombongan, masyarakat Humbahas menyanyikan Mars dan Hymne Humbang Hasundutan dengan dirigen St Ir Parlaungan Lumbantoruan dan operette “Aek Sibundong”. Acara semakin semarak dengan dipamerkannya hasil pertanian dari setiap kecamatan. Kemudian acara diakhiri dengan atraksi gajah, gajah-gajah yang diberi nama Bongkar, Menik, Dame dan Ester itu memperagakan berbagai atraksi. Walaupun diguyur hujan saat atraksi gajah, antusias masyarakat sangat tinggi.

Sumber : (RHS/e) Harian SIB, Dolok Sanggul


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “Gubsu : Sektor Pertanian dan Peternakan Sangat Layak Dikembangkan di Humbahas”

  1. Tanggapan Boby Gunawan Sitanggang:

    Tangkap dan berantas kejahatan DL. Sitorus
    Saya Boby GS ketua IKC (ikatan kijang club) medan dan sebagai mahasiswa univ HKBP nommensen menyambut baik penangkapan pengusaha kelas kakap asal sumatera utara karena DL Sitorus telah banyak merugikan masyarakat kecil terutama klub ototmotif seperti IKC (ikatan kijang club)

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Planned amendment of labor law deadlocked
Artikel selanjutnya :
   » » Lake Toba – Majestic Getaway: Sumatra, Indonesia