Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
27
Jul '06

PD III Ir Hasundungan Butarbutar MSi : Mahasiswa yang PKL Ikut Sukseskan HUT Humbahas III


Pembantu Dekan Fakultas Pertanian (PD FP) USU Ir Hasudungan Butarbutar MSi didampingi Ketua Departemen Sosial Ekonomi Ir Lily Fauzia MSi mengungkapkan mahasiswa-mahasiswi yang mengikuti PKL di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) ikut mensukseskan HUT Humbahas III. Hal itu dikatakan Hasudungan Butarbutar kepada wartawan Senin (24/7) di Balai Pertemuan Doloksanggul saat memberikan arahan dan evaluasi kepada mereka yang sedang PKL di Humbahas.

Turut hadir dari FP USU memberikan arahan dan evaluasi Sekretaris Departemen Sosial Ekonomi Ir Luhut Sihombing MP, Ir Hasman Hasyim, Ir Friston Siregar MP, Ir Yusak M MSi, Dr Ir Tavi Supriana MSi, Ir Nelvariani H MSi dan Ir M Jufri MSi. Dari Pemkab Humbahas turut hadir Kadis Tenaga Kerja dan PM Maju Lumbangaol SH, Camat Doloksanggul Aripin Nainggolan SH dan Ketua DPRD Humbahas Bangun Silaban SE.

Ir Lily Fauzia menjelaskan mereka yang PKL di Humbahas sebanyak 84 orang, menyebar di enam kecamatan dan 16 desa dengan jumlah kelompk antara 5-6 peserta. Sesuai dengan kesepakatan Kadis Tenaga Kerja dan PM Humbahas Maju Lumbangaol SH bahwa PKL harus ditempatkan di tiga desa binaan Propinsi Sumut yaitu Desa Hutaginjang Kecamatan Sijamapolang, Desa Tukka di Pakkat dan di Desa Pearung Kecamatan Paranginan. Kemudian, latar belakang ditempatkannya FP mengadakan PKL di Humbahas karena 85 persen lebih penduduknya hidup dari sektor pertanian. Dengan harapan, sedikit banyaknya peserta PKL memberikan dorongan dan motivasi bagaimana cara bercocok tanam sesuai dengan ilmu pertanian. Tidak tertutup kemungkinan dengan hadirnya PKL para penduduk menjadi petani yang benar-benar petani. Mahasiswa-mahasiswi yang PKL adalah jurusan Departemen Sosial Pertanian dengan program study Agrobisnis dan Penyuluhan Komunikasi Pertanian.

Sejak dimulai PKL tanggal 1 Juli dan berakhir 31 Juli 2006 beragam kegiatan mengenai pertanian sudah dilakukan mahasiswa-mahasiswi bekerjasama dengan Dinas Pertanian termasuk mensensus penduduk dan sosialisasi penghijauan. Ir Lily juga mengungkapkan rasa terimakasih kepada Pemkab Humbahas dan masyarakat luas Humbang Hasundutan khususnya Dinas Tenaga Kerja dan Pemberdayaan Masyarakat yang sangat respon atas kedatangan PKL FP USU.

“Saya sendiri sangat bangga menilai Pemkab dan masyarakat Humbahas termasuk Ketua DPRD Humbahas Bangun Silaban SE yang respon atas kedatangan kami dan PKL tanpa membedakan suku dan agama. Para camat langsung menjemput dan dibawa ke kecamatannya. Dengan kebanggaan itulah, tahun depan akan ditempatkan lagi PKL di Humbahas,” ujar Lily. Maju Lumbangaol juga memaparkan kegiatan PKL di Humbahas patut dipuji karena mengadakan penyuluhan dibidang pertanian. Selain itu PKL juga sangat respon dan menyambut baik HUT Humbahas III tepatnya 28 Juli, dimana sebagian PKL yang ditempatkan di Lintongnihuta ikut membersihkan jalan termasuk “mempoles” taman bunga di Dolok Margu Lintongnihuta bekerjasama dengan Kakan Kebersihan dan Pertamanan Ir Jahusor Simamora.

Sumber : (RHS/r) Harian SIB, Dolok Sanggul


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.