Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
20
Jul '06

Menipu, Mantan Kadispenda Diadili


Akibat melakukan penipuan dengan modus menjanjikan korban memperoleh pekerjaan, terdakwa oknum mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Kadispenda) Medan Drs MHP diadili di Pegadilan Negeri (PN) Medan. Lelaki berusia 71 tahun tersebut tertunduk lesu duduk di kursi pesakitan di depan majelis hakim dipimpin Jarasmen Purba SH, Rabu (19/7).

Sidang perkara ini sebenarnya sudah digelar untuk mendengar keterangan saksi pada bulan Juni 2006. Tapi terdakwa meminta agar ditempuh jalan damai dengan menghadirkan pihak-pihak yang dirugikan maupun saksi. Permohonan damai ini bahkan diterima majelis dan jaksa penuntut umum (JPU) Tiurma Hutapea SH.

Namun belakangan diketahui perdamaian tidak tercapai. Ini sebagaimana dikemukakan saksi Lesna Sihombing pada majelis hakim.

“Perdamaian tidak tercapai sebab pihak keluarga terdakwa hanya bersedia membayar uang ganti rugi sebesar Rp 5 juta,” kata saksi yang tak lain adalah keluarga korban.

Dalam persidangan juga terungkap bahwa dana hasil penipuan digunakan terdakwa untuk bisnis rencong. Dana sebesar Rp 73 juta itu hanya bersedia dikembalikan terdakwa sebesar Rp 5 juta. Selebihnya dikatakan telah habis terpakai untuk bisnis hingga akhirnya korban melaporkan kasus ini pada pihak yang berwajib dan perkara bergulir ke pengadilan.

Sekedar mengingatkan, awalnya saksi korban Resmando Silaban mengaku mengenal terdakwa di warung kopi (warkop) sekitar bulan September 2004. Saat itu terdakwa menawarkan korban pekerjaan sebagai pegawai di PDAM Tirtanadi dengan sarat memberikan sejumlah uang. Tapi begitu pengumuman penerimaan pegawai korban tidak lulus sementara uang jutaan rupiah telah diberi pada terdakwa.

Sumber : (Dian Tarigan) Global, Medan


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Kabupaten Bekasi Kuasai Wushu
Artikel selanjutnya :
   » » Hajajadi ni Tao Toba