Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Minggu
9
Jul '06

Sidang Majelis Gereja Bethel Indonesia di Parapat Sukses


Harapan kami kiranya melalui Sidang Majelis Daerah GBI Sumut ini seluruh hamba-hamba Tuhan yang hadir perlu mengadakan evaluasi dan menyepakati program pelayanan yang akan dilakukan ke depan. Kemudian dalam pertumbuhan gereja, Saudara-saudara yang bernaung dalam organisasi GBI, para petinggi dan pengurus GBI perlu bermitra, bekerja sama dengan gereja-gereja lainnya.

Demikian harapan Kabid Bimas Kristen yang diwakili Kasi Bimas Kristen Kabupaten Simalungun Drs H Sihotang STh dalam sambutannya pada acara pembukaan acara Sidang Majelis Daerah (SMD) Sumut Gereja Bethel Indonesia (GBI) yang ke II di Wisma Methodis Parapat, Rabu (28/6).
Acara yang dihadiri sekitar 600 orang hamba-hamba Tuhan ini berlangsung selama 3 hari, diwarnai dengan berbagai acara, yaitu Ibadah, kata-kata sambutan, sidang pleno, ujian para calon pejabat Pendeta Pembantu (Pdp) dan Pendeta Muda (Pdm) GBI, acara KKR, Doa Syafaat dan penyerahan sertifikat bagi setiap pendeta yang dilantik.

Dalam sambutannya, Ketua BPD GBI Sumut Pdt Drs D Manurung mengatakan, dalam usaha pengembangan pelayanan GBI di Sumatera Utara, harus dapat saling menguatkan, menyemangati dan saling mempererat persahabatan, membicarakan dan menyelesaikan segala permasalahan yang timbul selama ini di gereja kita masing-masing. Karena hal itu telah menjadi komitmen dan tanggungjawab kita bersama untuk saling menguatkan guna mewujudkan harapan BPH (Badan Pekerja Harian) GBI Pusat Jakarta, yakni untuk “Menjangkau Yang Belum Terjangkau” dalam memenangkan jiwa-jiwa yang terhilang.
Dalam kesempatan itu, Ketua Umum BPH GBI, Pdt DR Jacob Nahuway MA yang juga hadir pada acara Sidang Majelis Daerah (SMD) tersebut menekankan agar hamba-hamba Tuhan senantiasa mencegah perpecahan dan giat terus dalam pelayanan, menyelesaikan setiap permasalahan yang belum terselesaikan pada periode lalu. Dan hal inilah yang harus mewarnai setiap persidangan GBI baik wilayah, daerah, MPL maupun Sinode, katanya.

Pada hari kedua, pada saat sidang pleno berlangsung, semua calon Pendeta (154 orang) secara serentak mengikuti ujian di tempat penyelenggaraan SMD. Bahan ujian yang telah dipersiapkan panitia berdasarkan ketentuan tata gereja, telah menjadi ketentuan dalam organisasi GBI, bahwa setiap calon pendeta GBI diwajibkan mengikuti Pendidikan Kilat (Diklat) dan ujian untuk menentukan layak tidaknya mereka menjabat sebagai pendeta dalam organisasi GBI.

Setelah pemenang ujian diumumkan oleh panitia, dan calon yang berhasil mengikuti ujian, Pendeta Pembantu (Pdp) sebanyak 103 orang dan Pendeta Muda (Pdm) 45 orang. Kemudian Ketua BPD GBI Sumut Pdt Drs D Manurung yang didukung oleh Pengurus Inti BPD dan Pengurus BPW melantik dan mentahbiskan mereka.

Di sela-sela acara, diadakan pula sidang komisi yang dibagi dalam 3 komisi (Komisi A membahas bidang Theologia dan Pengajaran, komisi B membahas bidang Program dan Anggaran/keuangan, dan Komisi C membahas bidang Organisasi). Hasil sidang komisi dibacakan oleh ketua komisi dan dipandu oleh Sekretaris BPD Pdt Yafet R Marbun SPAK, MACM. Hasil dari sidang komisi, intinya adalah bertujuan untuk menjaga keutuhan organisasi GBI dan melakukan peningkatan mutu pelayanan di semua wilayah Sumatera Utara. Semua pejabat dan jemaat gereja yang bernaung dalam organisasi GBI wajib berpedoman pada Alkitab dan menataati Tata Gereja dan anggaran dasar GBI.

Pada acara KKR pada 29/6 malam, Pdt Jacob Nahuway dalam khotbahnya memilih nats firman Allah, yang tertulis dalam Johanes 15 : 1,4, “Akulah (Yesus, red) pokok anggur yang benar dan BapaKulah pengusaha. Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak akan berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku”.

Menurut Pdt Jacob Nahuway, “untuk melakukan pekerjaan Tuhan, jikalau kita ingin mewujudkan rencana Tuhan dalam pelayanan gereja, kita harus tinggal di dalam Tuhan. Sebab Yesus Kristus sendirilah pokok anggur itu. Artinya, kita harus hidup di dalam kekudusan dan senantiasa menjalin hubungan yang intim dengan Tuhan, jikalau kita ingin berbuah dan berhasil dalam pelayanan”.

Sementara itu, Ketua Panitia Pdt Justan Silaban SPAK ketika ditanya wartawan mengatakan bahwa jumlah seluruh hadirin dalam acara SMD GBI Sumut yang ke 2 ini sekitar 600 orang terdiri dari Pengurus Pusat BPH (Pdt DR Jacob Nahuway MA, Pdt A Soerjadi MSc, Pdt Japarlin Marbun DRE dan Pdt Johanes Marbun SPAK), Pengurus Inti BPD antara lain Pdt Drs RTP Marpaung STh MMin, Pdt Drs BS Situmorang SPd, Pdt Yafet Marbun SPAK dll, Ketua-ketua BPW dan Ketua-ketua Departemen serta ratusan calon Pendeta Pembantu dan Pendeta Muda. Jumlah biaya penyelenggaraan SMD GBI Sumut ini dikatakan sekitar Rp 140 juta, dan semua acara selama 3 hari (28-30/6) berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Sehingga melalui SMD ini Tuhan dipermuliakan, semua peserta disegarkan dan mendapat semangat baru dalam melayani pekerjaan Tuhan di gerejanya, di daerahnya masing-masing.

Sumber : (Rel/R9/l) Harian SIB, Medan


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “Sidang Majelis Gereja Bethel Indonesia di Parapat Sukses”

  1. Tanggapan niza febrisa:

    kami ingin menawarkan fasilitas Function Hall kami yang berkapasitas Standing Party sampai dengan 1200 orang, dan dapat juga dijadikan sebagai Rumah Ibadah dengan fasilitas yang sangat lengkap dengan penawaran harga yang sangat kompetitif diwilayah Cibubur khususnya, dengan nuansa klasik roma kami yakin Bapak/Ibu akan sangat tertarik. kami mengundang Bapak/Ibu untuk dapat hadir ditempat kami untuk menikmati keindahannya dan dapat mereferensikan tempat kami untu acara lainnya, atas perhatian & kerjasamanya kami ucapkan Terima Kasih.

    Rgds

    Niza Febrisa
    Marketing Manager Cibubur Golf

    Komplek Legenda Wisata
    Jl. Alternatif Transyogi Km.6 Cibubur 16967
    Phone 021.8674565 Fax 021.8673305
    Mobile 0811.811.581
    Email : nizadrew@yahoo.com

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.






Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel sebelumnya :
   » » Bishop GMI Minta Menteri Agama dan Kapoldasu Larang KTS di Berastagi

Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel selanjutnya :
   » » Bukan Pergeseran Tapi Inovasi Kebudayaan