Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
12
Jun '06

Pak GM : Kerjasama dengan UNITA-Czech University Kesempatan untuk Memajukan Tapanuli


Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (Unita) yang berkampus di Silangit Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu 10 Juni 2006 mengukir sejarah penting, dengan merealisir kerjasama pada 9 program yang meliputi sejumlah aktivitas akademis dengan sebuah universitas besar dan terkemuka di Republic Ceko yaitu Universitas Pertanian Negeri Ceko, Czech University of Agriculture (CUA), di Prague (Praha).

Memorandum of Understanding (MoU) itu ditandatangani Ketua Umum Yayasan Universitas Sisingamangaraja XII DR GM Panggabean, dan Rektor Czech University of Agriculture Prof Ing Jan Hron DrSc drhc, di Aula US XII Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan. Turut menandatangani sebagai saksi formal MoU itu adalah Gubernur Sumut Drs Rudolf M Pardede dan Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Jaroslav Vesely.

Acara penandatanganan MoU ini, selain dihadiri Gubsu dan Dubes Republic Ceko, juga turut hadir pejabat dari Departemen Luar Negeri RI yaitu Direktur Eropa Tengah & Timur, Direktur Jenderal Amerika & Eropa, Deplu, Hazairin Pohan.

Juga turut hadir Rektor USU Prof. dr Chairuddin P. Lubis DTMH, Rektor Unimed Prof Dr Djanius Jamin SH, Kopertis Wilayah I Prof Dr T. Sylvana Sinar, Walikota Medan Drs Abdillah MBA dan sejumlah Bupati/Walikota se-Sumut, sejumlah Ketua DPRD, anggota DPRDSU dan lain-lain.
Dari pihak Ceko, hadir Dubes Mr Jaroslav Vesely, Rektor CUA Prof In Jan Hron, DR Sc, DR HC, Dekan Fak. Teknik Pertanian Prof Jiri Klina, Direktur Institute Tropis & Sub Tropis Czech University Prof Bohumil Harvland, Wakil Dekan Fak Teknik Bidang Hubungan Internasional Dr Ir Frantisek Kumhala dan Tenaga Pengajar/Dosen yang saat ini sudah mengajar di Unita: Ir Jindrich Karansky dan Ir David Herak, PhD.
Tidak Berakhir pada Penandatanganan MoU Saja

“Kerjasama (Unita-Czech University) ini tidak berakhir pada sebuah penandatanganan MoU saja, karena ini juga merupakan wujud kerjasama dengan seluruh masyarakat Tapanuli. Ini adalah kesempatan untuk memajukan Tapanuli agar Tapanuli tak lagi meratap dalam kemiskinan dan kemelaratan, melainkan maju dan mandiri bahkan bersinar menjadi sebuah kebanggaan bagi generasi berikutnya,” tandas DR GM Panggabean bersemangat, dalam kata sambutannya pada acara tersebut.

Bagi Unita sendiri, kerjasama ini besar manfaatnya: akan ada pertukaran dosen, dan mahasiswa Unita sendiri akan mendapat kesempatan belajar di Czech University, Ceko. Namun, tegas Pak GM, kerjasama tersebut akan lebih penting lagi karena mengupayakan peningkatan ekonomi masyarakat Tapanuli, melalui pilot proyek pertanian, budi daya ternak, budi daya hortikultura, yang akan dipaket mulai pembibitan hingga marketing/pemasarannya.

Kerjasama dengan 9 program (pada 4 artikel/poin) dengan sejumlah aktivitas akademis itu antara lain meliputi: pertukaran staf pengajar dan mahasiswa, pengembangan infrastruktur di universitas, penyelenggaraan seminar dan pertemuan akademis, kegiatan kajian akademis dan rancangan pengembangan potensi masyarakat, dan pengembangan jaringan program beasiswa atau sponsorship pendidikan. Secara spesifik, kerjasama itu juga meliputi penelitian dan pengembangan SDM (art. 1-1-5); kerjasama saling memenuhi kebutuhan kedua kampus (UNITA–CUA) (art. 1-2). dst. Bahkan, poin (4-3) menyebutkan adanya fasilitas pemberangkatan dan pemukiman bagi mahasiswa (yang memenuhi syarat) yang disediakan pihak Czech University/CUA.

“Penandatanganan kerjasama ini menjadi peristiwa penting, dan saya yakin ada campur tangan Tuhan, sehingga bisa terjadi, suatu universitas terkenal dan sudah maju di Republik Ceko, bersedia mengadakan kerjasama dengan sebuah universitas yaitu Unita yang berkampus di satu desa, Silangit, di daerah tertinggal di Tapanuli, Sumatera Utara. Tetapi tidak ada yang mustahil bagi Allah, dan saya kira adalah adil dan mulia, kalau yang besar membantu yang kecil, yang kuat membantu yang lemah, yang kaya membantu yang miskin, dan yang maju membantu yang belum maju,” papar DR GM Panggabean dengan nada penuh syukur dan optimis sembari menambahkan rencana kerjasama itu sebelumnya juga telah dilaporkannya kepada Menteri Pendidikan Nasional RI Prof Dr Bambang Sudibyo ketika berkunjung ke kantor Harian SIB 5 Mei lalu.

Kata Sambutan GM Panggabean itu berkali-kali disambut tepuk tangan riuh para hadirin yang didominasi para pejabat teras kabupaten/kota plus para pakar dan tokoh pendidikan serta sejumlah rektor dan legislatif, apalagi ketika Pak GM dengan nada bercanda berkata, bahwa kerjasama ini barangkali dapat dianggap sebagai kerjasama antara raksasa dengan makhluk liliput. Raksasa adalah Czech University dan liliput adalah Unita. Bandingkanlah katanya, Czech University sudah berumur 100 tahun, Unita baru 20 tahun. Tenaga pengajar mereka 1.100 orang di antaranya 700 Profesor, Unita Staf Pengajarnya hanya sekitar 100 orang. Lahan pertanian mereka 3000 Hektare, Unita hanya 40 Ha. Sapi peliharaan mereka 800 ekor, Unita seekor kambing pun tak ada. Maka adalah mujizat dari Tuhan, kerjasama ini bisa terjadi, kata Pak GM. Oleh karena itu, ia berharap kerjasama ini tidak boleh kita sia-siakan dan harus kita petik manfaatnya untuk memberikan sebesar-besarnya kemajuan dan kesejahteraan bagi Unita dan Tapanuli.

Kerjasama Ini Sangat Sinerji Dengan Upaya Pemerintah
Tepuk tangan riuh juga menggema ketika Gubsu Rudolf M Pardede menyatakan apresiasi dan rasa terimakasihnya kepada pihak Civitas Akademika Unita, khususnya kepada DR GM Panggabean yang dinilai konsisten terus sejak 2003 lalu menjajaki kerjasama dengan Czech University sehingga terealisir pada hari itu (10 Juni 2006).

“Bagi pemerintah Propinsi Sumut, kerjasama ini sangat sinerji dengan upaya pemerintah daerah dalam pengembangan sektor pertanian dan peternakan Sumut, khususnya di wilayah Tapanuli, khususnya dalam konteks pengembangan kawasan agropolitan dataran tinggi seperti di Taput, Tobasa, Humbang dan Samosir. Selain itu kami juga yakin, US XII di Tapanuli (UNITA) dapat dijadikan sebagai basis penggerak peningkatan kualitas masyarakat maupun program untuk meningkatkan daya saing komoditas pertanian dan peternakan yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat,” papar Gubsu dengan nada semangat.
Kopertis Sangat Gembira

“Saya juga sangat gembira, US XII atau Unita mampu menjalin kerjasama dengan universitas di luar negeri, sehingga MoU ini juga akan memerankan Unita dalam mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya dalam 3 dimensi, yaitu: Iptek, Etika dan Estetika,” ujar Ketua Kopertis Wil-I T Sylvana Sinar, sembari berharap mutu dan relevansi pendidikan di Indonesia akan lebih maju dan berkualitas pada masa mendatang, khususnya di perguruan tinggi seperti CUA dan UNita.

Success Wellcome
Duta besar Republik Ceko Jaroslav Vesely dalam sambutannya antara lain menyatakan realisasi kerjasama MoU antara Czech University of Agriculture (CUA) Ceko dengan Unita (Sumut/Indonesia) merupakan pengembangan program kerjasama serupa yang sebelumnya juga telah direalisasi dengan kampus-kampus sejumlah negara di kawasan Eropa, Amerika dan Asia sendiri.

“Saya yakin dengan kerjasama ini kita (Unita–CUA) akan meraih sukses di masa-masa mendatang. ‘This MoU be success us wellcome’,” kata Jaroslav Vesely yang disambut tepuk tangan antusias hadirin.
Hal senada juga diucapkan Rektor Czech University /CUA Prof Ing Jan Hron DrSc drhc, bahwa jarak yang jauh antara Unita Silangit di Sumatera Utara (Indonesia) dengan CUA di Prague (Praha) Ceko, tidak lagi menjadi masalah dalam menjalin hubungan kerjasama. Kerjasama CUA dengan Unita sendiri merupakan realisasi kerjasama ke-152 setelah sebelumnya telah menjalin kerjasama (MoU-MoU) dengan 151 kampus (perguruan tinggi/universitas) di berbagai negara di dunia.

Czech University/CUA di Prague Ceko berdiri pada Oktober 1906 silam (hampir 100 tahun) di atas lahan seluas 40 hektare. Kampus itu beroperasi khusus di sektor pertanian yang memiliki 2 areal pertanian (hortikultura), areal hutan agroindustri, areal peternakan (ayam, babi, sapi dan lain-lain) plus fasilitas rumah potong seluas 3.000 hektare. Khusus lahan ternak sapi telah mampu menghasilkan produksi 9.000 liter susu dari setiap ekor sapi per tahunnya.

Kampus tenar itu diasuh 1.100 staf pengajar yang terdiri dari 700 profesor. Jumlah mahasiswanya (saat ini) mencapai 20.000-an orang. Di kampus dengan prestasi karya cipta Teknologi Pertanian itu juga terdapat sarana pemroses minuman bir dan pemerahan susu.
Kepada wartawan SIB Ads Franse Sihombing seusai acara, Dubes Ceko untuk RI Jaroslav Vesely didampingi Direktur Pertanian Tropis dan Subtropis CUA Prague, Prof Bachumil Havrland, menambahkan salah satu misi utama penyelenggaraan kerjasama atau penandatanganan MoU antara CUA dengan berbagai kampus lain di berbagai negara dunia, seperti Unita Silangit di Sumut, adalah memposisikan peranan perguruan tinggi setempat dalam pembangunan dan pengembangan ekonomi daerah setempat melalui pelapisan pendidikan dengan keahlian sektoral (special skill) seperti sektor pertanian dalam hal ini.

Bersama pejabat penting Republik Ceko itu, turut serta mantan Dubes RI untuk Ceko Leonard Tobing, dan para tenaga instruktur CUA yang sejak beberapa bulan lalu telah aktif bertugas di UNITA Silangit dan beberapa objek pertanian di kawasan Tapanuli Utara.
Sedangkan Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA) yang didirikan pada 1986 oleh sesepuh masyarakat Batak di Sumut DR GM Panggabean, atas permintaan dan harapan masyarakat. Dasarnya ketika itu adalah keluhan masyarakat Tapanuli yang merasakan mahalnya biaya pendidikan plus jauhnya jarak ke kota Medan bahkan ke Pulau Jawa. Sama seperti CUA, kampus UNITA juga berdiri di atas lahan seluas 40 hektare sehingga potensial untuk dibangun dan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung yang standar pada masa mendatang. Kampus dengan 5 fakultas pilihan di Tapanuli itu kini memiliki 2.000-an mahasiswa.

Kesempatan Untuk Memajukan Tapanuli Membawa Tapanuli Dalam Alam Kemajuan Global
DR GM Panggabean dalam mengakhiri kata sambutannya, pada penandatanganan MoU Kerjasama UNITA dengan Czech University of Agriculture (CUA) di Medan, Sabtu, kembali menegaskan, “Kerjasama ini tidak berakhir pada sebuah penandatanganan Memorandum of Understanding saja. Ini merupakan sebuah kerjasama dengan seluruh masyarakat Tapanuli. Ini merupakan kesempatan untuk memajukan Tapanuli supaya Tapanuli tidak lagi meratap dalam kemiskinan dan kemelaratan, melainkan maju dan mandiri, bahkan bersinar menjadi sebuah kebanggaan bagi generasi berikutnya. Keberadaan Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli yang selama ini berada di tengah-tengah masyarakat Tapanuli kita harapkan akan lebih berdampak besar lagi dengan kerjasama ini. Universitas Sisingamangaraja XII dengan dukungan seluruh masyarakat, civitas akademika dan terutama komitmen dari Yayasan sendiri, telah membawa masyarakat Tapanuli dalam alam kemajuan global di mana setiap daerah bisa maju dengan mengembangkan potensi dirinya sendiri. Penemuan diri sendiri yang nantinya akan dirintis melalui riset dan pengembangan, pertukaran pengajar, pengembangan infrastruktur yang strategis, bahkan beasiswa kita harapkan akan dapat dilaksanakan secara terus menerus demi pembangunan masyarakat sendiri. Kerjasama yang amat strategis di bidang pertanian dan peternakan kita harapkan nantinya akan mendorong produk-produk Tapanuli mewarnai sektor perdagangan global. Pada gilirannya, daerah di kawasan Tapanuli ini secara perlahan-lahan menjadi salah satu titik pusat ekonomi negara, bahkan dunia.

“Kesediaan Rektor Czech University Prof. Ing. Jan Hron DrSc, dr hc memberikan kesempatan kepada Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli untuk bersama bergandeng tangan membangun Tapanuli, adalah sebuah kehormatan besar. Biarlah komitmen dalam dunia pendidikan tetap menyatukan kedua belah pihak yang sebenarnya amat jauh dipisahkan oleh jarak geografis. Atas kesediaannya memberikan peluang kepada Tapanuli untuk dapat maju, sungguh kami hargai dan ucapkan terimakasih,” kata Pak GM.

Ajak Pemerintah Kabupaten dan Kota di Tapanuli Ikut Berperan Aktif
Lebih lanjut Pak GM meminta, pemerintah daerah, baik Propinsi dan Pemerintah Kabupaten dan Kota, dapat memberi dukungan atas kerjasama ini. Khusus Pemerintah Kabupaten dan Kota yang ada di kawasan Tapanuli, kami ajak untuk juga turut berperan aktif. Kerjasama-kerjasama seperti ini harus terus menerus didorong dan diciptakan supaya di masa mendatang ada lebih banyak lagi tangan yang terlibat dalam penataan dan pembangunan Tapanuli, sehingga menjadi kawasan yang lebih baik lagi. Kami ingin mengajak semua pihak bisa bersama-sama membangun Tapanuli. Biarlah segala upaya, daya, dan terutama doa selalu ingin kita curahkan tiada henti.

Pak GM mengucapkan terimakasih atas kesediaan Gubernur Sumatera Utara Bapak Drs Rudolf M. Pardede dan Dutabesar Republic Ceko Yang Mulia Mr. Jaroslav Vesely untuk ikut menandatangani MoU Kerjasama ini.
Juga DR GM Panggabean tidak lupa mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada beberapa tokoh yang telah merintis terjalinnya kerjasama ini, yaitu Bapak Leonard Lumbantobing mantan Dubes RI di Ceko dibantu Pembantu Rektor IV Unita Drs Mauliate Simorangkir, MSi yang sekarang juga bertugas di Lemhannas, putra saya Immanuel Panggabean, BBA selaku Ketua BPH Yayasan dan istimewa Bapak Drs RE Nainggolan MM yang sejak awal telah memberi respon yang luar biasa sewaktu beliau menjabat sebagai Bupati Tapanuli Utara.

Kepada semua hadirin, para Rektor, anggota DPD, para Bupati/Walikota, Ketua dan anggota-anggota DPRD, Kepala Dinas, tokoh-tokoh masyarakat/agama tokoh pendidikan, mahasiswa dan pemuda, yang hadir, Pak GM mengucapkan terimakasih. Kehadiran Bapak dan Ibu telah memberikan dorongan moral yang sangat besar kepada kami.

Bayangkan, Seperti Apa Suatu Hari Tapanuli
Akhirnya, Pak GM mengucapkan terimakasih yang tiada terhingga kepada Rektor Czech University of Agriculture Prague, Ceko, Yang Mulia Prof. Ing. Jan Hron dan semua jajarannya.
Berkata Pak GM: “Saya percaya, Tuhanlah yang mengutus Anda dan Tuhanlah yang ingin memakai Anda untuk membantu mengubah nasib Tapanuli melalui kerjasama dengan Unita.”
“Bayangkan, seperti apa suatu hari, kalau Tapanuli yang nanti sudah menjadi suatu Propinsi, rakyatnya sudah bisa hidup makmur dan sejahtera, modern namun tetap menjunjung tinggi agama dan adat istiadatnya, para petaninya sudah menggunakan teknologi pertanian dan peternakan dan mereka dapat hidup bahagia dalam damai.”
“Untuk itu, Anda layak mendapat pujian dan hormat dari kami.”
Semogalah Tuhan memberkati Republik Ceko dan Republik Indonesia, serta memberkati kita sekalian.
Sekian dan terimakasih. Horas!
Demikian antara lain kata sambutan DR GM Panggabean.

Tobasa Bantu Unita 10 Komputer
Perlu dikabarkan, pada acara ini, Pemkab Tobasa telah menyerahkan kepada Ketua Umum Yayasan, DR GM Panggabean 10 (sepuluh) buah komputer untuk Unita.
Hadirin spontan bertepuk tangan, ketika Pak GM mengumumkan, bahwa yang menyerahkan bantuan itu mewakili Pemkab Tobasa, adalah Ir Mindo Tua Siagian MS, yang tidak lain adalah putra dari alm. Prof. Ir. Pemimpin Siagian, Guru Besar USU), Rektor pertama Unita, yang sekarang sudah menjadi Wakil Bupati Tobasa.

Ulos dan Doa
Perlu dikabarkan, pada acara yang penuh sukacita dan bahagia itu, Ketua Yayasan Universitas Sisingamangaraja XII DR GM Panggabean dan isteri didampingi Rektor US XII, dan Rektor UNITA telah menyerahkan Ulos Batak kepada Dubes Republic Ceko untuk RI, Rektor Czech University of Agriculture Parague, Ceko, Gubsu Drs Rudolf M Pardede, Kopertis Wilayah I Prof T Sylvana Sinar, mantan Dubes RI di Ceko Pak Leonardo Lumbantobing, mantan Bupati Tapanuli Utara (kini Kepala Bappedasu) Drs RE Nainggolan MM.

Acara seremoni penandatanganan MoU yang dimulai tepat pukul 10.15 WIB berakhir tepat pukul 12.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama, telah berlangsung sangat sukses, tertib dan lancar, dipandu oleh MC Ir Adriani Siahaan MP (Purek I Unita) dengan menggunakan bahasa Inggeris, dengan pengarah Ketua BPH Yayasan Immanuel Panggabean BBA (alumni USA), Netty br Panggabean (alumni Singapura), dan Purek IV Unita Mauliate Simorangkir MSi.
Acara dibuka dengan lagu “Mars Universitas Sisingamangaraja XII” ciptaan Gorga Gultom yang dibawakan gabungan Paduan Suara STMIK dan Universitas Sisingamangaraja XII, dan acara kemudian ditutup dengan lagu “Oo Tano Batak” digabung dengan lagu “Tanah Airku Indonesia” (Nyiur Melambai). Sedang doa dipanjatkan oleh Pdt DR MD. Wakkary.

Dihadiri Sejumlah Bupati/Ketua DPRD
Rektor Universitas Sisingamangaraja XII Prof Ir MPL Tobing, Rektor Unita Ir P. Parapat MSi, Ketua STMIK Sisingamangaraja XII Drs Pangeran Sianipar MSc, bertindak sebagai tuan rumah, dan acara penandatanganan MoU ini dihadiri segenap civitas akademika ketiga perguruan tinggi yang menyandang nama Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII itu.

Dari kalangan Kepala Daerah, kelihatan hadir antara lain Walikota Medan Drs Abdillah MBA, Bupati Deli Serdang Drs Amri Tambunan MM, Bupati Serdang Bedagai Ir T Erry Nuradi, Bupati Simalungun Drs Zulkarnain Damanik, Plt Bupati Tapteng Ir Washington Tambunan, Wakil Bupati Tobasa Ir Mindo Tua Siagian MS, Wakil Bupati Taput Frans A Sihombing, Wakil Bupati Humbahas Drs Marganti Manullang.
Hadir juga sejumlah Ketua DPRD antara lain Ketua DPRD Kota Medan Sahdansyah Putra, Ketua DPRD Deli Serdang Wagirin Arman, Ketua DPRD Humbahas Bangun Silaban, Ketua DPRD Taput Fernando Simanjuntak SH, Wakil Ketua DPRD Samosir Ir Oloan Simbolon dan lain-lain.

Dari DPRDSU kelihatan hadir Drs Toga Sianturi, Drs Burhanuddin Rajagukguk, Elbiner Silitonga MBA, Ir Ramses Simbolon, Ir Harmen Manurung, Ir GM Chandra Panggabean dan lain-lain.
Juga hadir pengurus Panitia Pemrakarsa Pembentukan Propinsi Tapanuli antara lain Ketua Manaor Silitonga, Ir Hasudungan Butarbutar, Sanggam SH Bakkara, Letkol TNI (pur) Sitanggang dan lain-lain.
Dari organisasi kemahasiswaan hadir antara lain Ketua PMMI Raja Parlindungan Nasution, dari Pemuda GAMKI dan lain-lain. Juga Ketua PGI Sumut JA Ferdinandus, Pdt O. Pasaribu dan Pdt DR MD Wakkary. Hadir juga tokoh pendidikan yang juga pakar ekonomi Dr Polin LR Pospos dan anggota DPD-RI bidang pendidikan Parlindungan Purba dan lain-lain.

Para pejabat lainnya adalah Kepala Bappedasu Drs RE Nainggolan MM, Kepala Bainprom Sumut Drs Gandhi Diapari Tambunan MM, Kadis Pendidikan Sumut Drs Taroni Hia, Kadis Pertanian Sumut, Ir Bintara Tahir, Kadis Kebudayaan & Pariwisata Sumut Drs Ridwan Batubara dan lain-lain. Ketua partai politik antara lain Palar Nainggolan SH.
Selain itu hadir putra-putri Pak GM yang semuanya ikut aktif duduk di Pengurus Yayasan seperti Intan, Netty, Ir GM Chandra Panggabean, Immanuel Panggabean BBA, GM Windu Panggabean dan lain-lain.

Sumber : (R1/A14/A9/d) Harian SIB, Medan


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “Pak GM : Kerjasama dengan UNITA-Czech University Kesempatan untuk Memajukan Tapanuli”

  1. Tanggapan Marrollan:

    Kerja sama ini menurut saya sangat bagus…
    Saya sangat bangga …

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.