Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
7
Jun '06

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Menyampaikan Pidato pada Sidang International Labour Conference ke-95


Pada tanggal 5 Juni 2006, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Erman Suparno, telah menyampaikan pidato di hadapan Sidang International Labour Conference (ILC) ke-95 di Jenewa.

Dalam pidatonya, Menakertrans menjelaskan perkembangan pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia dengan menekankan kemajuan hak asasi tenaga kerja, implementasi jaminan sosial pada 9.000 kelompok pekerja di berbagai sektor, serta komitmen kuat Pemerintah Indonesia dalam melaksanakan program penghapusan pekerja anak. Menakertrans juga menyampaikan dukungan terhadap rencana pengesahan Konvensi mengenai Kerangka Promosi Keamanan dan Kesehatan Kerja (K-3) pada sidang ILC ke-95 serta upaya ILO untuk membantu memperbaiki kondisi ketenagakerjaan di Palestina dan wilayah pendudukan Israel lainnya. Selain itu, mengusulkan pula perlunya ILO memperkuat dialog sosial tripartite dan mendesain suatu konsep integral yang mencakup pelatihan, sertifikasi, dan penempatan pekerja dalam upaya membantu negara-negara berkembang menciptakan lapangan pekerjaan dan memberantas kemiskinan.

Menakertrans juga menyampaikan ucapan terima kasih atas simpati dan bantuan yang telah diberikan masyarakat internasional kepada para korban bencana gempa bumi yang terjadi di Yogyakarta dan sekitarnya pada tanggal 27 Mei 2006.

Selain menyampaikan pidato pada Sidang ILC ke-95, dalam kunjungan selama 3 hari di Jenewa, Menakertrans juga telah mengadakan pertemuan dengan Dirjen ILO, Dirjen IOM dan sejumlah Menteri Tenaga Kerja negara lain. Menakertrans berkesempatan pula menghadiri acara Doa Bersama untuk korban bencana gempa bumi di Yogyakarta dan sekitarnya yang diselenggarakan oleh Perutusan Tetap Republik Indonesia dan masyarakat Indonesia di Jenewa. Doa bersama dipimpin oleh pemuka agama Islam, Kristen, dan Budha.

Pada Sidang ILC ke-95 ini, wakil Delegasi RI dari unsur pengusaha, Sdr. Hasanuddin Rachman, dan unsur pekerja, Sdr. Rekson Silaban, juga mendapatkan kesempatan menyampaikan pidato yang pada pokoknya melengkapi pidato Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengenai kemajuan dalam dialog sosial tripartite di Indonesia.

Sidang ILC ke-95 berlangsung tanggal 31 Mei - 16 Juni 2006 di Jenewa dengan antara lain membahas mengenai perubahan pola pada dunia ketenagakerjaan, program penghapusan pekerja anak, konvensi baru di bidang K-3, hubungan ketenagakerjaan, serta kerjasama teknik. Sidang dihadiri oleh 178 negara anggota ILO dan Delegasi RI terdiri atas unsur tripartite (pemerintah, pengusaha, dan pekerja) serta anggota DPR.

Jenewa, 6 Juni 2006

Sumber :  Permanent Mission of Indonesia


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Tunggal Panaluan
Artikel selanjutnya :
   » » Sejumlah Pejabat Papua Terinfeksi HIV/AIDS