Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
1
Jun '06

Desersi 30 Hari, Dipenjara 21 Hari


Setelah menggelar sidang profesi terhadap 6 bintara yang bertugas di Polsek Tanjunguncang, Poltabes Barelang kembali menggelar sidang disiplin terhadap 8 bintara lainnya, Kamis (1/6).

Ke 8 bintara tersebut adalah Bripda Indra Gunawan, anggota Satlantas Poltabes, yang dituduh menganiaya orang. Namun sidang ini terpaksa ditunda, karena bukti yang diajukan penuntut lemah dan Indra sendiri membantah melakukan penganiayaan.

Sidang selanjutnya adalah Briptu Raja Roy yang melakukan desersi selama 30 hari. Briptu Raja Roy, yang berdinas di Poltabes Barelang, terpaksa harus menjalani hukuman selama 21 hari dan mendapat teguran keras.

Bersamaan dengan sidang Briptu Raja Roy, turut disidang pula 6 anggota polisi lainnya, yakni Bripda Reza Pahlevi, Bripda Defrius, Nomensen Silaban, Azis Martua Siregar, Rio Ranal Kaban, Briptu Jhonson. Ke 6 polisi tersebut mendapat hukuman lebih ringan dibanding dengan yang dijatuhkan kepada Briptu Raja Roy.

Ke 6 polisi ini, terbukti tidak mengikuti apel pagi serta apel siang lebih dari 3 kali dalam 2 bulan terakhir dan mendapat teguran keras.

Sidang terhadap para polisi aktif tersebut dipimpin langsung oleh Kabag Min, Kompol Ibrahim Tompo dan didampingi Kanit KP3D AKP Suyanto.

Ibrahim mengatakan hukuman yang diterima Bripda Raja Roy, sudah sesuai dengan pelanggaran yang dilakukannya. Apalagi saat persidangan, Bripda Raja Roy tidak bisa memberikan alasan mengenai desersinya.

‘Dia tidak bisa memberikan alasan yang kuat mengenai alasannya meninggalkan Dinas selama 30 hari,'’ ujar Ibrahim dan menambahkan jika dia melakukan desersi sekali lagi, dapat dipastikan akan dicopot dari kepolisian.

Pemberian hukuman terhadap beberapa anggota polisi tersebut, lanjut Ibrahim, merupakan salah-satu cara untuk mencegah agar setiap anggota tidak melakukan perbuatan yang sewenang-wenang. ‘’Jadi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman terhadap anggota, bahwa mereka tidak hanya memiliki wewenang, tapi juga tanggung jawab,'’ tambahnya.

Sedangkan sidang disiplin terhadap Iptu Sarbini batal dilaksanakan, karena yang memimpin sidang adalah Wakapoltabes Barelang AKBP Muhammad Jufri, yang kebetulan sedang mengadakan pertemuan dengan Komisi I DPRD Batam membahas ranperda CCTV, siang tadi.

Sumber : (Magid) Batam Today, BatamĀ 


Ada 3 tanggapan untuk artikel “Desersi 30 Hari, Dipenjara 21 Hari”

  1. Tanggapan magid:

    Ha….kok tulisan ini muncul disini? aku malah gak tahu, baru buka hari ini…bener2 thank’s deh untuk yg punya web ini udah mau nampilkan beritaku..skali lagi tks. More About me lets with my web www.freewebs.com/magid007 or http://magidbatamtoday.blogspot.com

  2. Tanggapan Charly Silaban:

    Trims atas kunjungannya Bung Magid.. dan trims buat Artikelnya juga.. :)

  3. Tanggapan magid:

    kalau boleh….artikel ku soal G30S di muat juga..lumayan banyak tuh sumbernya..dari bebereapa buku yg beredar di luar negeri..sampai data CIA yg pernah bocor ke wartawan AS. Cuman sayang….tidak satupun media yg mau nerbitkan di batam, termasuk kantorku sendiri….

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Ephorus HKI Dr. Burju Purba: Umat HKI Jangan Egois
Artikel selanjutnya :
   » » Tak Ikuti Apel, Polisi Di Sel