Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
31
Mei '06

Wakil Ketua DPW PAN Sumut dan Ketua DPD PAN Humbahas Dukung Pembentukan Propinsi Tapanuli


Wakil Ketua DPW PAN (Partai Amanat Nasional) Sumut Jahormat Hutasoit dan Ketua DPW PAN Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Mullop Hutasoit SE, Jumat (26/5) secara terpisah di Doloksanggul mengatakan, sangat mendukung lahir dan terbentuknya Propinsi Tapanuli. Kedua fungsionaris partai itu juga salut atas kesepakatan Pempropsu dan panitia untuk melahirkan dan terwujudnya Propinsi Tapanuli dalam tempo singkat sehingga dukungan dari berbagai elemen masyarakat selalu mengalir. Pertemuan akbar guna merealisasikan pembentukan Propinsi Tapanuli yang direncanakan dipusatkan di kota Sibolga yang dihadiri 13 KDH Kabupaten dan Kota berikut masing-masing Ketua DPRD-nya juga patut didukung.

Jahormat Hutasoit yang juga mantan anggota DPRD Taput itu mengungkapkan pembentukan Propinsi Tapanuli tidak bisa lagi ditawar-tawar dan harus tercapai sesuai keinginan masyarakat. Selain mengangkat daerah tersebut menjadi makmur dan sejahtera terbentuknya Propinsi Tapanuli juga akan mendatangkan pekerjaan yang besar untuk keperluan masyarakat luas. Propinsi Tapanuli sudah sepatutnya cepat terbentuk demi kesejahteraan masyarakat Tapanuli. Sebab, daerah Tapanuli sangat luas serta dapat berdiri sendiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Karena selain wilayahnya luas, daerah Tapanuli sangat menjanjikan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Namun walaupun demikian, kata Jahormat terwujudnya Propinsi Tapanuli tidak terlepas dari dukungan seluruh lapisan masyarakat dari golongan manapun.

Mullop Hutasoit SE juga mengungkapkan, kawasan Tapanuli merupakan tanah yang subur dan kaya akan potensi SDA (Sumber Daya Alam) dan SDM (Sumber Daya Manusia) namun belum tergali. Jadi apabila Propinsi Tapanuli terbentuk maka otomatis SDM akan muncul ke permukaan demi kemakmuran rakyat. Alumni Fakultas Ekonomi USU itu juga menghimbau seluruh lapisan masyarakat baik itu pemerintah, swasta, pengusaha, tokoh masyarakat baik di perantauan (parserahan) maupun di Bona Pasogit supaya bergandengan tangan dan sama-sama mendukung terbentuknya Propinsi ini. Yang sudah lama ditunggu-tunggu dan didambakan masyarakat Tapanuli khususnya Humbang Hasundutan. Apabila Propinsi Tapanuli terwujud maka perekonomian masyarakat meningkat dan juga investor akan menanamkan modalnya di daerah Tapanuli.

Sementara itu, Pebruari 2006 lalu DPRD Humbang Hasundutan (Humbahas) sudah rapat paripurna mengenai pembahasan pembentukan Propinsi Tapanuli. Dari hasil rapat paripurna yang langsung dipimpin Ketua DPRD Humbahas Bangun Silaban SE, telah disepakati lahirnya Propinsi Tapanuli dan sudah diagendakan serta membuat statemen yaitu “Pembentukan Propinsi Tapanuli Sudah Mendesak”.

Bahkan dari hasil rapat, DPRD Humbahas sudah membulatkan tekad mewujudkan Propinsi Tapanuli tanpa mempersoalkan ibukota. Bangun Silaban SE yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Humbahas saat itu mengungkapkan bahwa pembentukan Propinsi Tapanuli harus didukung semua pihak baik pemerintah maupun swasta. Menurutnya, sejak dulu Propinsi Tapanuli sudah didengung-dengungkan dan sudah saatnya terealisasi dengan cepat. Bila diperhatikan kawasan Sumatera Utara secara geografis sudah sepatutnya dibagi, khususnya Propinsi Tapanuli. Keputusan bersama ini telah disampaikan DPRD Humbahas kepada Menteri Dalam Negeri di Jakarta, DPR-RI di Jakarta, Gubsu, DPRDSU, Bupati Humbahas, Ketua Fraksi-Fraksi DPRD Humbahas dan Muspida Humbahas.

Sumber : (RHS/o) Harian SIB, Dolok Sanggul


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.