Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
15
Mei '06

Pengusaha-Buruh Sepakat Bersatu


Kalangan pengusaha dan buruh sepakat bersatu, melupakan perbedaan dan bersama-sama memperbaiki iklim investasi di Indonesia. Demikian kesepakatan yang muncul usai pertemuan bipartit antara pengusaha dan buruh di Jakarta, Jumat (12/5).

Hadir dari kalangan pengusaha antara lain Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofyan Wanandi, Sekjen Apindo Djimanto, Ketua Umum Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Harjanto, Ketua Dewan Penasihat Aprisindo Anton Supit, Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Benny Sutrisno dan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Hariadi Sukamdani.

Sedang kalangan buruh diwakili antara lain Ketua Umum Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSPSI) Rekson Silaban dan Ketua Federasi SP BUMN Bersatu Arif Poyuono.
Sofyan Wanandi mengatakan, pada bulan Juni mendatang, pengusaha dan buruh akan melakukan pertemuan bipartit nasional yang direncanakan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
“Pertemuan akan dihadiri seluruh SP (serikat pekerja) dan SB (serikat buruh) serta pengusaha dari seluruh Indonesia,” katanya.

Menurut dia, SP dan SB yang diundang adalah yang representatif yakni memiliki anggota dan telah mendapat verifikasi pemerintah.
Sementara Rekson Silaban mengatakan, sebelum pertemuan akbar pada Juni itu, pengusaha dan buruh juga sepakat membentuk tim kecil yang akan merumuskan berbagai masalah yang menjadi beban keduanya.

“Mulai dari ketersediaan infrastruktur, penyelundupan hingga perpajakan,” katanya.
Rekson menambahkan, dalam pertemuan bipartit nasional nanti sudah disepakati tidak membahas revisi UU No 13 tentang Ketenagakerjaan yang saat ini menjadi perdebatan.
Mengenai ketidakhadiran Wakil Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dalam pertemuan, Rekson mengatakan, organisasi tersebut tidak hadir karena tengah bersolidaritas atas penahanan delapan anggotanya di Polda Metro Jaya pascakerusuhan 3 Mei lalu.

Sumber : (kpn/rit) Medan Bisnis Online


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Pengusaha dan Buruh Sepakat Berdialog
Artikel selanjutnya :
   » » Labor unions, business groups agree to end ongoing dispute