Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
1
Mei '06

Ketua DPRD Humbahas Didesak Segera Limpahkan Hasil Pansus CPNS TA 2005 ke Penegakan Hukum


Ketua LSM Tapanuli Coruption Watch yang berkantor di Tarutung Taput HerbertSinaga mengatakan, upaya-upaya yang dilakukan Pansus CPNS TA 2005 dengan ketuanya Tiopan Simamora SE dalam membahas dugaan manipulasi tentang penerimaan CPNS di Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas) patut dipuji dan diacungkan jempol. Sehingga diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat mendukungnya demi supremasi dan penegakan hukum khususnya di Humbahas.

Untuk itu, LSM Tapanuli Coruption Watch mendesak pimpinan DPRD Humbahas dengan ketuanya Bangun Silaban SE dan wakil Kristian Situmorang dan Bangun Hutasoit supaya segera melimpahkan hasil temuan Pansus CPNS TA 2005 ke penegak hukum.

Hal itu ditegaskan Herbert Sinaga kepada wartawan, Minggu (30/4) melalui telepon selularnya ketika dimintai komentarnya tentang adanya dugaan manipulasi dan kejanggalan-kejanggalan dalam penerimaan CPNS TA 2005 di Pemkab Humbahas. Beliau juga menegaskan, apabila memang Pansus sudah menemukan manipulasi dalam penerimaan CPNS TA 2005 di Pemkab Humbahas harus segera dituntaskan demi penegakan hukum yang bersih menuju good government.

Hasil kerja Pansus CPNS yang telah dilalui dengan berbagai cara serta susah payah harus dipuji dan patut didukung seluruh lapisan masyarakat agar penegakan hukum dan pemenuhan rasa keadilan bagi masyarakat terwujud. Sepengatahuan LSM, Pansus menemukan beberapa kejanggalan dan dugaan manipulasi penerimaan CPNS TA 2005 dan telah diserahkan kepada pimpinan DPRD Humbahas, Rabu (26/4) lalu setelah diputuskan dalam rapat paripurna. Namun pimpinan DPRD Humbahas , Rabu (26/4) lalu setelah diputuskan dalam rapat paripurna. Namun pimpinan DPRD Humbahas berpendapat bahwa hasil Pansus harus dikaji lebih matang sesuai prosedur hukum. Kemudian setelah pimpinan DPRD Humbahas membahasnya maka berkas temuan Pansus itu dilimpahkan ke penegak hukum.

Disebutkan, Pansus menemukan sedikitnya ada 18 kasus menonjol yang jelas-jelas melanggar peraturan dan tidak sesuai SK Menpan dan PP Nomor 48 tahun 2005 tentang pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS dan pengangkatan CPNS dari umum. Bahkan, demi memenuhi tuntutan rakyat, Pansus dikoordinir Wakil Ketua DPRD Humbahas Kristian Situmorang berangkat dari Doloksanggul ke Medan untuk menyesuaikan pengumuman yang ditempelkan di BKD Pemkab Humbahas dengan hasil LPJ USU di BKD Propinsi. Ternyata Pansus menemukan beberapa kejanggalan. Untuk itu, LSM Tapanuli Corruption Watch sekali lagi menegaskan dan mendesak pimpinan DPRD Humbahas supaya berkas temuan Pansus segera dilimpahkan ke aparat dalam hal ini pihak Polres Humbahas “LSM meminta dengan tegas supaya bola panas yang diserahkan Pansus ke pimpinan DPRD segera dilimpahkan. Jangan sempat terjadi bola panas itu dingin sendiri,” tegas Herbert Sinaga.

Sesuai dengan catatan SIB, sebelumnya Kristian Situmorang dan Bangun Hutasoit sudah pernah berkomentar supaya penerimaan CPNS TA 2005 di Humbahas ditinjau kembali karena melanggar SK Menpan. Namun nampaknya pihak eksekutif tidak mengindahkan komentar wakil rakyat itu sehingga setelah ada hasil pengumuman ujian terjadi komplain di antaranya sesama peserta. Karena ada peserta diumumkan namanya lulus tapi nomornya milik peserta lain. Bahkan ada peserta lulus khususnya dari tenaga honorer tanpa memenuhi syarat. Ketua DPC PPDI Humbahas Birnes Simamora juga pernah berkomentar bahwa penerimaan CPNS TA 2005 di Humbahas banyak didapat kecurangan. Sehingga kinerja Pemkab Humbahas dinilai belum sesuai dengan yang diharapkan masyarakat luas. Jadi penerimaan CPNS diduga telah terjadi penipuan dan pembohongan publik. Menurutnya, Humbahas dibentuk bukan untuk kepentingan pribadi.

Sumber : RHS/u, Medan, Harian SIB


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » May Day Aman, Pemerintah Berterimakasih
Artikel selanjutnya :
   » » Presiden: Fasilitasi Peringatan Hari Buruh