Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Minggu
30
Apr '06

Jelang Kedatangan Ribuan Buruh, PT KA Siaga Satu


Kepala Hubungan Masyarakat Daerah Operasi I Divisi Jabodetabek PT Kereta Api (KA), Achmad Sujadi, mengatakan hingga sore ini PT KA berstatus siaga satu, menyusul rencana kedatangan ribuan buruh dari berbagai daerah yang akan berunjuk rasa memperingati Hari Buruh Internasional di Jakarta, besok (Senin, 1/5).

“Selain menyiapkan beberapa Posko, kami juga menurunkan tim keamanan gabungan dari staf dari PT KA dan aparat kepolisian setempat untuk mengantisipasi terjadinya tindakan anarkis para buruh yang baru tiba di Stasiun Gambir, Senen, dan Jatinegara,” kata Ahmad di Jakarta, Minggu (30/4).

Menurut Achmad, hingga sore ini jumlah penumpang dari berbagai daerah di Pulau Jawa masih normal, bahkan pihaknya mengaku belum mendapat laporan tentang adanya peningkatan jumlah penumpang tujuan Jakarta, baik penumpang kereta api kelas ekonomi maupun bisnis.

Ahmad menjelaskan, para pejabat dan staf PT KA harus sudah ada di tempat tugas dan selalu siaga di sejumlah titik yang sering digunakan sebagai jalur keluar masuk penumpang kereta api yang baru tiba di Jakarta.

“Pengamanan akan lebih ditingkatkan pada malam nanti hingga besok siang, sebab kami memprediksi sebagian besar para buruh itu akan menggunakan kereta ekonomi yang tiba di Jakarta pada Minggu malam hingga Senin pagi,” katanya.

Berkumpul

Sementara itu Ketua Umum DPP Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), Rekson Silaban, mengatakan puluhan ribu buruh dari berbagai serikat buruh nasional seluruh Indonesia, malam nanti sekitar pukul 19.00 WIB akan berkumpul di Gedung Juang 45, Jalan Menteng Raya No.31 Jakarta Pusat, untuk memperingati Hari Buruh Internasional yang jatuh pada Senin (1/5).

“Acara peringatan hari buruh di Gedung Juang malam nanti tidak ada yang istimewa, hanya kumpul-kumpul dan berbagi rasa para buruh. Acara itu sekaligus untuk menunggu teman-teman dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan daerah lain yang dijadwalkan akan tiba Minggu dini hari,” ungkap Rekson usai unjuk rasa di depan Gedung Istana Negara Jakarta, Minggu siang.

Rekson menambahkan, lebih dari 500 buruh asal Jawa Barat, akan tiba di Jakarta pada Minggu malam dengan menggunakan transportasi sepeda motor secara rombongan.

Menurut Rekson, aksi unjuk rasa yang digelar KSBSI di depan Istana Negara siang tadi, dan acara kumpul bersama para buruh dari berbagai serikat pekerja malam nanti bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa kaum buruh akan tetap menjaga kedisiplinan dan damai dalam melakukan unjuk rasa.

“Jika pada hari buruh terjadi kerusuhan atau tindakan anarkis lainnya yang berkaitan dengan aksi unjuk rasa para buruh secara besar-besaran di Jakarta, maka Hari Buruh tahun depan masyarakat akan trauma dan tidak akan simpati lagi terhadap kaum buruh, sehingga kami berjanji aksi besok akan berjalan tertib dan damai seperti unjuk rasa hari ini,” paparnya.

Lebih lanjut Rekson mengatakan, aksi damai yang akan dilakukan kaum buruh pada Senin (1/5) akan diikuti sedikitnya 50 ribu hingga 80 ribu buruh dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. “Sekitar 50 ribu hingga 80 ribu buruh seluruh Indonesia seperti Jabotabek, Sulawesi, Jawa Tengah Jawa Barat, juga Jawa Timur pada 1 Mei akan melakukan demo secara besar-besaran di Jakarta,” ujarnya.

Rekson menjelaskan KSBSI mendesak agar pemerintah menetapkan 1 Mei sebagai hari libur bagi buruh, serta pemerintah tidak melanjutkan revisi UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, karena revisi UU tersebut dikhawatirkan akan memperpanjang penderitaan buruh dan meningkatkan pengangguran.

Sumber: (Ant/Ima) Kompas Cyber Media, Jakarta


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Jelang Mayday, 300 Buruh Aksi Damai di Bundaran HI
Artikel selanjutnya :
   » » Warga Jakarta Diminta Hindari Rute Demonstrasi Buruh