Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Selasa
4
Apr '06

Jabatan Ngatidji Tak Diperpanjang


Pensiun, Diganti Arief Dharmansyah

Nasib Ir Ngatiadji sebagai kepala Dinas Tata Kota dan Permukiman Surabaya sudah ditetapkan. Wali Kota Bambang D.H. tidak memberi perpanjangan pensiun lagi kepada mantan kepala eks Dinas Bangunan itu, terhitung 1 April lalu. Sebagai gantinya, wali kota menunjuk Kabid Perencanaan Tata Ruang Arief Dharmansyah sebagai pelaksana tugas (Plt) di salah satu dinas yang dikenal “basah” itu.

Sebetulnya, selain Arief, wali kota juga mengajukan dua nama lain ke Gubernur Imam Utomo untuk mendapat persetujuan. Yakni, Kabid Fisik dan Prasarana di Bappeko Togar Arifin Silaban, dan Kabag Tata Usaha di Dinas Tata Kota dan Permukiman Julianty Subandhiny. Namun, wali kota lebih sreg menunjuk nama Arief sebagai Plt pengganti Ngatiadji.

“Masa pensiun Pak Ngatiadji memang tidak diperpanjang lagi. Tapi, bukan berarti kinerja beliau tidak bagus. Prestasasinya tercatat cukup membanggakan. Di antaranya mendapat penghargaan ISO dalam hal perizinan,” kata Wakil Wali Kota (Wawali) Arif Afandi, kemarin.

Yang menarik, gembar-gembor pemkot mencari pengganti Ngatiadji melalui fit and proper test oleh tim independen ternyata hanya sebatas lips service. Artinya, fit and proper test itu tidak jadi dilakukan. Tetapi, wali kota langsung mengajukan nama Arief Dharmansyah.

Wawali berdalih, pembatalan fit and proper test itu karena mepetnya penyetoran nama-nama pejabat pengganti Ngatiadji ke meja wali kota dari Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Bapperjakat). “Pak Wali mengaku baru menerima Rabu (29/3) lalu. Sehingga, kami terkesan di-faith accomply. Padahal, seharusnya paling tidak perlu waktu yang cukup untuk memutuskan,” ujarnya.

Berdasarkan catatan Jawa Pos, sebetulnya ada banyak pejabat eselon II (setingkat kepala dinas dan badan) di era Bambang D.H. yang telah “menikmati” perpanjangan pensiun. Di antaranya, mantan Asisten I Sekkota Santoso, mantan Sekretaris DPRD Surabaya I Made Surem, mantan Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Ir Tondojekti, mantan Kepala Dispol Pamong Praja (PP) Kadri Kusuma, dan mantan Kepala Dinas Pendapatan Muhtadi. Dan, baru tercatat Ngatiadji yang tidak diperpanjang.

Kenapa Ngatiadji yang sempat digandoli dewan itu tidak diperpanjang? Kabar yang berkembang, jika sampai Ngatiadji diperpanjang maka berpotensi muncul gejolak internal. Sebab, pejabat pemkot lain yang bakal pensiun bukan tidak mungkin menuntut perpanjangan juga. Maklum, selain Ngatiadji, ada beberapa pejabat yang juga bakal pensiun. Di antaranya Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Juli Subianto, Kabag Pemuda dan Olahraga Nasirin, Kabag Kerja Sama Subodro, Kepala Badan Keuangan Purwito, dan sejumlah pejabat lain. Padahal, semangat perampingan struktur salah satunya adalah efektifitas dan efisiensi.

Namun, Wawali menepis kabar tersebut. Dikatakan, pertimbangan memperpanjang atau tidak pejabat bergantung pada kebutuhan. “Bukan tidak mungkin, jika pemkot tetap membutuhkan maka akan diperpanjang pensiun,” elaknya.

Terpisah, Wali Kota Bambang D.H. menambahkan pertimbangan dirinya memilih Arief lantaran pejabat itu sudah berpengalaman menjadi kepala dinas. Yakni, Dinas Tata Kota sebelum dimerger dengan Dinas Bangunan. “Dua pejabat lain bukan berarti tidak berpengalaman. Tetapi, Pak Togar dan Bu Julianty keberadaannya masih dibutuhkan satuan kerja masing-masing. Namun demikian, bisa saja sesuai kewenangannya Gubernur tidak menetapkan nama lain, meski saya sudah menunjuk Pak Arief sebagai Plt,” ujarnya.

Sumber : (hud)  Jawa Pos, Surabaya


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Ahmad Sani Silaban - Cacat Tak Menghalanginya Jadi Perajin Sepatu
Artikel selanjutnya :
   » » the book launch of soulmate.com