Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Selasa
4
Apr '06

Education Exhibition Petra Christian University 2006 : The Spirit of Excellence


“Ajang Mengekspresikan Jiwa Seni dan Kecerdasan Intelektual Dengan Semangat Terbaik”

Education Exhibition Petra Christian University 2006Menjadi bagian dari komunitas masyarakat Surabaya adalah hal yang sangat membanggakan bagi Universitas Kristen Petra. Sebagai universitas yang mempunyai visi A Caring and Global University, Petra ingin lebih mendekatkan diri kepada masyarakat Surabaya dan peduli terhadap perkembangan sosial yang terjadi saat ini. Dengan latar belakang tersebut UK Petra menggelar pemeran pendidikan yang sudah menjadi agenda rutin setiap tahun sejak 1998. Mengusung tema The Spirit of Excellence, Petra ingin memberikan karya terbaiknya untuk masyarakat Surabaya dengan mengusung semangat terbaik.

“Sesuai dengan misi UK Petra, kami ingin memberikan sesuatu untuk masyarakat Surabaya. Maka dari itu tema acara pada hari ini adalah My Tribute to Surabaya,” jelas Meilinda, S.S, M.A host acara pada sore hari itu sebelum memutar film dokumentasi Surabaya Modern Architectural Heritage. Pada pukul 15.00 WIB UK Petra Education Exhibition 2006 resmi dibuka dengan pemencetan bel panjang oleh rektor UK Petra, Ir. Paulus Nugraha, M.Eng, M.Sc. dan Togar Silaban, pejabat Bappekko.

Acara kemudian dilanjutkan dengan talkshow ‘Problematika Kota Surabaya” yang menghadirkan Togar Silaban, Timoticin Kwanda, B.Sc., MRP (ahli tata kota dan dosen Teknik Arsitektur), dan Rudi Setiawan, MT (ahli tata kota dan dosen Teknik Sipil) sebagai pembicara dan Ir. Freddy H. Istanto, MT (dosen Teknik Arsitektur) sebagai moderator. Talkshow ini membahas semua permasalahan di Surabaya sekaligus mencari solusi terbaik untuk mengatasinya. Misalnya saja pembuatan subway seperti di Singapura untuk mengatasi kemacetan lalu lintas. “Sayang sekali hal itu tidak dapat diwujudkan karena ….,”jawab Rudi.

Tahun ini pameran pendidikan diadakan di Atrium Tunjungan Plaza III selama tiga hari berturut-turut (3-5/3) mulai pukul 11.00 – 21.00. Bekerja sama dengan Jawa Pos, EBS FM, dan Suara Surabaya FM pameran ini terbuka bagi masyarakat umum yang ingin memperoleh informasi seputar pendidikan di UK Petra. Berbagai lomba digelar baik untuk mahasiswa ataupun untuk anak SMA dari berbagai fakultas. Fakultas Ekonomi misalnya mengadakan Lomba Student Stock Exchange Game 2006 (3/3) dan PX Teen Award (5/3). Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan mengadakan Lomba Green Architecture (3/3) dan Bridge Competition (5/3). Fakultas Seni dan Desain menggelar Lomba Solusi Desain. Dari Fakultas Sastra ada Lomba Membuat Buletin dan Lomba Polyglot (4/3). Stand mereka pun paling banyak dikunjungi pengunjung yang ingin dituliskan namanya dalam huruf kanji oleh Jean Mowen lao shi dan Qiu Se Quan lao shi. Final Lomba Presenter Berita Televisi 2006 (4/3) dari Fakultas Ilmu Komunikasi benar-benar menjadikan area pameran penuh sesak oleh lautan manusia. Selain keenam fakultas tersebut ada juga stand dari Magister Teknik Sipil, BAKP, dan Continuing Education (CE).

Setiap fakultas juga berlomba-lomba untuk menampilkan karya mahasiswa mereka masing-masing. Fakultas Teknologi Industri menjadi yang paling produktif, banyak sekali produk menarik yang mereka tampilkan. Jurusan Teknik Elektro menampilkan robot mekaniknya, Jurusan Teknik Mesin memamerkan Cannal Boat Racingnya yang hemat energi karena menggunakan tenaga uap serta anti polusi, Teknik Industri membagikan miniatur sandal hasil produksi Laboratorium Perancangan Sistem Industri, dan Teknik Informatika

Hadir turut memeriahkan suasana selama pameran adalah H2O Band, HB Band, dan Ekspatriat Band. Mereka tampil atraktif menyuguhkan lagu-lagu top hits saat ini. Bukan hanya berbagai lomba saja yang mengisi pameran ini tetapi juga UK Petra menampilkan karya pendidikan dan karya seni mahasiswanya seperti tema hari kedua “UK Petra and Cultural Heritage” dan hari ketiga “UK Petra dan Karya Pendidikan”. UKM Matrapala dengan aksinya terjun dari lantai 6 Tunjungan Plaza membuat pengunjung menahan napas. UKM Paduan Suara tampil mengesankan menyanyikan secara medley lagu-lagu dari soundtrack film legendaris dan menampilkan atraksi budaya “Tjak”. Jurusan Asia Timur bekerja sama dengan Yayasan Senopati unjuk kebolehan memainkan erl hu, tice dan kuceng melantunkan lagu mandarin top hits. UKM Wushu dan Tae Kwondo membius suasana dengan gerakan-gerakan mautnya.

Keanekaragaman budaya di ndonesia dapat terlihat dari persembahan mahasiswa Kawasan Indonesia Timur (KTI) yang menampilkan tarian daerah asal mereka seperti Tari Sajojo, Tari Rokatenda, Tari Giring-Giring, dan Tari Orlapey. Bersamaan dengan pameran ini juga diadakan tes masuk untuk siswa SMA di Plenary Hall pada tanggal 4-5 Maret 2006.

Sumber : (Mellisa) DwiPekan Online


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Arief Darmansyah Gantikan Ngatiaji
Artikel selanjutnya :
   » » Protesters warn politicians about labor law revisions