Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Jumat
24
Mar '06

DPRD Humbang Hasundutan akan Bentuk Pansus Penerimaan CPNS 2005


DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dalam waktu dekat akan membentuk Pansus dalam penerimaan CPNS    formasi 2005 karena banyak ditemukan kejanggalan-kejanggalan yang tidak sesuai dengan prosedur.

Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Humbahas Bangun Silaban SE di hadapan Sekdakab Ir Jonner Hutagaol MM, Kabag Kepegawaian Drs AP Marbun dan anggota DPRD Humbahas lainnya saat dengar pendapat tentang penerimaan CPNS 2005, Kamis (23/3) di ruang rapat DPRD Humbahas. Puluhan simpatisan dari berbagai lapisan masyarakat juga hadir dan mendukung dibentuknya Pansus CPNS. Bahkan dalam rapat itu ada terdengar suara supaya hasil pengumuman CPNS di Humbahas dibatalkan karena banyak ditemukan keganjilan yang bertentangan dengan peraturan.

Para simpatisan yang mengaku ikut ujian CPNS 2005 di Humbahas tapi tidak lulus menjelaskan, ada peserta tidak hadir dalam ujian tapi dalam pengumuman yang ditempelkan di kantor Bupati Humbahas dan diterbitkan di media cetak dikatakan menang. Salah satu yang dipaparkan simpatisan itu adalah atas nama Melfa Br Manullang dengan nomor peserta 361230019 lulus di Satpol PP dari jenjang pendidikan SMA IPA. Menurut mereka bahwa Melfa Br Manullang benar punya nomor testing tapi saat ujian berlangsung dia (maksudnya Melfa) tidak hadir.

Usai dengar pendapat antara eksekutif dan legislatif. Ketua DPC PPDI (Partai Penegak Demokrasi  Indonesia) Humbahas Birnes Simamora menjelaskan kepada wartawan sangat mendukung sepenuhnya dibentuknya Pansus DPRD Humbahas khusus dalam menyelesaikan CPNS 2005. Menurutnya, peneriman CPNS 2005 di Humbahas banyak terjadi manipulasi dan kecurangan dan hasil tersebut labih baik ditolak. Juga diminta pihak Kejaksaan jangan tinggal diam dalam persoalan itu dan harus mengusut  sampai tuntas di mana letak persoalannya dan siapa yang salah, supaya masyarakat tahu.

“Penerimaan CPNS di Humbahas kali ini banyak ditemukan kejanggalan sehingga masyarakat menilai bahwa kinerja Pemkab Humbahas belum sesuai dengan yang diharapkan masyarakat luas. Masa dalam hasil pengumuman ditemukan nama peserta yang lulus tidak sesuai dengan nomor ujiannya. Jadi jelas-jelas di sini bahwa dalam penerimaan CPNS tersebut terjadi penipuan dan pembohongan publik,” ujar Birnes.

Dikatakan Humbang Hasundutan dibentuk bukan untuk kepentingan pribadi tapi kepentingan seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. “Saya juga menerima laporan bahwa ada peserta diumumkan lulus tapi tidak ikut ujian, Ini sudah jelas-jelas merupakan penipuan. Ada pejabat teras di Humbang Hasundutan yang kita cintai ini punya ajudan yang berlebihan, ini juga saya sesalkan. Mestinya pejabat itu cukuplah punya satu supir dan satu ajudan, ini malah ada supirnya yang berlebihan yang penggajiannya dari APBD. Kemudian untuk apa tenaga honorer yang digaji APBD ditempatkan di rumah dinas lebih dari satu orang. Jadi sekali lagi saya minta kepada pihak Kejaksaan supaya persoalan ini diselidiki sampai tuntas,” tegas Birnes Simamora.

Sementara itu seorang peserta yang tidak bersedia disebutkan jati dirinya yang lulus dalam ujian CPNS 2005 menjelaskan kepada wartawan sah-sah saja dibentuk Pansus CPNS tapi jangan dikorbankan yang memenuhi syarat. “Silakan saja dibentuk Pansus dalam penyelidikan hasil penerimaan CPNS ini tapi kami yang lulus dan yang memenuhi syarat tidak perlu ditindak. Kalau memang ada peserta yang lulus tapi tidak memenuhi syarat bolehlah ditindak,” ujar pria yang bergelar Sarjana Hukum itu.

Sumber : (RHS/r) Harian SIB, DOlok Sanggul


Ada 3 tanggapan untuk artikel “DPRD Humbang Hasundutan akan Bentuk Pansus Penerimaan CPNS 2005”

  1. Tanggapan Halomoan S.:

    Horas Humbahas!
    Saya punya satu info penting tentang adanya kecurangan dan kebrutalan pejabat di humbahas yang meluluskan byk Cpns yang tidak layak lulus tapi lulus Ujian Cpns thn 2006.
    Ada salah seorang teman saya yang Berinisial D.Manurung jurusan sejarah S1 dari formasi pelamar umum untuk guru SMP yang sangat tepat jika dikatakan telah berbuat curang demi kelulusannya thn ini menjadi Pns.
    Hal-hal yang membuat saya curiga adalah adanya permainan D.S atau pihak keluarganya dgn Pejabat(Bupati Humbahas)shg dia lulus Cpns adalah:
    1.Sehari sebelum ujian berlangsung yang bersangkutan telah dapat mengatakan/berkoar bahwa Ujian Bhs.Inggris tidak ada. Dari sini dapat kita ketahui bahwa ada org/pejabat di humbahas yang dekat/family dgn kluarganya yang membocorkan soal ujian dan jawaban ujian.
    2.Pada saat ujian yang bersangkutan dgn Hp menghubungi saya utk menanyakan jawaban soal psikotes (pura-pura tidak tau atau sudah tau jwbannya)tetapi dipengumuman yang bersangkutan lulus.(Sangat mustahil org yang minta jawaban saat ujian tp tidak dapat saya berikan dpt lulus)
    3.Saya dengar setelah lulus menjadi pns yang bersangkutan mengurus penempatan di Smp neg 4 Humbahas tentu dengan bantuan para pejabat berhati iblis/koruptor/nepositor di
    Pemerintahan Kab.Humbahas.
    Pesan-Pesan
    1. Kepada Para Pemerhati dan para anti KKN di kab.Humbahas segera respon satu info berharga ini sebelum SK Menteri keluar/sebelum penempatan PNS benar2 keluar.Segera teruskan info ini pada para generasi anti KKN di humbahas demi Kabupaten kita Humbahas bersih dari KKN.
    2. Segera periksa semua pejabat yang mengatur kelulusan dan penempatan PNS di humbahas termasuk Bupatinya yang tidak jujur (Lebih baik demi masa depan humbahas dipecat saja)
    3.DPRD Humbahas jgn diam atau memang byk dari sana pejabat yang ikut meluluskan dan mengatur penempatan Pns di humbahas (Sama saja kalian juga Manusia binatang yg haus akan uang)
    Sekian dulu info dari saya.
    Saya sangat mendukung pansus cpns humbahas dibentuk
    Tolong rahasiakan nama saya dazn alamat email saya.
    Mauliate dan HORAS HUMBAHAS

  2. Tanggapan anton sagala:

    jgn macam-macam kau halomoan

  3. Tanggapan HutabaraT:

    Kapan kira-kira pak penerimaan PNS nya di mulai.
    kasih bocoran soalnyalah pak.

    Thanks

    GBU.

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.