Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
22
Mar '06

HKBP Tidak Berpolitik


Majelis Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Balikpapan Resort Kaltim gerah dengan adanya advetorial di sebuah surat kabar daerah yang menyatakan dukungan kepada salah satu pasangan calon walikota dan wakil walikota. Dampak negatif dari advetorial itu, Majelis HKBP diprotes jemaat.

“Akhirnya para anggota Majelis melakukan sidang pleno mengambil ketetapan bahwa HKBP tidak berpolitik,” kata Pimpinan Majelis HKBP Pdt L Silaban SmTh di kantor HKBP Jl Mayjen Sutoyo Gunung Malang, kemarin.

Menyikapi Pilkada Balikpapan 2006, kata Pdt L Silaban, seluruh jemaat HKBP Balikpapan Resort Kaltim, memiliki kebebasan untuk memilih calon pemimpin Balikpapan sesuai hati nurani masing-masing.

Pimpinan jemaat HKBP Balikpapan turut mengimbau agar semua komponen masyarakat ikut menyukseskan pilkada dan menjaga Balikpapan tetap kondusif.

Jumpa pers yang dihadiri St S Simamora, St PM L Tobing, St VTH Manurung, St RLH Napitupulu, St P Panjaitan, St BA Silaban, dan St R Dj Purba, kata Silaban, pernyataan di advetorial memang bukan di gereja HKBP Gunung Malang. Namun kewenangan binaan HKBP meliputi wilayah Kaltim – termasuk gereja HKBP Balikpapan Baru.

Disebutkannya, bahwa fungsi gereja adalah untuk tempat pembinaan dalam bidang agama. Bukan utuk kepentingan politik. Dua hal ini bisa dihubung-hubungkan, tetapi tidak bisa dicampuradukkan. Kebebasan berpolitik para jemaat HKBP, di luar kewenangan Majelis HKBP karena gereja tidak berpolitik.

“Bagi para jemaat gereja HKBP diwajibkan menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Balikpapan 2006. Mengenai siapa yang akan dipilih silakan jemaat gereja HKBP untuk menentukan sendiri sesuai hati nurani,” katanya.

Sumber : (bs) Kaltim Post Online, Samarinda , Samarinda.go.id


Ada 2 tanggapan untuk artikel “HKBP Tidak Berpolitik”

  1. Tanggapan daniel siregar:

    berita dari seluruh distrik, dan parhalado pusat
    bahwa telah terpilih
    Synode 2008 (Ini baru 90 %)
    Pdt. Dr. Jamlin Sirait sebagai ephorus
    Pdt. Dr. Manalu sebagai sekjen
    Pdt. B.M. Siagian, S.Th sebagai kepala Koinonia
    Pdt. Nainggolan, S.Th sebagai kepala Diakonia
    Pdt. Tampubolon, M.Th sebagai Kepala Marturia

    Ini bocoran yang akan dipromosikan
    dan semoga calon pimpinan tersebut bersih dari KKN

  2. Tanggapan yohanes marlon napitupulu, M.M:

    (konon nama saya disamarkan karena saya sudah lelah mendengarkan dan melihat betapa rumit dan banyak intrik-intrik di kantor pusat)
    konon para team sukses dari semua parhalado pusat sudah mempersiapkan team yang konon terlihat jujur tetapi semua itu hanya intrik politik yang mementingkan kepentingan kelompok yang mengaruk keuntungan ratusan miliaran rupiah dan sudah mendapat keuntungan dan mendapat simpatisan dari pengusaha dan para politisi dan partai-partai besar berada di jakarta.
    konon pemilihan ephorus kali sangat unik mendapat sorotan tajam dari para tokoh politik, pengusaha, kontraktor, bisnismen, para konstruktor bangunan, para pemuka agama, bos-bos saham, konglomerat, banker, arsitek.
    konon ephorus yang baru tersebut akan “cuci piring” terhadap “praeses yang koruptor” dan “peraturan HKBP” dan seluruh “pendeta ressort” dan “orang yang dinamai dengan “bankingan” dan “semua bendahara HKBP”. rencananya yang saya dengar (maaf yah saya tidak bisa memberitahukan namanya tidak sopan).
    YANG PENTING SINODE GODANG DI BULAN SEPTEMBER BERJALAN AMAN, TERTIB, LANCAR, BERSIH DARI KKN,SEMOGA CAMPUR TANGAN GOD ADA DIDALAMNYA. BIARKAN ORANG-ORANG YANG MEMILIH TETAPI SEMUA TUHAN YANG MENENTUKAN. DAN JANGAN ADA GIGIT-MENGGIGIT, JATUH-MENJATUHKAN, SIKAT-MENYIKAT,MUTASI YANG AROGAN KARENA ALASAN POLITISI SEMATA-MATA,HATAM-MENGHATAM, SUAP-MENYUAP.
    calon-calon yang dipromosikan di 50 daerah-daerah
    EPHORUS : Pdt. Dr. Jamlin Sirait
    SEKJEN : Pdt. B.M Siagian, S.Th
    KEPALA DEPARTEMEN KOINONIA : Pdt. Manalu, M.Th
    KEPALA DEPARTEMEN MARTURIA : Pdt. Barimbing, M.Th
    KEPALA DEPARTEMEN DIAKONIA : Pdt. Marpaung, S.Th
    konon ephrus yang “baru” akan memutasikan “praeses” yang berada di Jakarta karena alasan politisi untuk “tukar-menukar” kekuasaan, jabatan, yah sudah yang penting aman, dan damai sejahtera. Jakarta, Surabaya, Medan, Semarang, Kalimantan, Bogor, Riau, Jambi, dan Sulawesi mendoakan supaya aman, tertib, jauh dari KKN, damai sejahtera AMIN………………..

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Memasarkan Surabaya ke Negeri Tetangga
Artikel selanjutnya :
   » » Kontroversi Draf Revisi UU