Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Minggu
12
Mar '06

Berbagai Kalangan di Tapteng Sambut Baik Pelantikan Gubsu Rudolf M Pardede


Berbagai kalangan di Tapteng mulai dari LSM, Parpol, pengacara, pemuda menyambut baik dan gembira atas dilantiknya Drs Rudolf M Pardede sebagai Gubsu oleh Menteri Dalam Negeri M Ma’aruf di gedung Sasana Bhakti Praja Depdagri Jakarta, Jumat (10/3).

Hal itu dikatakan berbagai kalangan secara terpisah kepada wartawan di Tapteng, Sabtu (11/10), seraya ikut mendoakan agar Gubsu Drs Rudolf M Pardede diberi kekuatan dan kebijaksanaan dalam memimpin Sumut, khususnya dalam menciptakan harmonisasi kehidupan masyarakat Sumut yang sejak dulu memang dikenal sebagai daerah yang sejuk, damai dan kondusif.

Sanggam Tambunan SH salah satu pengacara di Tapteng mengatakan, pelantikan Drs Rudolf M Pardede sebagai Gubsu adalah wujud penghormatan pemerintah terhadap hukum sesuai ketentuan pasal 26 ayat (3) UU nomor 32 tahun 2004 yang memang tidak perlu lagi diterjemahkan oleh siapapun, apalagi menjadikannya sebagai komoditas politik belaka. Sesungguhnya keputusan Presiden (Keppres) nomor 27/M/2006 tanggal 8 Februari 2006 sebagai dasar Mendagri melakukan pelantikan bukan merupakan keputusan politik pemerintah, tapi murni sebagai penegasan hukum yang mengharuskan pihak pemerintah melantik wakil kepala daerah menjadi kepala daerah sampai habis masa jabatannya jika kepala daerah (KDH) meninggal dan berhalangan tetap.


Wakil ketua komisi D DPRD Tapteng Jhonny L Tobing mengatakan, dilantiknya Drs Rudolf M Pardede sebagai Gubsu adalah bukti kemenangan dan doa bersama mayoritas masyarakat Sumut yang memang sangat membutuhkan adanya Gubsu yang defenitif dalam upaya melanjutkan proses pembangunan Sumut pasca kepemimpinan almarhum Gubsu HT Rizal Nurdin yang meninggal dunia pada kecelakaan pesawat Mandala 5 September 2005 lalu.

“Dalam menjalankan tugas sebagai Gubsu, Drs Rudolf M Pardede kiranya dapat mempertimbangkan dilakukannya rembuk bersama seluruh komponen masyarakat Sumut dalam mengakomodir segenap kepentingan sekaligus menciptakan harmonisasi kehidupan politik diantara kelompok masyarakat,” ujar Jhonny L Tobing.

Selain itu, berharap dimasa Gubsu Drs Rudolf M Pardede, kiranya pembentukan Propinsi Tapanuli dapat segera terealisasi untuk mengobati kerinduan masyarakat, khususnya masyarakat di kawasan Pantai Barat Sumut yang memang sudah siap dan berkeyakinan bahwa hanya dengan terbentuknya Propinsi Tapanuli, ketertinggalan dan keterbelakangan di kawasan Pantai Barat dapat dioptimalkan penyelesaiannya melalui upaya percepatan pembangunan yang terkonsentrasi pada satu kawasan yang dikelola oleh sebuah pemerintahan Propinsi Tapanuli (Pemprov Tapanuli).

Demikian halnya diterangkan ketua DPC PDS Tapteng Jonny Silaban, dengan dilantiknya Drs Rudolf M Pardede jadi Gubsu, kiranya dapat lebih memprioritaskan terbentuknya Propinsi Tapanuli, kerena keinginan terbentuknya propinsi Tapanuli adalah aspirasi mayoritas masyarakat yang memang sudah begitu kuat menginginkan lahirnya Propinsi baru di Sumut. “Bila secara jujur dilakukan poling di masyarakat Tapanuli, maka mayoritas masyarakat akan memberikan pilihannya pada keinginan pada terbentuknya Propinsi Tapanuli, sehingga dengan demikian Gubsu tidak perlu ragu merekomendasikannya, demi kepastian percepatan kemajuan di kawasan Barat Sumut yang selama ini cukup jauh tertinggal dibandingkan dengan daerah lainnya di Sumut,” ucapnya.

Sementara itu, ketua DPC GAMKI Tapteng Saur Siburian AMd dalam penuturannya mengatakan, menyambut baik dan gembira dilantiknya Drs Rudolf M Pardede sebagai wujud keberpihakan pemerintah SBY terhadap penegakan supremasi hukum yang mengharuskan Drs Rudolf M Pardede selaku Wagubsu dilantik sebagai Gubsu menggantikan posisi Gubernur Alm HT Rizal Nurdin.
Di kesempatan itu, Saur Siburian sangat mengharapkan agar Gubsu Rudolf M Pardede dapat memberikan setitik harapan bagi masyarakat Pantai Barat yang sudah merindukan lahirnya Propinsi Tapanuli, sebagai solusi permasalahan mengatasi ketertinggalan dan keterbelakangan yang selalu melekat di masyarakat kawasan Pantai Barat selama ini.

Harapan senda juga diutarakan ketua DPC LSM LP3TN Tapteng Jamarlin Purba, masyarakat Sumut dan Tapteng pada khususnya sangat berbangga hati atas dilantiknya Drs Rudolf M Pardede sebagai Gubsu, sekaligus berharap agar Gubsu dapat kiranya memberikan senyuman bagi masyarakat Pantai Barat melalui pemberian rekomendasi Propinsi Tapanuli yang memang begitu dirindukan oleh mayoritas masyarakat Tapanuli dalam upaya membangunkan kembali dari tidurnya akibat kemiskinan dan ketertinggalan yang selalu melekat pada masyarakat kawasan Barat Sumut selama ini.

Sumber : (TPT/G3/r) Harian SIB, Tapteng


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Asahan Labuhan Batu District: Cum Orientation
Artikel selanjutnya :
   » » Endang Br Silaban Dirampok di Medan