Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
4
Jan '06

17 Anggota DPRD Depok Terdakwa Kasus Korupsi Minta Dibebaskan


Sebanyak 17 anggota DPRD Depok Minta Dibebaskan. Tim penasehat hukum dari 17 anggota Dewan itu meminta majelis hakim membebaskan para terdakwa dari segala tuntutan hukum.

Begitu isi pledoi tim pengacara ke 17 anggota DPRD Depok dalam sidang pembacaan pledoi di PN Cibinong, Kabupten Bogor, sekitar pukul 12.30 Wib, Selasa (3/1).

Ke-17 terdakwa itu, Sutadi (Ketua DPRD), Naming D Bothin (Wakil Ketua) dan Hasbullah (wakil Ketua). Sedangkan tersangka lainnya, Bambang Sutopo (Ketua Panitia Anggaran), dan Bambang Prihanto, Mazhab HM, Mansuria, Rafie Ahmad, Mahrup Aman, Ratna Nuryana, Sasono, Damanhuri, Kusdiharto, Hiras Tony Hutapea, Agus Sutondo, Christian Poltak Silaban, dan Hariyono.

Menurut Ketua Tim pengacara, Darmi Marabessy, para terdakwa tidak bersalah secara sah dan meyakinkan sebagaimana dakwaan primer melanggar pasal 2 ayat (1), Jo pasal 18 UU no.31/1999 jo. UU no.20/2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi jo. Pasal 55 ayat (1) KUHP Jo pasal 64 (1) KUHP.

Selain itu, lanjut Darmi, para terdakwa tidak bersalah secara sah dan meyakinkan sebagaimana dakwaan subsidair melanggar pasal 3 jo pasal 18 UU no.31/1999 Jo.UU no.20/2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

“Oleh karena itu, kami mohon agar majelis hakim membebaskan klien kami dari segala dakwaan (vriespraak). Setidak-tidaknya melepaskan para terdakwa dari segala tuntutan hukum (onslag van recht verpolging),” ujarnya.

Tim pengacara dari Sutadi Cs itu juga menganggap tuntutan JPU yang meminta ke-17 terdakwa untuk membayar uang pengganti yang berkisar Rp177 juta - Rp400 juta, hanyalah rekayasa belaka dan merupakan khayalan jaksa penuntut umum.

Jaksa Peggy Ellen Bawengan, meminta waktu kepada Majelis Hakim yang diketuai Andi Samsan Nganro, selama seminggu untuk menyampaikan replik secara tertulis. Namun, setelah di rundingkan, akhirnya majelis hakim memberi waktu dua hari yakni pada Kamis (5/1) kepada JPU untuk menyampaikan repliknya.

Seperti diketahui, dalam sidang pembacaan tuntutan yang digelar sebelumnya, para terdakwa dituntut masing-masing satu tahun penjara dengan denda Rp 51 juta subsider enam bulan kurungan dan diwajibkan membayar ganti rugi.

Sumber : Media Indonesia Online via InfoHukum.com


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Sidang korupsi APBD Depok :Kuasa hukum: Bebaskan terdakwa
Artikel selanjutnya :
   » » Lari…Lari…Longsor